ads
ads

Contoh Proposal PTK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JENIS STAD (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Pengadilan 3 Jl. Tarumanegara No.16 Desa Empangsari Kecamatan Tawang Kabupaten Tasikmalaya )


A. Latar Belakang Masalah
Dalam menghadapi tantangan era globalisasi saat ini, kiranya diperlukan suatu inovasi baru dalam dunia pendidikan guna menghasilkan manusia yang berkualitas dan unggul agar siap untuk berkompetisi, mampu bertahan hidup (survive) dan memberikan warna dalam kehidupan ini. Kompetisi merupakan prinsip hidup yang baru, karena dunia begitu terbuka dan kompetitif untuk melaksanakan sesuatu yang lebih baik.
Pendidikan merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan manusia, sehingga di era globalisasi saat ini kita perlu mencari paradigma baru mengenai pendidikan dan apa yang dihasilkan dari suatu pendidikan. Soedijarto (1993 : 125) mengemukakan, setidaknya ada 3 (tiga) indikator utama dari hasil pendidikan berkualitas yang tercermin dari kemampuan pribadi lulusannya, yaitu : 1) kemampuan untuk bertahan dalam kehidupan, 2) kemampuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan, baik segi sosial-budaya, politik, ekonomi dan fisik biologis dan 3) kemampuan untuk belajar terus pada pendidikan lanjutan.
Sehubungan dengan hal di atas, Tilaar (1999 : 55) mengemukakan bahwa kehidupan manusia di abad ke-21 diarahkan kepada terciptanya masyarakat madani (civil society), yakni suatu masyarakat yang mengenal hak dan kewajiban masing-masing anggota dan secara bersama-sama bertanggung

jawab terhadap umat manusia. Seluruh umat manusia membangun masyarakat madani, dimana perdamaian dan keadilan menjadi nilai-nilai tertinggi. Oleh karena itu, kemampuan bekerjasama (teamwork) dan jaringan-jaringan kerjasama (network) sangat diperlukan, mengingat kemampuan spesifik setiap individu secara keseluruhan, bila dikembangkan melalui suatu teamwork dapat menghasilkan produk-produk yang lebih unggul dan network semakin diperlukan karena manusia hidup berhubungan satu dengan lainnya.
Uraian di atas mengisyaratkan bahwa dunia pendidikan perlu melakukan perubahan paradigma, khususnya dalam setiap pembelajaran, yaitu dari paradigma yang berorientasi pada ‘mengajar’ kepada paradigma ‘belajar’. Interaksi yang terjadi, baik secara individual maupun sosial menempatkan interaksi ‘teman sebaya’ menjadi sangat penting dan bagian inilah yang digunakan sebagai awal untuk membangun pembelajaran yang didasarkan pada paradigma belajar dalam pembelajaran (Setyono 2003 : 1).
Bertolak dari deskripsi di atas, peneliti sebagai guru yang dituntut bersikap profesional merasa tergugah untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehubungan beragam masalah yang masih mengiringi pembelajaran matematika di sekolah yang bermuara pada tingkat keberhasilan siswa yang masih rendah, yakni MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM
MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT
MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JENIS STAD (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V  SDN Pengadilan 3 Jl. Tarumanegara No.16 Desa Empangsari Kecamatan Tawang Kabupaten Tasikmalaya ) dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65, siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 57,14% dari 14 siswa.

Oleh karenanya, peneliti mencoba mengenali beberapa masalah yang timbul selama proses pembelajaran di kelas. Untuk itu, peneliti mengambil kegiatan penelitian yang dilakukan dalam suatu materi terkait sebagai sampel dari materi-materi yang ada.
Pada saat penelitian, didapatkan beberapa masalah sebagai berikut :
1.    Motivasi dan minat belajar siswa masih rendah.
2.    Koordinasi antarsiswa belum solid.
3.    Proses pembelajaran masih didominasi oleh guru.
4.    Kurangnya kemampuan mengingat siswa.
5.    Kurangnya pendekatan guru.
6.    Tidak tepatnya metode pembelajaran yang digunakan karena masih menggunakan pembelajaran konvensional.
B. Identifikasi dan Batasan Masalah
Penulis melakukan telaah mendalam untuk mengidentifikasi masalah yang dialami dan dirasakan. yaitu :
1.    Prestasi belajar siswa rendah
2.    Rendahnya penguasaan siswa pada konsep operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat
3.    Tidak tepatnya metode pembelajaran yang digunakan karena masih menggunakan pembelajaran konvensional
4.    Diperlukan metode atau pendekatan alternatif dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa

Berdasarkan pengamatan maka dapat dikemukakan permasalahan untuk diteliti pada Penelitian Tindakan Kelas yang akan dilakukan, yaitu : Apakah penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dalam menyelesaikan soal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat?
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan analisis masalah yang telah dikemukakan, peneliti berusaha mendapatkan akar permasalahan dalam pembelajaran sebagai bahan penelitian. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi dan penyelesaian yang tepat agar proses dan hasil pembelajaran dapat mengalami peningkatan, baik segi kualitas maupun kuantitas.
Adapun rumusan masalah peneliti sebagai berikut :
a.    Bagaimana perencanaan peningkatan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal oprasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat melalui pembelajaran kooperatif ?
b.    Bagaimana pelaksanaan peningkatan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal oprasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat melalui pembelajaran kooperatif ?
c.    Bagaimana hasil belajar atau prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal oprasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat melalui pembelajaran kooperatif ?

D. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan
Penelitian perbaikan pembelajaran, dimana esensinya merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut :
a.    Menemukan sisi kelemahan, kemudian memperbaikinya, sehingga apa yang diharapkan, yakni pembelajaran bermakna (khususnya, koordinasi antarsiswa) dapat tercapai.
b.    Menganalisis dampak perbaikan terhadap hasil belajar siswa.
c.    Mengubah paradigma belajar sehingga memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar
2. Manfaat
Hasil penelitian perbaikan pembelajaran ini diharapkan akan memberikan kontribusi pemikiran dan pengetahuan bagi beberapa pihak, antara lain :
a. Bagi guru
1.    Mampu mempersiapkan rencana pembelajaran dengan matang.
2.    Mampu melakukan berbagai variasi metode dalam proses pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada kerja kelompok (teamwork).
3.    Dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai masalah yang timbul di dalam kelas.

4. Dapat memilih solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang timbul dalam proses pembelajaran.
b. Bagi siswa
1.    Terciptanya soliditas antarsiswa.
2.    Meningkatnya motivasi dan minat belajar.
3.    Tumbuhnya suasana pembelajaran yang mengesankan.
4.    Munculnya pengalaman pembelajaran.
5.    Terbentuknya suatu pembelajaran yang terintegrasi dengan kehidupan.
c. Bagi sekolah
1.    Dapat menggunakan hasil penelitian untuk mengatasi masalah serupa yang sangat mungkin terjadi di semua kelas.
2.    Dapat menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang benar-benar sesuai dengan kondisi siswa dan lingkungan sekolah, termasuk memperhatikan semua kekurangan dan keterbatasan yang ada.
0 Komentar untuk "Contoh Proposal PTK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JENIS STAD (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Pengadilan 3 Jl. Tarumanegara No.16 Desa Empangsari Kecamatan Tawang Kabupaten Tasikmalaya )"

Back To Top