PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : MTs PUTERAN
Kelas / Semester : IX/ Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2017
/ 2018
Komptensi Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang
negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia
dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi,
sosial, pendidikan dan politik
4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi
antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam,
manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam
ekonomi, sosial, pendidikan dan politik
|
48 JP
|
1
|
3.2 Menganalisis perubahankehidupansosialbudaya Bangsa Indonesia
dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
4.2. Menyajikan hasil analisis tentang perubahankehidupansosialbudaya
Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh
kehidupan kebangsaan.
|
36 JP
|
2
|
3.3. Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi
penduduk, transportasi, lembagasosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan
kesejahteraan masyarakat.
4.3. Menyajikan hasil analisis tentang Ketergantungan antarruang dilihat
dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya
terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembagasosial dan ekonomi,
pekerjaan, pendidikan, dankesejahteraanmasyarakat.
|
36 JP
|
3
|
3.4. Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang
(geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal
kemerdekaan sampai awal reformasi.
4.4. Menyajikan hasil analisis kronologi,
perubahandankesinambunganruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial,
budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.
|
40 JP
|
……………...…., ... Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah ………………. Guru
Mata Pelajaran,
……………………………… ………………………………
NIP/NRK. - NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 Komentar untuk "PROGRAM TAHUNAN IPS KELAS 9 2018"