LATIHAN SOAL MENUJU UJIAN MADRASAH
BERSTANDAR NASIONAL
I.
|
Pilihlah salah satu jawaban yang
paling tepat dan benar!
|
1
|
Pengertian
sejarah menurut bahasa adalah suatu kejadian dan peristiwa yang
benar-benar terjadi pada masa ….
a.
sekarang
b.yang akan datang
c. lampau atau asal-usul silsilah
d.
raja-raja yang yang terkenal saja
|
2
|
Salah satu tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan
Islam bagi seorang
muslim adalah ….
a. hanya sebagai
bahan diskusi
b. pemegang
tongkat estafet kemajuan Islam
c. bentuk
ketaatan terhadap para pendahulunya
d. merasa bangga dan mencintai kebudayaan Islam
|
3
|
Kesesuaian
antara contoh budaya Islami dan cara melestarikannya adalah ….
a. berpakaian muslimah : membiasakan menutup aurat
b. bertutur kata
yang sopan : membiasakan berpakaian ketat
c. berprilaku
empati: menerapkan budaya kebarat-baratan
d. bekerja
tekun: menghalalkan segala cara asal menghasilkan uang
|
4
|
Kondisi
moralitas keseharian masyarakat Arab
pra Islam adalah ….
a.
taat
beribadah
b.
mengesakan
Allah
c.
menghormati
wanita
d.
pergaulan yang biadab
|
5
|
Terbentuknya
sistem perdagangan yang mengedepankan nilai kejujuran dan keadilan menjadikan
masyarakat Mekkah dan Madinah mengalami peningkatan ….
a. pajak kendaraan
a. pajak bumi bangunan
b. kesejahteraan
ekonomi
c. harga bahan-bahan pokok
|
6
|
Nabi Muhammad
saw berhasil membuktikan diri kepada
dunia, bahwa selama 23 tahun beliau sebagai pembawa rahmat bagi ….
a. keluarganya saja
b. lokal daerahnya saja
c. masyarakat Arab saja
d. dunia
pada umumnya
|
7
|
Banyaknya ancaman,
hambatan, dan gangguan dijadikan oleh Nabi Muhammad saw sebagai tantangan
dalam berdakwah di Mekkah. Hal tersebut beliau hadapi dengan ….
a. marah besar
b. kekuatan tandingan
c. sabar bahkan
mendoakan
d. pembalasan yang serupa
|
8
|
Bentuk
keteguhan sahabat Bilal bin Rabbah
dalam menghadapi
siksaan masyarakat Mekkah adalah ….
a.
budak
yang mempertahankan hartanya
b. kegigihan
memegang kalimah tauhid
c.
mempertahankan
pendapatnya
d.
budak
yang menjaga dirinya
|
9
|
Di antara
usaha dalam bidang perekonomian yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW yang sesuai dengan keadaan saat itu adalah meningkatkan mutu
pertanian dengan cara ….
a.
memperluas
lahan pertanian
b. membangun
pasar rakyat
c.
mengurangi
beban pajak
d.
menambah
jenis usaha
|
10
|
Salah satu contoh kegigihan dari
perjuangan
Nabi saw di Madinah adalah ….
a.
gigih
dan cerdas dalam menyelesaikan masalah
b.
sabar dan
gigih dalam menjalin persaudaraan
c.
tolong
menolong sesama terhadap yang kaya
d.
tekun
dan sabar dalam menghadapi ujian
|
11
|
Prestasi yang pernah dicapai oleh khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq adalah ….
a. memperluas
pembangunan masjid Nabawi
b. mengumpulkan
hadits nabi yang disalin menjadi kitab
c. menghadapi
orang fasik dan orang yan tidak membayar pajak
d. memerangi orang-orang yang menyatakan dirinya sebagai nabi
|
12
|
Bentuk keberhasilan yang pernah diraih oleh khalifah Umar bin Khattab adalah ….
a.
