LATIHAN UAS GANJIL
Pilihan jawaban yang paling benar!
1
|
Suatu
kalimat disebut dengan bacaan mad shilah qashirah apabila ....
a. ada mad bertemu dengan ha’ dlamir
b. terdapat ha’ dhamir bertemu hamzah
c. ada ha’ dhamir tidak bertemu hamzah
d. harakat sukun didahului oleh hamzah dlamir
|
||||||||
2
|
Ketentuan
hukum bacaan mad silah thowilah adalah....
a. apa
bila terdapat hamzah bertemu
alif
b. apabila
alif didahului oleh hamzah dlamir
c.
apabila ada mad
bertemu dengan ha’ dlamir
d.
apabila ada mad
silah qashirah bertemu hamzah
|
||||||||
3
|
Perhatikanlah penggalan ayat-ayat berikut
Bacaan mad silah qasirah pada ayat adalah ....
a. 1. b. 2 c. 3 d. 4
|
||||||||
4
|
a.
Perhatikan ayat
berikut!
b.
وَلاَيُوثِقُ
وَثَاقَهُ أَحَدُ
c.
Cara membaca ayat
yang bergaris bawah tersebut adalah dengan....
d.
a. ditahan 4
harakat
e.
b. ditekan
dan ditahan
f.
c. panjang 2
harakat
g.
d. panjang
5 harakat
|
||||||||
5
|
a.
Suatu lafadz
kalimat disebut dengan bacaan mad lazim mukhoffaf
kilmi apabila ada....
a. huruf
mad yang diikuti harakat tasydid dan diidzghamkan
b. huruf
mad yang diikuti harakat sukun dan diidzghamkan
c. huruf mad
yang tidak diikuti harakat tasydid dan diidzghamkan
d. huruf
mad yang diikuti harakat sukun dan tidak diidzghamkan
|
||||||||
6
|
e.
Bacaan mad lazim mutsaqqol kilmi adalah apabila ada mad bertemu dengan ....
f.
a. sukun di
lain kata dan
di-idzgham-kan
g. b. tasydid di satu kata dan di-idzgham-kan
h.
b. sukun dalam satu
kata dan di-idzgham-kan
i.
c. tasydid di satu kata dan tidak di-idzgham-kan
|
||||||||
7
|
Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
Diantara
kalimat tersebut yang termasuk bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi adalah ....
a. (4) b. ( 3) . c. (2) . d. (1)
|
||||||||
8
|
Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
Diantara kalimat
tersebut yang terdapat bacaan mad farqi adalah ....
a. (1) b. ( 2) . c. (3) . d. (4)
|
||||||||
9
|
Cermatilah kalimat-kalimat berikut!:
Diantara kalimat tersebut yang
mengandung hukum bacaan mad lazim musaqqol kilmi adalah ....
a. (4) b. ( 3) . c. (2) . d. (1)
|
||||||||
10
|
Perhatikan
dengan seksama ayat berikut :
قُلْ
ءَآللهُ أَذِنَ لَكُمْ...
Cara membaca
kalimat yang bergaris bawah tersebut adalah:
a. panjang 1 alif dan tidak diidzghamkan
b. panjang 2 alif dan tidak diidzghamkan
c. panjang 3 alif dan diidzghamkan
d. panjang 4 alif dan diidzghamkan
|
||||||||
11
|
Cermatilah ayat
berikut!
وَإِذَا
رَأَوْهُمْ قَالُوا إِنَّ هَآؤُلآَءِ لَضّآلُّونَ
Cara membaca
bacaan kalimat yang bergaris bawah berikut adalah ....
a. panjang 4 alif dan suara
diringankan
dan diidzghamkan
b. panjang 3 alif suara di beratkan dan
diidzghamkan
c. panjang 2 alif suara diringankan dan diidzghamkan
d. panjang 1 alif suara di beratkan dan
diidzghamkan
|
||||||||
12
|
Perhatikanlah ayat
berikut!
وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ {8} فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ
{9}
Isi
kandungan dari ayat berikut adalah ….
a.
Semua orang
akan mendapat tempat yang menyenangkan
b.
orang akan
mendapat tempat surga menyenangkan
c.
orang yang
berat timbangan kebaikannya, akan masuk surga
d.
orang yang ringan timbangan kebaikannya, akan masuk neraka
|
||||||||
13
|
Perhatikanlah ayat
berikut!
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
Isi
kandungan dari ayat berikut adalah ….
a.
Semua amal
perbuatan manusia akan dipertanggungjawabkan
b.
Semua gunung
akan hilang pada hari kiamat
c.
Seluruh perbuatan
buruk akan ditampakkan blasannyat
d.
Semua perbuatan
baik akan ditunjukkan kepadanya balasannya.
|
||||||||
14
|
Perhatikanlah ayat
berikut!
يَوْمَ
يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
Terjemah dari
ayat tersebut adalah....
a. Dia dalam kehidupan yang memuaskan
b. Adapun orang
yang berat timbangannya
c. Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang
bertebaran
d. Yang ringan timbangan (keburukannya), tempat kembalinya neraka
|
||||||||
15
|
Perhatikan ayat
berikut!
