INSTITUT AGAMA ISLAM LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA
FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM STUDI PIAUD
RENCANA PEMBELAJARAN SMESTER (RPS)
PONDOK PESANTREN SURYALAYA
FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM STUDI PIAUD
RENCANA PEMBELAJARAN SMESTER (RPS)
A.
Identitas
Dosen
1.
|
N a m a
|
:
|
Oyib Sulaeman,
MSI
|
2.
|
Alamat Rumah
|
:
|
Komplek Pondok
Pesantren Suryalaya - Tasikmalaya
|
3.
|
HP/WA
|
:
|
081321842150
|
4.
|
E-mail
|
:
|
oyib.sula@gmail.com
|
B.
Identitas
Mata Kuliah
1.
|
Mata
Kuliah
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
|
2.
|
Bobot
|
:
|
2
SKS
|
3.
|
Jenis/kelompok
|
:
|
Kompetensi
Pendukung
|
4.
|
Fakultas/Prodi/Smt.
|
:
|
Tarbiyah/PIAUD/III
|
C.
Deskripsi
Materi Pembelajaran
1.
Teknologi Informasi Pendidikan adalah salah satu dari komponen mata
kuliah Kompetensi Pendukung yang wajib dipelajari oleh mahasiswa Fakultas
Tarbiyah Program Studi PIAUD.
2.
Mata Kuliah ini memberikan
pengetahuan tentang dasar-darar Teknologi Informasi
Pendidikan dan bagaimana pemanfaatannya dalam bidang pendidikan dan
pembelajaran.
3.
Mata Kuliah Teknologi Informasi Pendidikan sangat terkait dengan mata kuliah
Perencanaan Pembelajaran, Strategi
Pembelajaran, dan Media Pembelajaran yang lebih
menekankan pada bagaimana pemanfaatan TIK sebagai media dan sumber
pembelajaran.
4.
Sebagai calon guru pada PAUD para mahasiswa dituntut memiliki pengetahuan
tentang Teknologi Informasi Pendidikan baik dari aspek
teoretis maupun praktis untuk memperkuat kompetensi pedagogis dan professional
sehingga kelak dapat menjadi seorang guru PAUD yang profesional dan kompeten dan
memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di
PAUD.
D.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) :
- Mahasiswa memiliki sikap menghargai, bertanggung jawab, memiliki kepedulian, kreatif dan inovatif dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi pendidikan dan pembelajaran
- Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan memahami manfaat teknologi informasi dalam pendidikan dan pembelajaran
- Memiliki keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan pembelajaran di PAUD
E.
Topik
Inti/Kegiatan Pembelajaran
1.
Kuliah Pengantar; Kebijakan Penggunaan TIK dalam Pendidikan dan
Pembelajaran
2.
Pengertian dan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
3.
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran
4.
Internet dalam Pembelajaran
5.
E-Learning
6.
Teknologi Informasi dan Komunikasi di Ruang Kelas
7.
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
8.
UTS (Topik 1 – 7)
9.
Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Mutu
Pembelajaran
10. Aplikasi Teknologi Multimedia dalam Proses Pembelajaran
11. Kawasan Teknologi Pembelajaran
12. Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Penggunaan
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
13. Membuat dan Mengirim E-Mail
14. Membuat Power Point
15. Blog
16. UAS
F.
Strategi
Pembelajaran
Perkuliahan ini menggunakan strategi pembelajaran
aktif (student active learning)
dengan berbagai strategi alternatif dalam pembelajaran. Mahasiswa akan
melakukan berbagai aktivitas dan tugas agar mereka dapat belajar secara
mendalam, karena pembelajaran ini berorientasi kepada mahasiswa (student oriented). Metode ceramah
diusahakan untuk diminimalisir.
G.
Ujian
dan Penilaian
1.
Nilai Formatif (Nilai Harian) 30
% terdiri atas :
a.
Kehadiran mahasiswa (minimal 75 %
dari jumlah tatap muka).
b.
Pelaksanaan tugas-tugas
terstruktur dan mandiri.
c.
Moralitas/akhlak/etiika mahasiswa.
2.
Ujian Tengah Semester (UTS) 30 %
3.
Ujian Akhir Semester (UAS) 40 %
Nilai Ujian
Akhir Semester dihitung dengan rumus berikut :
(F X 3) + (UTS X
3) + (UAS X 4)
10
Soa l UTS dan UAS berbentuk essay test atau take home
(tugas)
H.
Referensi
Abdul Kadir dan Terra Ch. Pengenalan Teknologi Informasi.
Yogyakarta : Andi, 2003.
Abdul Kadir. Pengenalan Sisten Informasi.
Yogyakarta : Andi, 2003.
Dewi Salma Prawiradilaga. Mozaik Teknologi Pendidikan.
Jakarta : Prenada Media, 2004.
Rusman Faoz. Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.
Bandung : CV. Wahana Karya Grafika, 2012.
Teri Daryanto. Sistem
Aplikasi Multimedia dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
Ketua Prodi
PIAUD,
Syarief Hasani,
M.Pd.I
|
Suryalaya, 11 September
2017
Dosen Pengampu,
Oyib Sulaeman, MSI
|
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN SMESTER (RPS) 2018"