CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
EVALUASI PEMBELAJARAN
Soal
:
1.
Apa perbedaan
pengukuran, penilaian dan evaluasi ?
2.
Mengapa hasil
evaluasi dapat dijadikan sebagai pengukur keberhasilan pembelajaran ? Berkaitan
dengan perbaikan pembelajaran, tindakan apa yang harus dilakukan oleh guru jika
hasil evaluasi belajar siswa belum mencapai standar yang telah ditentukan ?
3.
Untuk menilai
apakah sebuah instrument penilaian itu berkualitas atau tidak maka perlu
dilakukan analisis instrumen penilaian. Jelaskan 3 faktor yang menentukan
kualitas instrument tersebut !
4.
Buatlah
perbandingan kelebihan dan kelemahan tes obyektif dengan tes essay dalam tabel
berikut ini :
No.
|
Jenis Tes
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
1.
|
Tes Obyektif
|
1.
2.
3.
|
1.
2.
3.
|
2.
|
Tes Essay
|
1.
2.
3.
|
1.
2.
3.
|
5.
Jelaskan
pengertian dari teknik-teknik penilaian berikut
dan berikan contoh penerapannya !
No.
|
Teknik
Penilaian
|
Pengertian
|
Contoh
penggunaannya dalam penilaian hasil belajar di SD/MI
|
1.
|
Teknik Tes
|
||
2.
|
Penilaian Proyek
|
||
3.
|
Penilaian Produk
|
||
4.
|
Penilaian Unjuk Kerja
|
Soal
:
1.
Apa perbedaan
pengukuran, penilaian dan evaluasi ?
2.
Mengapa hasil
evaluasi dapat dijadikan sebagai pengukur keberhasilan pembelajaran ? Berkaitan
dengan perbaikan pembelajaran, tindakan apa yang harus dilakukan oleh guru jika
hasil evaluasi belajar siswa belum mencapai standar yang telah ditentukan ?
3.
Untuk menilai
apakah sebuah instrument penilaian itu berkualitas atau tidak maka perlu
dilakukan analisis instrumen penilaian. Jelaskan 3 faktor yang menentukan kualitas
instrument tersebut !
4.
Buatlah
perbandingan kelebihan dan kelemahan tes obyektif dengan tes essay dalam tabel
berikut ini :
No.
|
Jenis Tes
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
1.
|
Tes Obyektif
|
1.
2.
3.
|
1.
2.
3.
|
2.
|
Tes Essay
|
1.
2.
3.
|
1.
2.
3.
|
5.
Jelaskan
pengertian dari teknik-teknik penilaian berikut
dan berikan contoh penerapannya !
No.
|
Teknik
Penilaian
|
Pengertian
|
Contoh
penggunaannya dalam penilaian Mapel PAI
|
1.
|
Teknik Tes
|
||
2.
|
Penilaian Produk
|
||
3.
|
Penilaian Unjuk Kerja
|
||
4.
|
Penilaian Sikap
|
Soal
:
1.
Apa perbedaan
pengukuran, penilaian dan evaluasi ?
2.
Mengapa hasil
evaluasi dapat dijadikan sebagai pengukur keberhasilan pembelajaran ? Berkaitan
dengan perbaikan pembelajaran, tindakan apa yang harus dilakukan oleh guru jika
hasil evaluasi belajar siswa belum mencapai standar yang telah ditentukan ?
3.
Jelaskan secara
sistematis tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam melaksanakan evaluasi !
4.
Buatlah
perbandingan kelebihan dan kelemahan tes obyektif dengan tes essay dalam tabel
berikut ini :
No.
|
Jenis Tes
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
1.
|
Tes Obyektif
|
1.
2.
3.
|
1.
2.
3.
|
2.
|
Tes Essay
|
1.
2.
3.
|
1.
2.
3.
|
5.
Jelaskan
pengertian dari teknik-teknik penilaian
berikut dan berikan contoh penerapannya
!
No.
|
Teknik
Penilaian
|
Pengertian
|
Contoh
penggunaannya dalam Mapel PAI
|
1.
|
Teknik Tes
|
||
2.
|
Penilaian Sikap
|
||
3.
|
Penilaian Unjuk Kerja
|
||
4.
|
Penilaian Produk
|
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Petunjuk
:
1.
Bacalah basmallah sebelum anda mulai mengerjakan
soal;
2.
Tulislah
identitas saudara pada lembar jawaban yang tersedia ;
3.
Jawablah
soal-soal berikut dengan jawaban yang logis, tepat dan sistematis;
4.
Periksa kembali
jawaban saudara sebelum diserahkan kepada pengawas;
5.
Selamat bekerja
dengan penuh percaya diri.
Soal
:
1.
Kemukakan tiga argumen mengapa
perencanaan pembelajaran dapat berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran ?
2.
Salah satu kesalahan guru dalam
mengajar adalah melakukan “jalan pintas” artinya proses pembelajaran
dilakukan tanpa menempuh suatu prosedur yang seharusnya. Coba saudara uraikan
secara sistematis bagaimana prosedur pembelajaran itu harus dilakukan melalui tahap
perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi ?
3.
Deskripsikan secara utuh apa saja
komponen-komponen yang harus ada dalam sebuah perencanaan pembelajaran ?
4.
Kumpulkan contoh silabus dan Perencanaan
Pembelajaran (RPP) dalam salah satu mata pelajaran di SD/MI sebagaimana telah
ditugaskan sebelumnya !
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM
Soal
:
1.
Apa pengertian dan fungsi kurikulum
?
2.
Jekaskan apa saja
landasan-landasan dalam pengembangan kurikulum ?
3.
Dalam sejarah perkembangan
kurikulum di Indonesia, kurikulum nasional telah beberapa kali mengalami
perubahan (1947 – 2006). Kemukakan beberapa alasan mengapa kurikulum itu harus diubah
(direvisi) paling sedikitnya setiap empat tahun sekali ?
4.
Apa yang anda ketahui tentang
KTSP dan apa perbedaanya dengan kurikulum sebelumnya ?
5.
Guru memiliki peran yang cukup
penting di dalam pengembangan kurikulum. Jelaskan apa saja yang dapat dilakukahn guru dalam
pengembangan kurikulum di sekolah ? Berikan contoh sesuai dengan mata pelajaran
yang menjadi bidang keahlian anda !
0 Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP EVALUASI PEMBELAJARAN, PERENCANAAN PEMBELAJARAN, DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM"