ads
ads

SKI DI MTs KELAS VII RANGKUMAN BAB III

RANGKUMAN BAB III

1.    Khulafaurrosyidin menurut bahasa orang-orang yang mendapat petunjuk. Menurut pengertian Khulafaurrosyidin  adalah para penganti dan penerus kepemimpinan Islam setelah wafat Rosulullah saw. khulafaurrosyidin yaitu Abu Bakar ash-Shidik, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib
2.    Khulafaurrosyidin diangkat melalui proses yang berbeda-beda. Khalifah pertama Abu Bakar diangkat berdasarkan musyawarah antara kaum Muhajirin dan anshar secara mufakat. Khalifah kedua Umar bin Khattab dipilih berdasarkan penunjukan langsung Khalifah Abu Bakar yang disetujui oleh semua Umat Islam. Khalifah ketiga Utsman bin Affan dipilih melalui tim formatur yang dipilih oleh Khalifah Umar bin Khattab. Sedangkan Khalifah keempat Ali bin Abi Thalib dipilih oleh sebagian besar umat Islam.
3.    Khalifah Abu bakar memprioritaskan permasalahan di dalam tubuh Umat Islam. hal ini akibat bermunculannya pemberotakan terhadap Khalifah setelah Nabi Muhammad wafat. Para pemberontak menyatakan keluar dari Islam, sebagian orang anak yang mengaku sebagai nabi dan menentang untuk mengluarkan zakat. Khalifah memegang kekuasaan penuh dalam mengatur pemerintahannya. Khalifah Abu Bakar menunjuk langsung penggantinya. Adapun prestasi Khalifah Abu Bakar adalah Memerangi Kelompok pembangkang, kodifikasi al Qur’an, dan perluasan wilayah.
4.    Khalifah Umar bin Khattab memproklamirkan sebagai amirulmukminin. Karakter Umar yang tegas dan keras, mempermudah perluasan wilayah Islam. selain itu merapikan sistem administrasi pemerintahan, mendirikan sistem penggajian dan menetapkan kalender hijriah. Prestasi Umar bin Khattab yaitu perluasan daerah Islam, administrasi keuangan, dan menetapkan tahun hijriah.
5.    Khalifah Utsman bin Affan melanjutkan program Khalifah Umar bin Khattab dalam memperluas wilayah Islam. kepemimpinan Utsman bin Affan membuat banyak kecewa Umat Islam karena usianya yang sudah tua 70 tahun dan karakternya lemah lembut. Ditambah kebijakannya dengan mengangkat kerabatnya menduduki jabatan penting. Prestasi Khalifah Utsman bin Affan yaitu Kodifikasi Mushaf Al Quran, renovasi masjid Nabawi,  pembentukan angkatan laut, dan perluasan wilayah Islam
6.    Khalifah Ali bin Abi Thalib memimpin dalam kondisi tidak stabil. Beliau menghadapi pemberontakan yang menolak pengangkatan beliau sebagai khalifah. Ditambah kebijakannya memecat para gubernur yang tidak kompeten, yang mayoritas kerabat dari Utsman bin Affan. Prestasi Ali bin Abi Thalib yaitu mengganti pejabat yang tidak cakap, membenahi maitul  maal, memajukan bidang bahasa, dan pembangunan kota kufah.
0 Komentar untuk "SKI DI MTs KELAS VII RANGKUMAN BAB III"

Back To Top