ads
ads

Cara Membersihkan Hadas Besar dan Kecil Lengkap dengan petunjuk gambar

Cara Membersihkan Hadas Besar dan Kecil


Tentang tatacara membersihkan hadas, Allah swt berfirman dalam Q.S. Al-Maidah ayat 6 :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا قُمۡتُمۡ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغۡسِلُواْ وُجُوهَكُمۡ وَأَيۡدِيَكُمۡ إِلَى ٱلۡمَرَافِقِ وَٱمۡسَحُواْ بِرُءُوسِكُمۡ وَأَرۡجُلَكُمۡ إِلَى ٱلۡكَعۡبَيۡنِۚ وَإِن كُنتُمۡ جُنُبٗا فَٱطَّهَّرُواْۚ وَإِن كُنتُم مَّرۡضَىٰٓ أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوۡ جَآءَ أَحَدٞ مِّنكُم مِّنَ ٱلۡغَآئِطِ أَوۡ لَٰمَسۡتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُواْ مَآءٗ فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدٗا طَيِّبٗا فَٱمۡسَحُواْ بِوُجُوهِكُمۡ وَأَيۡدِيكُم مِّنۡهُۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجۡعَلَ عَلَيۡكُم مِّنۡ حَرَجٖ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمۡ وَلِيُتِمَّ نِعۡمَتَهُۥ عَلَيۡكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ ٦
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”
Ayat tersebut menerangkan bahwa cara mem
bersihkan hadas adalah dengan berwudlu dan mandi jinabat. Jika saat hendak bersuci sulit menemukan air, diperbolehkan untuk bertayamum. Selanjutnya cara untuk menghilangkan hadas adalah :
1.    Wudlu

Cara membersihkan hadas kecil adalah dengan berwudlu.
Doa setelah berwudlu adalah sebagai berikut :


Artinya:
“ aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat, jadikanlah aku termasuk orang yang membersihkan diri, dan jadikanlah aku termasuk dari hamba-hamba-Mu.
2.    Mandi Wajib
Cara menghilangkan hadas besar adalah dengan mandi.
3.    Tayamum
Tayamum adalah pengganti wudlu atau mandi besar saat seseorang tidak dapat melakukannya karena alasan tertentu. Sebab-sebab diperbolehkan tayamum adalah :
a.    Karena tidak ada air yang mencukupi untuk berwudlu
b.    Karena tidak mampu menggunakan air (sakit parah)
c.    Ada air, tetapi untuk kepentingan yang lebih penting sekarang atau di masa depan (air yang hanya cukup untuk air minum)
d.    Dalam keadaan bahaya, jika mencari air harta dapat hilang
e.    Dalam cuaca yang sangat dingin sehingga air menjadi sangat dingin
f.    Tidak ada alat untuk mendapatkan air.
0 Komentar untuk "Cara Membersihkan Hadas Besar dan Kecil Lengkap dengan petunjuk gambar"

Back To Top