وَتَكُوْنُ
الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِ
Arti dari ayat di atas adalah .....
a. Adapun orang yang berat tibangan (kebaikannya)
b. Adapun orang yang bera tibangan (keburukannya)
c. dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan
d. Adapun orang
yang berat timbangannya kebaikannya
|
||||||||
16
|
Ayat yang artinya pada hari itu bumi
menceritakan beritanya adalah ....
|
||||||||
17
|
Ayat yang artinya Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam
keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan (balasan) pekerjaan mereka adalah ....
|
||||||||
18
|
Terjemah yang
tepat untuk ayat yang bergaris bawah
berikut adalah ....
وَقَالَ الإْ نْسَانُ مَالَهَا
a.
Barang siapa
mengerjakan
b.
Sebesar biji sawi
(yang amat kacil)
c.
Semua kebaikan akan
diperlihatkan
d.
dan manusia
bertanya:"Mengapa bumi (jadi begini)"
|
||||||||
19
|
Terjemahan dari
ayat 5 al Zalzalah berikut
adalah ....
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
a. karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang
demikian itu) kepadanya
b. Siapa yang berbuat buruk sekecil apapun akan ditampakkan balasannya
c. Semua kebaikan akan mendapat balasannya
d. Semua keburukan akan mendapat balasannya
|
||||||||
20
|
Perhatikan ayat berikut!
1. وَمَاأَدْرَاكَ
مَاالْقَارِعَةُ
2. وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُه. فُامُّهُ
هَاوِيَة
3. بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحى لَهَا
4. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ
أَخْبَارَهَا
Di antara ayat di atas berikut yang ada kaitannya dengan hukum sebab akibat adalah ....
a. (1) b. ( 2) . c. (3) . d. (4)
|
||||||||
21
|
ayat yang
berhubungan dengan hukum alam dari Q.S. al Zalzalah terdapat adalah ....
a. . فَمَنْ يَعْمَلْ
مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
b. . وَأَخْرَجَتِ اْلأَرْضُ أَثْقَالَهَا
c. . وَقَالَ اْلإِنْسَانُ مَا لَهَا
d. . يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
|
||||||||
22
|
Isi kandungan dari ayat berikut
adalah ….
. يَوْمَ
يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
a.
pada hari kiamat
gunung-gunung meletus
b.
bumi mengluarkan
semua beban beratnya
c.
manusia sama
kebingungan dan bertanya-tanya
d.
pada hari kiamat
manusia berhamburan bagaikan anai-anai.
|
||||||||
23
|
Makna yang terkandung dalam ayat
berikut adalah….
وَتَكُوْنُ
الْجِبَالُ كَا لْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِ
a.
saat kiamat,
gunung-gunung dihamburkan
b.
keadaan manusia
seperti anai-anai yang beterbangan
c.
manusia akan
menerima akibat perbuatannya sendiri
d.
gunung-gunung akan
meleleh
|
||||||||
24
|
Ada kiamat sughra dan
kiamat qubra. Yang dimaksud qiyamat qubra adalah ....
a.
bencana dan musibah yang
pernah terjadi di bumi
b.
hancurnya sarana kehidupan dan matinya semua makhluk
c.
berakhirnya kehidupan dunia dan dimulainya kehidupan akhirat.
d.
Peristiwa hancurnya alam semesta dan berakhirnya kehidupan dunia
|
||||||||
25
|
Berikut ini
yang bukan termasuk bencana alam adalah....
a. kecelakaan yang menyebabkan matinya seluruh penumpang.
b. banjir bandang yang menelan banyak korban jiwa dan
harta
c. gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan yang besar
d. terjadinya tsunami yang menghancurkan daerah pesisir
|
||||||||
26
|
Bumi dan isinya
diciptakan untuk memenuhi kebutuhan
manusia. Namun sering sikap manusia menjadi sebab rusaknya alam, misalnya ….
a. penangkapan ikan dengan pukat harimau
b. penggunaan racun untuk membunuh serangga
c. menampung
sampah di satu tempat
d. rusaknya
pemukiman warg
|
||||||||
27
|
Dengan memperhatikan banyaknya
bencana banjir yang melanda pemukiman penduduk dan di bantaran sungai di
perkotaan, kita dapat mengambil pelajaran bahwa, hal itu bisa terjadi
disebabkan oleh ….
a.
semakin rusaknya
lingkungan yang ada
b.
banyaknya bendungan
yang dibangun
c.
jarangnya waduk
penampungan
d.
derasnya hujan yang
turun
|
||||||||
28
|
Salah satu tugas manuasia adalah menjaga kelestarian
lingkungan alam.
Agar hal itu dapat terlaksana, maka salah satu yang dapat
dilakukan adalah dengan …..
a. Memilah antara sampah kering dengan sampah yang basah
b. Membenahi perkakas rumah tangga
c. mengadakan
gerakan peduli anak yatim
d. peduli
terhadap keadaan masyarakat miskin
|
||||||||
29
|
Cara yang diajarkan
Islam agar alam tetap terjaga kelestariannya dan tidak terjadi bencana alam
adalah ….
a.
memanfaatkan
kekayaan alam yang ada dan senantiasa taat kepadaNya
b.
senantiasa berdo’a
siang dan malam secara bersama-sama
c.
tidak menggunakan
hasil hutan dan alam
d.
menghindari
pengunaan bahan berbahaya
|
||||||||
30
|
Kalimat yang tepat untuk
menyempurnakan hadis berikut adalah ….