membangun
pemerintahan Islam
b. membangun
baitul hikmah
c. menghadapi
orang murtad
d. membukukan hadits
|
13
|
Diantara keberhasilan yang pernah
diraih khalifah
Ali bin Abi
Thalib adalah ….
a.
memilih gubernur dari kalangan keluarganya
b.
mengangkat pegawai yang cerdas dan
cakep
c.
memerangi orang yang engan shadaqah
d. menumpas
pembangkang kekhalifahan
|
14
|
Pelajaran yang dapat
kita ambil dari prestasi yang diraih oleh khalifah
Abu Bakar Ash
Shiddiq adalah ….
a. cinta kepada
keluarga
b. pentingnya
menuntut ilmu
c. kewajiban
membayar pajak
d.
semangat dalam berdakwah
|
15
|
Hikmah yang
dapat kita ambil dari keberhasilan yang dicapai oleh khalifah
Ali bin Abi
Thalib adalah ….
a.
rajin
dalam menuntut ilmu
b.
setia kawan maupun lawan
c.
menjadi orang kaya yang dermawan
d.
memperluas wilayah dengan perang
|
16
|
Khalifah Utsman bin Affan merupakan
orang yang kaya dan terpandang
sehingga mewarnai gaya kepemimpinannya menjadi ....
a.
sederhana
b.
social care
c.
zuhud
d.
tegas
|
17
|
Berdirinya Dinasti Bani Umaiyah berawal dari peristiwa ‘Amul Jamaah di Maskin dekat Madain, Kuffah
pada tahun 41 H/ 661 M. Peristiwa itu ditandai dengan prosesi….
a.
voting suara terbanyak
b.
pemaparan visi dan misi
c.
pengambilan keputusan secara mufakat
d. penyerahan kekuasaan dari Hasan bin Ali ke Muawiyah
|
18
|
Dinasti Bani Umaiyah terdiri dari 14
kekhalifahan. Khalifah dinasti Bani Umaiyah yang mendapat predikat bapak
raja-raja adalah ….
a.
Mu’awiyah bin Abi Sofyan
b.
Abdul
Malik bin Marwan
c.
Al
Walid bin Abdul Malik
d.
Umar
bin Abdul Aziz
|
19
|
Pada masa Bani Umayyah telah dibentuk
Departemen-departemen yang merupakan perubahan dari sistem pemerintahan
khulafaurrasyidin. Diantara
organisasi politik pemerintahan itu adalah....
a. Al-Nidzam
al-Haidary
b. Al-Nidzam
al-Quraisy
c.
Al-Nidzam
al-Siyasi
d. Al-Nidzam
al-Nafsi
|
20
|
Perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam bidang Ilmu pengetahuan dan seni pada masa Al Walid bin Abdul Malik adalah
menjadikan seni Islam sebanding ….
a. seni kaligrafi di Mesir
b.
seni
bangunan di Persia
c.
seni
rupa Andalusia di Spanyol
d.
seni bangunan Yunani di Konstantinopel
|
21
|
Ketegasan dan kesederhanaan khalifah Umar bin
Abdul Aziz mempengaruhi
perkembangan di bidang pemerintahannya. Dalam hal ini sebagai buktinya adalah
....
a. hidup penuh dengan kemewahan
b. berdakwah
dengan pertumpahan darah
c. pembebasan
pajak bagi Mawali dan Arab
d. pengangkatan pegawai jujur, cakap sesuai keahliannya
|
22
|
Ilmuwan muslim dalam bidang hadits pada masa Dinasti
Umaiyah adalah ….
a.
