ads
ads

CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN SMESTER (RPS) 2018

INSTITUT AGAMA ISLAM LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA
FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM STUDI PIAUD

RENCANA PEMBELAJARAN  SMESTER (RPS)


A.      Identitas Dosen
1.
N a m a
:
Oyib Sulaeman, MSI
2.
Alamat Rumah
:
Komplek Pondok Pesantren Suryalaya  - Tasikmalaya
3.
HP/WA
:
081321842150
4.
E-mail
:
oyib.sula@gmail.com

B.       Identitas Mata Kuliah
1.
Mata Kuliah 
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
2.
Bobot
:
2 SKS
3.
Jenis/kelompok
:
Kompetensi Pendukung
4.
Fakultas/Prodi/Smt.
:
Tarbiyah/PIAUD/III

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran
1.         Teknologi Informasi Pendidikan adalah salah satu dari komponen mata kuliah Kompetensi Pendukung yang wajib dipelajari oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah Program Studi PIAUD.
2.         Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan tentang dasar-darar Teknologi Informasi Pendidikan dan bagaimana pemanfaatannya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.
3.         Mata Kuliah Teknologi Informasi Pendidikan sangat terkait dengan mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, dan Media Pembelajaran yang lebih menekankan pada bagaimana pemanfaatan TIK sebagai media dan sumber pembelajaran.
4.         Sebagai calon guru pada PAUD para mahasiswa dituntut memiliki pengetahuan tentang Teknologi Informasi Pendidikan baik dari aspek teoretis maupun praktis untuk memperkuat kompetensi pedagogis dan professional sehingga kelak dapat menjadi seorang guru PAUD  yang profesional dan kompeten dan memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di PAUD.

D.      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) :

  1.  Mahasiswa memiliki sikap menghargai, bertanggung jawab,  memiliki kepedulian, kreatif dan inovatif  dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi pendidikan dan pembelajaran
  2. Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan memahami manfaat teknologi informasi dalam pendidikan dan pembelajaran
  3. Memiliki keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan pembelajaran di PAUD

   E.       Topik Inti/Kegiatan Pembelajaran
1.      Kuliah Pengantar; Kebijakan Penggunaan TIK dalam Pendidikan dan Pembelajaran
2.      Pengertian dan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
3.      Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran
4.      Internet dalam Pembelajaran
5.      E-Learning
6.      Teknologi Informasi dan Komunikasi di Ruang Kelas
7.      Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
8.      UTS (Topik 1 – 7)
9.      Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran
10.  Aplikasi Teknologi Multimedia dalam Proses Pembelajaran
11.  Kawasan Teknologi Pembelajaran
12.  Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
13.  Membuat dan Mengirim E-Mail
14.  Membuat Power Point
15.  Blog
16.  UAS

F.       Strategi Pembelajaran
Perkuliahan ini menggunakan strategi pembelajaran aktif (student active learning) dengan berbagai strategi alternatif dalam pembelajaran. Mahasiswa akan melakukan berbagai aktivitas dan tugas agar mereka dapat belajar secara mendalam, karena pembelajaran ini berorientasi kepada mahasiswa (student oriented). Metode ceramah diusahakan untuk diminimalisir.

G.      Ujian dan Penilaian
1.      Nilai Formatif (Nilai Harian) 30 % terdiri atas :
a.       Kehadiran mahasiswa (minimal 75 % dari jumlah tatap muka).
b.      Pelaksanaan tugas-tugas terstruktur dan mandiri.
c.       Moralitas/akhlak/etiika mahasiswa.
2.      Ujian Tengah Semester (UTS) 30 %
3.      Ujian Akhir Semester (UAS) 40 %



Nilai Ujian Akhir Semester dihitung dengan rumus berikut :


(F X 3) + (UTS X 3) + (UAS X 4)
10
Soa l UTS dan  UAS berbentuk essay test atau take home (tugas)

 
H.    Referensi
Abdul Kadir dan Terra Ch.  Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi, 2003.
Abdul Kadir.  Pengenalan Sisten Informasi. Yogyakarta : Andi, 2003.
Dewi Salma Prawiradilaga.  Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media, 2004.
Rusman Faoz.  Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan. Bandung : CV. Wahana Karya Grafika, 2012.
Teri Daryanto. Sistem Aplikasi Multimedia dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.


Ketua Prodi PIAUD,




Syarief Hasani, M.Pd.I





         Suryalaya, 11 September 2017
         Dosen Pengampu,




        Oyib Sulaeman, MSI

0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN SMESTER (RPS) 2018"

Back To Top