قال
رسول الله ص.م .... أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَه.
a.
مَنْ
أَحْيى
b.
. وَ الْبَهَائِمِ
c.
. لِمَاشِيَتِهِ
d.
ذِرَاعًا
|
||||||||
31
|
Arti yang tepat
untuk kalimat yang bergris bawah berikut adalah ….
ألنبي صلى الله عليه
وسلم.نهى صيرالروح وعن اخصاءالبهائم نهياشديدا
a.
Melarang
menyiksa binatang
b.
Melarang mengebiri
yang bernyawa
c.
Melarang
mengurung yang bernyawa
d.
Melarang
membunuh yang bernyawa
|
||||||||
32
|
Terjemahan
dari kalimat yang bergaris bawah berikut adalah ….
ألنبي صلى الله عليه
وسلم.نهى صيرالروح وعن اخصاءالبهائم نهياشديدا
a.
mengebiri kuda
b.
mengebiri binatang
c.
melarang
mengebiri
d.
melarang
mengebiri kuda
|
||||||||
33
|
نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ
إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
Terjemahan
dari kalimat yang bergaris bawah diatas adalah ….
a. Rasulullah saw. melarang
b. Rasulullah saw. membiarkan
c. Rasulullah saw. menganjurkan
d. Rasulullah saw. memerintahkan
|
||||||||
34
|
Artika kalimat نَهْيًا
شَدِيْدًا dalam hadis Rasulullah Saw. memiliki arti ....
a.
boleh dilakukan
b.
dilarang
melakukan
c.
larangan yang keras
d.
sangat
diperintahkan
|
||||||||
35
|
Perhatikanlah potongan-potongan hadis berikut!
صَيْرِ (1) نَهَى
(2) الرُّوْحِ
(3) وَ
عَنْ إِخْصَاءِ...(4)
Urutan yang tepat dari potongan
kalimat di atas adalah ….
|
||||||||
36
|
Manfaat langsung yang dapat dirasakan dari hadis
tentang anjuran menghidupkan bumi yang mati adalah ….
a.
terpenuhinya
kebutuhan mahluk hidup.
b.
adanya hubungan
saling membutuhkan antara mahluk hidup
c.
alam akan
memberi manfaat yang besar bagi kehidupan
d.
adanya keserasian
antara daratan dan lautan
|
||||||||
37
|
Aktifitas berikut ini yang merupakan
perbuatan menjaga kelestarian lingkungan adalah
a. penggunaan pupuk kimia di setiap tanaman
b. pemberantasan hama dengan menggunakan pestisida
c. penggunaan pupuk kandang yang banyak pada setiap
tanaman.
d. membuat tanaman buatan untuk keindahan taman
|
||||||||
38
|
Berikut ini adalah hal
yang dapat kita lakukan agar kelestarian alam tetap terjaga adalah….
a. membatasi
pemakaian bahan bakar minyak
b. membuat
pagar rumah dengan tanaman hidup
c. membangun
rumah dengan bahan kayu yang langka
d. menghiasi
pekarangan rumah dengan aneka bunga
|
||||||||
39
|
Akibat langsung dari pemburuhan besar besaran terhadap
satu jenis spesies binatang tertentu, maka akan mengakibatkan ….
a. munculnya jenis binatang
yang baru
b. semakin
banyaknya binatang langka
c.
ketidakseimbangan
ekosistem
d.
punahnya
binatang tertentu
|
||||||||
40
|
Pembalakan hutan liar yang tidak terkendali akan
menjadi sebab ….
a.
Akan terjadi
abrasi
b.
terjadi sunami
c.
punahnya
binatang purba.
d.
terjadi banjir di daerah hilir
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan benar!
|
||||||||
41
|
h.
Jelaskan hukum
bacaan yang terdapat pada kalimat yang bergaris bawah berikut ini dan
bagaimana cara membacanya !
i.
الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ
وَاْلأَرْضِ
|
||||||||
42
|
Terjemahkanlah
ayat berikut!
وَمَاأَدْرَاكَ
مَاهِيَهْ {10} نَارٌحَامِيَةُ {11}
|
||||||||
43
|
Jelaskanlah isi kandungan dari ayat
berikut!
يَوْ مَئِذٍ يَصْدُرُالنَّاسُ أَشْتَا تًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
|
||||||||
44
|
Tulislah sebuah hadis yang terjemahnya sebagai berikut!
“Barang siapa menggali sumur, maka ia berhak 40 hasta, sebagai kandang
ternaknya”. (HR. Ibnu Majah)
|
||||||||
45
|
Jelaskanlah pelajaran yang dapat diambil dari hadis berikut!
نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ
وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
|
0 Komentar untuk "LATIHAN UAS GANJIL QURAN HADITS KELAS 9 2018"