Abu Bakar Muhammad bin Muslim
b. Abdullah bin Syihab
c. Abdullah bin Abbas
d. Nafi’
bin Nu’aim
|
23
|
Ibrah atau
pelajaran yang dapat dipetik dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Mu’awiyah bin Abu Sofyan adalah ….
a.
tercapainya
harapan hanya dengan kekerasan
b. menghalalkan
segala cara asal tujuan tercapai
c. kemenangan
hendaknya diawali peperangan
d.
pantang putus asa dalam meraih kesuksesan
|
24
|
Sifat yang
menonjol pada diri khalifah Umar bin Abdul Aziz adalah ….
a. menjauhkan
diri dari kehidupan dunia
b.
mengutamakan kehidupan akhirat
c. berpola hidup sederhana
d. bergaya
hidup mewah
|
25
|
Propaganda
yang dilakukan oleh para pendiri Dinasti Bani Abbasiyah dalam mencari simpati atau dukungan adalah mengatasnamakan keturunan ….
a. bani
Umaiyah
b.
bani Hasyim
c. orang
Arab
d.
orang Persia
|
26
|
Filsuf besar pertama dalam Islam yang dikenal berilmu
pengetahuan luas dan mendalam serta memiliki 200 karya ilmiah adalah ....
a. Ar Rozi
b.
Al
Kindi
c.
Ibnu Sina
d.
Al Ghazali
|
27
|
Ibrah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari
kekhalifahan Abu Jakfar Al Mansur adalah ....
a. pelan dan
santai dalam bersikap
b. cepat dan tegas dalam bertindak
c.
reaktif dalam menghadapi lawan
d.
senantiasa memprioritaskan keluarganya
|
28
|
Bentuk keterkaitan dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa kepemimpinan
Harun Arrasyid dengan sekarang adalah ….
a.
positif thingking terhadap lawan
b.
berpikiran
ke depan dan berprestasi
c. negatif thinking terhadap budaya barat
d. merasa bangga dengan potensi orang lain
|
29
|
Diantara
usaha yang dilakukan oleh khalifah Abdullah Al Makmun dalam memajukan Daulah
Bani Abbasiyah adalah ....
a.
mengangkat administrator handal
b.
membangun banyak pertokoan
c. menertibkan pemerintahan
d. menggali harta qorun
|
30
|
Pendiri
sekaligus penguasa yang terkenal pada dinasti
al-Ayyubiyah adalah ….
a.
Nuruddin Zanki
b.
Asaduddin Syirkuh
c.
Najmuddin Al Ayyubi
d. Shalahuddin al Ayyubi
|
31
|
Bentuk perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam dibidang sosial
pada masa Shalahuddin Al Ayyubi adalah ….
a.
mengganti
pegawai-pegawai yang korup
b.
membuat
benteng keamanan
c.
membentuk
majelis dzikir
d. mendirikan dinas sosial
|
32
|
Di antara
ilmuwan muslim bidang ilmu
Al Qur’an dan Hadits yang memiliki peran penting dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah adalah ….
a.
Abu
Abdullah Muhammad
b.
Abu
Abdullah Al Quda’i
c. Abdul
Latif Al Bagdadi
d.
Syansuddin
Khallikan
|
33
|
Ibrah atau pelajaran yang dapat
dipetik dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Al Kamil
adalah …..
a.
pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan
b. mempertahankan
keutuhan keluarga
c. meningkatkan
perekonomian pribadi
d. melindungi
fasilitas negara
|
34
|
Bentuk
kesungguhan Shalahuddin Yusuf Al Ayyubi dalam dunia
pendidikan adalah mendirikan ….
a.
sarana
rekreatif bagi anak
b. pendidikan
anak usia dini
c.
pusat kajian keislaman
d. madrasah-madrasah
|
35
|
Diantara
bentuk ketegasan Shalahuddin Al Ayyubi dalam mewujudkan
pemerintahan yang bersih adalah membangun
….
a. sarana rekreatif keluarga
b. mentalitas para pejabat
c. lembaga
pendidikan agama
d. pusat kajian budaya Islam
|
36
|
Bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 13
adalah ….
a.
terbentuknya kerajaan Islam di
Kalimantan
b.
berdirinya kerajaan Islam di Sulawesi
c.
adanya kerajaan Islam di Jawa
d.
catatan perjalanan marcopolo
|
37
|
Penyebab mudah diterima
dan cepat berkembangnya Islam di Indonesia adalah ….
a. kegigihan ulama’ dalam membangun pesantren
b. seringnya
pementasan para seniman
c. Islam
agama sederhana dan damai
d. adanya dukungan pemerintah
|
38
|
Di bawah ini termasuk pendiri kerajaan Samudera
Pasai adalah ….
a. Meurah Doulima
b. Meurah Mouda
c.
