ads
ads

CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA KULIAH: BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MI 2018



CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MI

  1. Jelaskan etimologi kata strategi pada masa yunani kuno.Jelaskan pula makna kata tersebut dalam konteks pengajaran bahasa Indonesia !
  2. Kemukakan sekurang-kurangnya dua metode pengajaran bahasa Indonesia untuk ke empat keterampilan berbahasa !
  3. Kemukakan latar belakang dan hal-hal yang mendorong terjadinya kedwibahasaan !
  4. Kemukakan pengaruh bahasa ibu/pertama terhadap pengajaran bahasa Indonesia !
  5. Kedwibahasaan adalah disiplin ilmu yang ikut andil dalam pengajaran bahasa Indonesia. Menurut saudara,sumbangan-sumbangan apa saja yang diberikan kedwibahasaan dalam pengajaran bahasa Indonesia?

CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP

  1. Kemukakan langkah-langkah menulis rangsang objek untuk membelajarkan siswa SD/MI !
  2. Kemukakan dengan memilih salah satu kompetensi dasar menulis dengan konteks otentik untuk membelajarkan siswa SD/MI !
  3. Bagaimana strategi membelajarkan siswa membaca kritis pada siswa kelas 6 SD/MI ?
  4. Jelaskan yang di maksud dengan membaca intensif dan membaca rumpang !
  5. Faktor sikap,minat,dan kebiasaan dapat mempengaruhi keterampilan membaca. Kemukakan pendapat saudara dari pernyataan tersebut !



CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: APRESIASI SASTRA INDONESIA

  1. Sebutkan gendre sastra !
  2. Sebutkan unsur lahir dan unsur batin yang membangun puisi !
  3. Sebutkan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik prosa fiksi !
  4. Bagaimanakah cara membelajarkan siswa SD/MI dalam pengajaran sastra Indonesia ?
  5. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan apresiator dalam membeca puisi !


CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA

1. Kemampuan siswa SD/MI dalam memperoleh pembelajaran bahasa Indonesia  dipengaruhi oleh metodologi Guru sebagai Informator.Bagaimana pendapat saudara dari pernyataan tersebut ? 
2. Kemukakan Problematika Pengajaran bahasa dan sasrta Indonesia d SD/MI !
3. Keterampilan menyimak adalah satu bentuk kemampuan bahasa Indonesia.Sebutkan beberapa faktor yang mendorong kemampuan menyimak dengan sempurna !
4. Kemampuan bahasa Indonesia siswa SD/MI sangat tergantung pada karakteristik psikologinya.Jelaskan pengaruh tingkat kecerdasan,kreativitas,bakat dan minat siswa dalam kemampuan bahasa Indonesia !
5. Jelaskan salah satu metodologi pengajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia !

CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: FONOLOGI DAN MORFOLOGI BAHASA INDONESIA

I.       Tentukanlah bentukan kata yang benar !
A.  mentafsirkan / menafsirkan ?
B.  menerjemahkan /menterjemahkan ?
C  mencontek / menyontek ?
II.    Berilah tanda X(silang) pada jawaban yang tepat !
1.      A. Anak itu meraih peringkat ke III.
B. Anak itu meraih peringkat ke 3.
C  Anak itu peringkat ke-3.
      2.   A. Dialah yang bertanggung jawab dalam persoalan itu.
            B. Dia lah yang bertanggung jawab dalam persoalan itu.
            C. Dialah yang bertanggungjawab dalam persoalan itu.
     3.    A. ” Berdoalah kepada-Ku karena Aku akan mengabulkan permohonanmu” begitulah firman Tuhan.
            B.  ” Berdoalah kepadaKu karena aku akan mengabulkan permohonanmu” begitulah firman Tuhan.
            C.  ” Berdoalah kepada-Ku karena aku akan mengabulkan permohonanmu” begitulah firman Tuhan.
    4.    A. MTQ se Jawa Barat.
           B. M.T.Q se-Jawa Barat.
           C. MTQ se-Jawa Barat.
5. A. Pertandingan catur antar mahasiswa.
       B. Pertandingan catur antarmahasiswa.
       C.  Pertandingan catur antar-mahasiswa.
III.Fonem t luluh menjadi n apabila mendapat tambahan prefiks me-,
Tulislah tiga kata yang luluh apabila mendapatkan prefiks me- !
IV. Jelaskan perbedaan kata dasar, kata ulang, kata turunan, dan gabungan kata !
      Buatlah contoh masing-masing perbedaan tersebut ke dalam kalimat !
V.  Jelaskan Morfofonemik prefiks per-, Morfofonemik prefiks ber-, Morfofonemik    prefiks ter- !

 
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: BAHASA INDONESIA II PGMI

1. Sebutkan empat keterampilan berbahasa Indonesia !
2.      Peran guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah diantaranya guru Bahasa sebagai model, Guru Bahasa sebagai Inovator dan Guru Bahasa sebagai Evaluator. Jelaskan pernyataan diatas!
3.      Jelaskan keunggulan dan kelemahan teknik mengajar Bahasa Indonesia dibawah ini:
Teknik ceramah, teknik tanya jawab, teknik diskusi kelompok, teknik bermain peran, dan teknik karyawisata !
4. Dalam pelaksanaan membaca dan menulis permulaan dalam pelaksanaanya yakni metode eja, metode bunyi, metode suku kata, metode kata,dan metode global. Jelaskan pernyataan diatas!
5. Jelaskan pengertian bahasa menurut paham kognitivisme dan paham behaviorisme !

CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH: BAHASA INDONESIA II

1. Kemukakan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menentukan ide pokok untuk penulisan karya ilmiah !
2. Tulislah 5 kata baku dan 5 kata tidak baku !
3. Tulislah 5 serapan kata dari bahasa Arab dan 5 kata dari bahasa Inggris yang sudah menjadi kosa kata bahasa Indonesia !
4.Tulislah contoh catatan kaki di tulis dengan dua pengarang dan contoh kutipan jika sumber kutipan mendahului kutipan !
5.Sebutkan dan jelaskan yang termasuk konvensi naskah !
6.Buatlah contoh latar belakang masalah pembuatan karya tulis ilmiah saudara !
0 Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA KULIAH: BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MI 2018"

Back To Top