CONTOH-CONTOH SOAL UJIAN KOMPREHENSIP
Contoh Pertanyaan Bidang Tasawuf:
1. Apa yang anda ketahui tentang Tasawuf dan apa
pula tariqat ?
2. Bagaimana hubungan tasawuf dengan tariqat ?
3. Bagaimana kedudukan tasawuf dalam sistem
ajaran Islam ?
4. Apa yang anda ketahui tentang
tasawuf ilmi,falsafi dan amali ?
5. Apa yang Anda ketahui tentang Tariqat
Qodiriyah Naqsabandiyah (TQN) ?
6. Apa Azas dan tujuan TQN Pondok Pesantren
Suryalaya ?
7. Bagaimana isi dari Tanbih wasiat almarhum Sekh
Abdullah Mubarok Bin Nurmuhammad ra.
8. Bagaimana inti amalan dalam TQN Pondok Pesantren
Suryalaya ?
9.
Dalam perjalanannya seorang sufi untuk mendekatkan diri kepada Allah
mengalami tiga proses yaitu Takhalli,Tahalli dan Tajalli.
Apa yang anda ketahui tentang hal tersebut ?
10. Apa yang anda ketahui tentang
Syari’at,Tariqat, Hakekat dan
Ma’rifat baik secara etimologis maupun terminologis ?
11. Aliran dalam tasawuf disebut
tariqat, tetapi tidak semua ajaran tasawuf menjadi tariqat. Mengapa ?
12. Istilah Tasawuf tidak terdapat
dalam al_Qur’an, tetapi ajaran tasawuf paling banyak diangkat dalam al-Qur’an.
Sebutkan beberapa ayat al-Qur’an yang menggambarkan ajaran tasawuf.
13. Untuk dapat mengamalkan tariqat
perlu guru yang dikenal dengan term mursyid. Mengapa ? Apa fungsi dan peranan guru dalam tariqat. Jelaskan !
14. Jelaskan perbedaan mursyid, mu’allim, talqin, ta’lim, murid dan muta’allim.
15. Ma’na apa yang dapat anda tangkap dari
pernyataan sufi sbb. :
من لاشيخ له فالشيطان شيخه
16. Imam Malik pernah menyatakan :
من تصوّف ولم
يتفقه فقد تزندق ومن تفقّه ولم يتصوّف فقد
تفسّق ومن جمع بينهما فقد تحقّق
Bagaimana tanggapan anda !
17.
Akhlak al-Karimah merupakan cerminan hati yang
suci. Dalam tariqat salah satu cara
terpenting untuk mensucikan hati adalah Dzikrullah. Coba anda sebutkan tiga hadits yang berkaitan dengan statemen diatas.
18. TQN
merupakan tariqat mu’tabaroh yang digabung dari dua tariqat yaitu tariqat
Qodiriyah dan tariqat Naqsyanadiyah. Siapakah sufi yang berjasa menggabungkan kedua tariqat
tersebut.
19. Ibnu Arabi adalah salah seorang
tokoh tasawuf falsafi yang membawa faham wihdat al-wujud. Apa yang dimaksuh
faham wihdat al-wujud tersebut ?
20. Al-Gozali dan Syaikh Abdul Kodir
Jaenali merupakan dua tokoh tasawuf akhlaki dan amali. Sebutkan beberapa
persamaan dan perbedaan antara ajaran keduannya.
21. Sebutkan minimal 5 macam etika
murid kepada guru mursyid !
22. Jelaskan perbedaan hulul dan
wihdat al-wujud !
23. Jelaskan perbedaan maqom dan
ahwal !
24. Apa yang anda ketahui tentang
Fana, Baqa, mahabbah dan ma’rifah !
25. Menurut para sufi, seseorang
murid dalam mendekatkan dirinya kepada Allah harus melalui maqamat-maqamat. Apa
yang disebut maqamat tersebut ? dan sebutkan 7 tingkat maqamat menurut
Al-Gozali dan Al-Qusyairi !
26. Jelaskan urgensi tasawuf dalam
kehidupan modern.
27. Didalam dunia Tasawuf ada yang
dikenal dengan Zuhud. Apa maksudnya ? dan bagaimana zuhud dalam pandangan TQN.
28. المال
خادمك وانت خادم المولى Apa maksudnya !
29. تخلّقوا
بأخلاق الله Apa maksudnya !
30. Dikala seorang sufi mencapai
pintu gerbang mukasyafah terkadang mengeluarkan sathahat. Apa yang dimaksud
sathahat itu !
Contoh kasus yang diajukan dalam ujian
komperhensif dan supaya dikuasai oleh mahasiswa :
1. Tujuan
Pengajaran (Tujuan Intruksional) itu harus khusus dan oprasional,
mengapa ?
2. Dalam
pandangan Islam, seorang guru yang mengajar itu harus disertai rasa kasih
sayang kepada murid (anak didik). Mengapa?
3. Prestasi
Belajar seorang siswa, di samping dilihat dari rapotnya, sering juga dilihat
dari naik kelas atau tidak. Tidak jarang ada anak didik yang tidak naik kelas.
Bagaimana pandangan para ahli dan bagaimana pendapat saudara ?
4. Masalah drop
out akhir-akhir ini menjadi sorotan para pakar dan pembuat kebijakan
pendidikan. Bagaimana pandangan saudara ?
5. Akhir-akhir
ini tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa pendidikan di Indonesia belum
berhasil, terbukti dengan maraknya tawuran di antra pelajar, bahkan maraknya
KKN pun akibat kesalahan sistem termasuk di dalamnya pendidikan. Bagaimana
pandangan saudara ?
6. Tujuan
Pendidikan Nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan
bertaqwa dan berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani…… Bagaimana
pendapat saudara tentang tujuan tersebut ?
7. Dzikrullah
merupakan salah satu metode untuk menangkal kenakalan remaja. Bagaimana
mengajarkan dzikrullah pada remaja dan orang dewasa ?
8. Dalam membahas
kitab kuning di pesantren sering digunakan metode sorogan. Mengapa ?
9. Kecerdasan
intelektual bukan satu-satunya faktor yang dapat menjadikan seseorang berhasil
dalam hidupnya, namun ada faktor-faktor lain; yaitu EQ dan SQ. Apa maksudnya ?
10. Kemandirian
sekolah baik perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pembelajaran, pengendalian dan
evaluasi banyak dikupas dalam MBS. Apa itu MBS sebenarnya ?
11. Kurikulum
sebagai alat.perangkat lunak dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat
meningkatkan kemampuan/ kompetensi para peserta didik sehingga mampu
berkompetensi. bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi itu ?
MATERI YANG HARUS DIKUASAI
1.
Tujuan Pendidikan (USPN No. 20/2003)
2.
Konsep KTSP dan Implementasinya di lapangan /
problema
3. BOS dalam pandangan masyarakat dan penyelenggara
Pendidikan
4. Kerjasama orang tua dan sekolah / partisipasi
masyarakat (Komite Sekolah)
5. Emansipasi dalam pendidikan / Demokratisasi dalam
Pendidikan
6. UN / UAS BN harapan dan Problematikanya
7. Kenakalan peserta didik (Remaja) dan pendidikan
nilai
8. Model Bimbingan dan penyuluhan dan peranannya dalam
mencapai Catur Sukses (sukses Pribadi, Sukses Akademik, Sukses Sosial dan
Sukses Karir)
9. Pemanfaatan IT
dalam Pendidikan / Pembelajaran.
0 Komentar untuk "CONTOH-CONTOH SOAL UJIAN KOMPREHENSIP 2018"