CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA
INDONESIA MI
- Jelaskan etimologi kata strategi pada masa yunani kuno.Jelaskan pula makna kata tersebut dalam konteks pengajaran bahasa Indonesia !
- Kemukakan sekurang-kurangnya dua metode pengajaran bahasa Indonesia untuk ke empat keterampilan berbahasa !
- Kemukakan latar belakang dan hal-hal yang mendorong terjadinya kedwibahasaan !
- Kemukakan pengaruh bahasa ibu/pertama terhadap pengajaran bahasa Indonesia !
- Kedwibahasaan adalah disiplin ilmu yang ikut andil dalam pengajaran bahasa Indonesia. Menurut saudara,sumbangan-sumbangan apa saja yang diberikan kedwibahasaan dalam pengajaran bahasa Indonesia?
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
- Kemukakan langkah-langkah menulis rangsang objek untuk membelajarkan siswa SD/MI !
- Kemukakan dengan memilih salah satu kompetensi dasar menulis dengan konteks otentik untuk membelajarkan siswa SD/MI !
- Bagaimana strategi membelajarkan siswa membaca kritis pada siswa kelas 6 SD/MI ?
- Jelaskan yang di maksud dengan membaca intensif dan membaca rumpang !
- Faktor sikap,minat,dan kebiasaan dapat mempengaruhi keterampilan membaca. Kemukakan pendapat saudara dari pernyataan tersebut !
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: APRESIASI SASTRA INDONESIA
- Sebutkan gendre sastra !
- Sebutkan unsur lahir dan unsur batin yang membangun puisi !
- Sebutkan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik prosa fiksi !
- Bagaimanakah cara membelajarkan siswa SD/MI dalam pengajaran sastra Indonesia ?
- Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan apresiator dalam membeca puisi !
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA
1.
Kemampuan siswa SD/MI dalam memperoleh pembelajaran bahasa Indonesia dipengaruhi oleh metodologi Guru sebagai Informator.Bagaimana
pendapat saudara dari pernyataan tersebut ?
2. Kemukakan Problematika Pengajaran bahasa dan
sasrta Indonesia d SD/MI !
3.
Keterampilan menyimak adalah satu bentuk kemampuan bahasa Indonesia.Sebutkan beberapa
faktor yang mendorong kemampuan menyimak dengan sempurna !
4. Kemampuan
bahasa Indonesia siswa SD/MI sangat tergantung pada karakteristik
psikologinya.Jelaskan pengaruh tingkat kecerdasan,kreativitas,bakat dan minat
siswa dalam kemampuan bahasa Indonesia !
5. Jelaskan
salah satu metodologi pengajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
bahasa Indonesia !
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: FONOLOGI DAN MORFOLOGI BAHASA INDONESIA
I. Tentukanlah bentukan
kata yang benar !
A. mentafsirkan
/ menafsirkan ?
B. menerjemahkan
/menterjemahkan ?
C mencontek
/ menyontek ?
II. Berilah tanda X(silang)
pada jawaban yang tepat !
1.
A. Anak itu meraih peringkat ke III.
B. Anak itu meraih peringkat ke 3.
C Anak itu
peringkat ke-3.
2. A. Dialah yang bertanggung jawab dalam
persoalan itu.
B. Dia lah yang
bertanggung jawab dalam persoalan itu.
C. Dialah yang
bertanggungjawab dalam persoalan itu.
3.
A. ” Berdoalah kepada-Ku karena Aku akan mengabulkan permohonanmu”
begitulah firman Tuhan.
B. ” Berdoalah kepadaKu karena aku akan
mengabulkan permohonanmu” begitulah firman Tuhan.
C. ” Berdoalah kepada-Ku karena
aku akan mengabulkan permohonanmu” begitulah firman Tuhan.
4. A. MTQ se Jawa Barat.
B. M.T.Q se-Jawa Barat.
C. MTQ se-Jawa Barat.
5. A. Pertandingan catur antar mahasiswa.
B. Pertandingan
catur antarmahasiswa.
C. Pertandingan catur antar-mahasiswa.
III.Fonem t
luluh menjadi n apabila mendapat
tambahan prefiks me-,
Tulislah tiga kata yang luluh apabila mendapatkan
prefiks me- !
IV. Jelaskan perbedaan kata dasar,
kata ulang, kata turunan, dan gabungan kata !
Buatlah contoh masing-masing
perbedaan tersebut ke dalam kalimat !
V. Jelaskan Morfofonemik prefiks per-,
Morfofonemik prefiks ber-, Morfofonemik
prefiks ter- !
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: BAHASA INDONESIA II PGMI
1. Sebutkan empat keterampilan berbahasa Indonesia !
2. Peran guru dalam
pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah diantaranya guru Bahasa sebagai
model, Guru Bahasa sebagai Inovator dan Guru Bahasa sebagai Evaluator. Jelaskan
pernyataan diatas!
3. Jelaskan keunggulan
dan kelemahan teknik mengajar Bahasa Indonesia dibawah ini:
Teknik ceramah, teknik tanya jawab, teknik diskusi
kelompok, teknik bermain peran, dan teknik karyawisata !
4. Dalam
pelaksanaan membaca dan menulis permulaan dalam pelaksanaanya yakni metode eja,
metode bunyi, metode suku kata, metode kata,dan metode global. Jelaskan
pernyataan diatas!
5. Jelaskan pengertian bahasa menurut paham kognitivisme dan paham
behaviorisme !
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: BAHASA INDONESIA II
1. Kemukakan hal-hal apa saja
yang harus diperhatikan dalam menentukan ide pokok untuk penulisan karya ilmiah
!
2. Tulislah 5 kata baku dan 5 kata tidak baku !
3. Tulislah 5 serapan kata
dari bahasa Arab dan 5 kata dari bahasa Inggris yang sudah menjadi kosa kata
bahasa Indonesia !
4.Tulislah contoh catatan kaki
di tulis dengan dua pengarang dan contoh kutipan jika sumber kutipan mendahului
kutipan !
5.Sebutkan dan jelaskan yang termasuk konvensi naskah !
6.Buatlah contoh latar belakang masalah pembuatan karya tulis ilmiah
saudara !
0 Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA KULIAH: BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MI 2018"