ads
ads

PENGAJIAN RUTIN MANAQIBAN DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA


PENGAJIAN RUTIN MANAQIBAN DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA

Pelaksanaan Pengajian Rutin Manaqiban TQN Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakan setiap tanggal 11 bulan Hijriah. Para ikhwan yang datang pada pengajian tersebut tidak kurang setiap bulannya sekitar 10. 000, orang dari tiap daerah dan dari luar Negeri.
Manaqiban dalam TQN merupakan amalan syahriyyah artinya amalan yang harus dilakukan minimal satu bulan satu kali. Biasanya  materi manakiban terbagi pada dua bagian penting. Pertama, materi (kontens) tentang hidmah ‘amaliyah. Hidmah amaliyah ini adalah inti manakiban itu sendiri. Pelaksanaan Amalan Manaqib berjamaah paling sedikit 1 x dalam satu bulan dan susunan acara manaqib harus sesuai dengan Maklumat Nomor 50. PPS.III.1995 tanggal 11 Maret 1995 yang ditandatangani oleh Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya, K.H. A. Shohibul Wafa Tajul ‘Arifin ra. Substansi pelaksanaannya ialah meliputi:
1.      Pembukaan
2.      Pembacaan ayat suci al-Quran
3.      Pembacaan Tanbih
4.      Pembacaan Tawassul
5.      Pembacaan manqabah Syaikh ‘Abdul Qadior al-Jilani dan do’a
6.      Pembinaan pemahaman amalan / Hidmat Ilmiah
7.      Pembacaan shalawat Bani Hasyim 3x
Kedua, hidmah ‘ilmiyyah. Maksud hidmah ‘ilmiyyah adalah pembahasan  tasawuf secara keilmuan  dan pembahasan aspek-aspek ajaran Islam  secara keseluruhan. Hidmah Ilmiyah merupakan penyampaian pesan dan pengajaran yang dilakukan secara berjamaah. Dalam Hidmah Ilmiyah disampaikan tentang inti amalan Tarekat, dan selalu disampaikan atau dibacakan wasiat-wasiat guru, yaitu Tanbih. Tujuannya adalah untuk membuka wawasan keislaman para ikhwan, memperdalam ilmu ketasawufan, dan memotivasi para ikhwan agar semakin rajin (konsisten) meningkatkan amalan ajaran Islam khususnya amalan TQN Pondok Pesantren Suryalaya.
1.      Waktu
Manaqib dilaksanakan minimal satu bulan satu kali. Di Suryalaya Manaqib dilaksanakan setiap tanggal 11 pada bulan Hijriah, kecuali kalau tanggal tersebut bertepatan dengan hari Jum’at, maka pelaksanaan Manaqib bisa didahulukan yaitu pada hari sebelumnya, yaitu hari Kamis atau bisa juga dilaksanakan hari sesudahnya, yaitu hari Sabtu. Selain itu Manaqib dilaksanakan diberbagai daerah dimana para Ikhwan itu berada. Bahkan Manaqib bisa dilaksanakan di suatu daerah dengan tempat disesuaikan Masjid atau Mushola yang ada di daerah tersebut. Sehingga pelaksanaan Manaqib bisa dilaksanakan disejumlah tempat yang ada. Selain itu Manaqib banyak dilaksanakan di tiap-tiap rumah penduduk, baik di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya, maupun di daerah-daerah tempat para ikhwan itu tinggal.

2.      Dana
Kegiatan Manaqib di Pusat yaitu di Pondok Pesantren Suryalaya, dihadiri oleh para ikhwan yang datang dari berbagai daerah, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Oleh karena itu untuk menyambut dan menghormati para ikhwan dari luar daerah yang jauh dan ikhwan yang datang dari luar negeri, maka dari pihak Pesantren mempersiapkan dana untuk pelaksanaan Manaqib tersebut .
0 Komentar untuk "PENGAJIAN RUTIN MANAQIBAN DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA"

Back To Top