ads
ads

CONTOH-CONTOH SOAL UJIAN KOMPREHENSIP 2018



CONTOH-CONTOH SOAL UJIAN KOMPREHENSIP

Contoh Pertanyaan Bidang Tasawuf:
1.      Apa yang anda ketahui tentang Tasawuf dan apa pula tariqat ?
2.      Bagaimana hubungan tasawuf dengan tariqat ?
3.      Bagaimana kedudukan tasawuf dalam sistem ajaran Islam ?
4.      Apa yang anda ketahui tentang tasawuf ilmi,falsafi dan amali ?
5.      Apa yang Anda ketahui tentang Tariqat Qodiriyah Naqsabandiyah (TQN) ?
6.      Apa Azas dan tujuan TQN Pondok Pesantren Suryalaya ?
7.      Bagaimana isi dari Tanbih wasiat almarhum Sekh Abdullah Mubarok Bin Nurmuhammad ra.
8.      Bagaimana inti amalan dalam TQN Pondok Pesantren Suryalaya ?
9.      Dalam perjalanannya seorang sufi untuk mendekatkan diri kepada Allah mengalami tiga proses yaitu Takhalli,Tahalli dan Tajalli. Apa yang anda ketahui tentang hal tersebut ?
10.   Apa yang anda ketahui tentang Syari’at,Tariqat, Hakekat dan Ma’rifat baik secara etimologis maupun terminologis ?
11.   Aliran dalam tasawuf disebut tariqat, tetapi tidak semua ajaran tasawuf menjadi tariqat. Mengapa ?
12.   Istilah Tasawuf tidak terdapat dalam al_Qur’an, tetapi ajaran tasawuf paling banyak diangkat dalam al-Qur’an. Sebutkan beberapa ayat al-Qur’an yang menggambarkan ajaran tasawuf.
13.   Untuk dapat mengamalkan tariqat perlu guru yang dikenal dengan term mursyid. Mengapa ? Apa fungsi dan peranan guru dalam tariqat. Jelaskan !
14.   Jelaskan perbedaan mursyid, mu’allim, talqin, ta’lim, murid dan muta’allim.
15.   Ma’na apa yang dapat anda tangkap dari pernyataan sufi sbb. :

من لاشيخ له فالشيطان شيخه


16.  Imam Malik pernah menyatakan :

من تصوّف ولم يتفقه فقد تزندق  ومن تفقّه ولم يتصوّف فقد تفسّق ومن جمع بينهما فقد تحقّق
      Bagaimana tanggapan anda !


17.   Akhlak al-Karimah merupakan cerminan hati yang suci. Dalam tariqat salah satu cara    terpenting untuk mensucikan hati adalah Dzikrullah. Coba anda sebutkan tiga hadits  yang berkaitan dengan statemen diatas.
18.   TQN merupakan tariqat mu’tabaroh yang digabung dari dua tariqat yaitu tariqat Qodiriyah dan tariqat Naqsyanadiyah. Siapakah sufi  yang berjasa menggabungkan kedua tariqat tersebut.     
19.   Ibnu Arabi adalah salah seorang tokoh tasawuf falsafi yang membawa faham wihdat al-wujud. Apa yang dimaksuh faham wihdat al-wujud tersebut ?
20.   Al-Gozali dan Syaikh Abdul Kodir Jaenali merupakan dua tokoh tasawuf akhlaki dan amali. Sebutkan beberapa persamaan dan perbedaan antara ajaran keduannya.
21.   Sebutkan minimal 5 macam etika murid kepada guru mursyid !
22.   Jelaskan perbedaan hulul dan wihdat al-wujud !
23.   Jelaskan perbedaan maqom dan ahwal !
24.   Apa yang anda ketahui tentang Fana, Baqa, mahabbah dan ma’rifah !
25.   Menurut para sufi, seseorang murid dalam mendekatkan dirinya kepada Allah harus melalui maqamat-maqamat. Apa yang disebut maqamat tersebut ? dan sebutkan 7 tingkat maqamat menurut Al-Gozali dan Al-Qusyairi !
26.   Jelaskan urgensi tasawuf dalam kehidupan modern.
27.   Didalam dunia Tasawuf ada yang dikenal dengan Zuhud. Apa maksudnya ? dan bagaimana zuhud dalam pandangan TQN.
28.   المال خادمك وانت خادم المولى       Apa maksudnya !
29.    تخلّقوا بأخلاق الله        Apa maksudnya  !
30.    Dikala seorang sufi mencapai pintu gerbang mukasyafah terkadang mengeluarkan sathahat. Apa yang dimaksud sathahat itu !

Contoh kasus yang diajukan dalam ujian komperhensif dan supaya dikuasai oleh mahasiswa :
1.      Tujuan Pengajaran (Tujuan Intruksional) itu harus khusus dan oprasional, mengapa ?
2.      Dalam pandangan Islam, seorang guru yang mengajar itu harus disertai rasa kasih sayang kepada murid (anak didik). Mengapa?
3.      Prestasi Belajar seorang siswa, di samping dilihat dari rapotnya, sering juga dilihat dari naik kelas atau tidak. Tidak jarang ada anak didik yang tidak naik kelas. Bagaimana pandangan para ahli dan bagaimana pendapat saudara  ?
4.      Masalah drop out akhir-akhir ini menjadi sorotan para pakar dan pembuat kebijakan pendidikan. Bagaimana pandangan saudara ?
5.      Akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa pendidikan di Indonesia belum berhasil, terbukti dengan maraknya tawuran di antra pelajar, bahkan maraknya KKN pun akibat kesalahan sistem termasuk di dalamnya pendidikan. Bagaimana pandangan saudara ?
6.      Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa dan berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani…… Bagaimana pendapat saudara tentang tujuan tersebut ?
7.      Dzikrullah merupakan salah satu metode untuk menangkal kenakalan remaja. Bagaimana mengajarkan dzikrullah pada remaja dan orang dewasa ?
8.      Dalam membahas kitab kuning di pesantren sering digunakan metode sorogan. Mengapa  ?
9.      Kecerdasan intelektual bukan satu-satunya faktor yang dapat menjadikan seseorang berhasil dalam hidupnya, namun ada faktor-faktor lain; yaitu EQ dan SQ. Apa maksudnya ?
10.  Kemandirian sekolah baik perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pembelajaran, pengendalian dan evaluasi banyak dikupas dalam MBS. Apa itu MBS sebenarnya   ?
11.  Kurikulum sebagai alat.perangkat lunak dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan/ kompetensi para peserta didik sehingga mampu berkompetensi. bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi itu  ?
MATERI YANG HARUS DIKUASAI

1.      Tujuan Pendidikan (USPN No. 20/2003)
2.      Konsep KTSP dan Implementasinya di lapangan / problema
3.      BOS dalam pandangan masyarakat dan penyelenggara Pendidikan
4.      Kerjasama orang tua dan sekolah / partisipasi masyarakat (Komite Sekolah)
5.      Emansipasi dalam pendidikan / Demokratisasi dalam Pendidikan
6.      UN / UAS BN harapan dan Problematikanya
7.      Kenakalan peserta didik (Remaja) dan pendidikan nilai
8.      Model Bimbingan dan penyuluhan dan peranannya dalam mencapai Catur Sukses (sukses Pribadi, Sukses Akademik, Sukses Sosial dan Sukses Karir)
9.      Pemanfaatan IT  dalam Pendidikan / Pembelajaran.
0 Komentar untuk "CONTOH-CONTOH SOAL UJIAN KOMPREHENSIP 2018"

Back To Top