Meurah Khair
d. Mourah Noer
|
39
|
Pendiri kerajaan Demak dan
termasuk raja terkenal adalah ….
a. Sultan Alauddin
b. Raden Rahmat
c.
Raden Patah
d. Raden Paku
|
40
|
Persamaan
peran antara Abdurrauf Singkili dengan Muhammad Arsyad Al Banjari adalah ….
a.
ulama yang tegas terhadap kekuarganya
b.
ilmuwan
yang kaya dan dermawan
c. ulama yang kreatif dan produktif
d.
berdakwah
ke Asia Tenggara
|
41
|
Keteladanan
yang dapat diambil dari Abdurrauf Singkili bagi generasi Islam di masa
sekarang adalah ….
a. menguasai
berbagai disiplin ilmu
b.
mensyiarkan Islam melalui kesenian
c.
memprakarsai
berdirinya ormas Islam
d. menempuh pendidikan di timur-barat
|
42
|
Keteladanan
yang dapat dipetik dari Muhammad Arsyad Al Banjari bagi seorang pelajar adalah ….
a. belajar dari
kesuksesan orang lain
b. mensyiarkan Islam lewat
internet
c. semangat dalam menuntut ilmu
d. suka membeli dan membaca buku
|
43
|
Kesesuaian
antara asal tradisi dengan contoh kesenian dan adat istiadatnya adalah ….
a. Sunda:
tari pergaulan
b. Madura: menata konde
c. Jawa: wayang
d. Bugis: sekaten
|
44
|
Contoh adat
dan tradisi Islam di Madura yang dapat dijadikan sebagai media dakwah adalah
….
a. wayang
b. Qosidah
c. tari
pergaulan
d. menata busana
|
45
|
Kesesuaian
antara nama walisongo dengan kesenian
dan adat istiadat yang di ciptakan
adalah ….
a.
Sunan Gunung Jati: nasyid kontemporer
b. Sunan Bonang: qosidah modern
c. Sunan Giri: tari pergaulan
d. Sunan Kalijaga: wayang
|
46
|
Diantara
peran Sunan Ampel dalam menyebarkan Islam di Jawa adalah ....
a. menjadikan
bahasa Arab sebagai bahasa pengantar
b. membina
masyarakat pedesaan dan nelayan
c.
mendirikan
pesantren Ampel Denta
d. memperluas
area pertanian
|
47
|
Dibawah ini
termasuk peran Maulana Malik
Ibrahim dalam menyebarkan Islam di
Jawa adalah ....
a.
mengajarkan cara bernelayan
b. memperluas
area perikanan
c. melatih
beladiri
d. menjadi tabib
|
48
|
Istilah "Mo Limo" dikenalkan
oleh Raden Rahmat dalam dakwahnya (moh
main, moh ngombe, moh maling, moh madat, moh madon). Maksud dari moh
main adalah …
a.
tidak menggunakan narkotik
b.
tidak mencuri
c.
tidak berzina
d.
tidak berjudi
|
49
|
Persamaan
antara seni qosidah dengan Javin adalah ....
a. rebana
sebagai pengiringnya
b. gitar jadi peralatan utamanya
c. seni
yang berasal dari Jawa
d. seni
yang bukan religius
|
50
|
Cerita
pewayangan yang dikemas oleh para wali songo sehingga menjadi seni yang
bernafaskan Islam adalah ….
a. wahyu
purbaningtyas
b. kalimah sahadatain
c. babat alas kedaton
d. jamus kalimosodo
|
0 Komentar untuk "LATIHAN SOAL MENUJU UJIAN MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) 2018"