ads
ads

DZIKIR KEPADA ALLAH MENDATANGKAN RIZQI YANG MELIMPAH

DZIKIR KEPADA ALLAH MENDATANGKAN RIZQI YANG MELIMPAH


Allah telah menanggungjawab rizki semua manusia, baik manusia mukmin maupun manusia kafir, baik orang merdeka maupun hamba sahaya. Allah berfirman QS. Ibrahim : 35 :
وَإِذۡ قَالَ إِبۡرَٰهِيمُ رَبِّ ٱجۡعَلۡ هَٰذَا ٱلۡبَلَدَ ءَامِنٗا وَٱجۡنُبۡنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعۡبُدَ ٱلۡأَصۡنَامَ ٣٥
“ Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.”
Allah berjanji atas hal itu dalam kitabnya yang mulia, sehingga tenanglah hati manusia, Allah bertanggungjawab atas realisasinya, dan Allahlah yang mewujudkan manusia dalam alam kehidupan ini, kemudian Allah pula yang mengadakan  hisab pada hari kiamat nanti.
وَفِي ٱلسَّمَآءِ رِزۡقُكُمۡ وَمَا تُوعَدُونَ ٢٢
“ Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu.”
Malahan kecuali ayat tadi, masih terdapat ayat lain yang menerangkan sumpah Allah menyangkut rizki orang yang beriman.
Setelah terbukti Islam sebagai agama, agama amal dari segi kehidupan, dan agama ibadah dari segi akhirat, maka Allah memberikan ketenangan kepada orang-orang yang berusaha mendekati rumah-Nya untuk melaksanakan solat karena ingat kepadanya, Allah memberi ketenangan kepada mereka bahwa waktu yang mereka gunakan tidak akan mengurangi rizki mereka, bahkan sebaliknya, Allah memberi kabar gembira dengan rizki yang banyak sebagai buah dari dzikir yang dilakukannya. Allah berfirman :
لِيَجۡزِيَهُمُ ٱللَّهُ أَحۡسَنَ مَا عَمِلُواْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضۡلِهِۦۗ وَٱللَّهُ يَرۡزُقُ مَن يَشَآءُ بِغَيۡرِ حِسَابٖ
“ (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.”
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوۡمِ ٱلۡجُمُعَةِ فَٱسۡعَوۡاْ إِلَىٰ ذِكۡرِ ٱللَّهِ وَذَرُواْ ٱلۡبَيۡعَۚ ذَٰلِكُمۡ خَيۡرٞ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ ٩
“ Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum´at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
وَإِذَا رَأَوۡاْ تِجَٰرَةً أَوۡ لَهۡوًا ٱنفَضُّوٓاْ إِلَيۡهَا وَتَرَكُوكَ قَآئِمٗاۚ قُلۡ مَا عِندَ ٱللَّهِ خَيۡرٞ مِّنَ ٱللَّهۡوِ وَمِنَ ٱلتِّجَٰرَةِۚ وَٱللَّهُ خَيۡرُ ٱلرَّٰزِقِينَ ١١
“ Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: "Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan", dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.”
0 Komentar untuk "DZIKIR KEPADA ALLAH MENDATANGKAN RIZQI YANG MELIMPAH "

Back To Top