ads
ads

Merajut Tas Membantu Kesejahteraan Keluarga

Keterampilan Merajut Membantu Kesejahteraan Keluarga



Pernahkah kamu mendengar cerita tentang merajut yang digambarkan nenek tua yang duduk di kursi goyang dengan kacamata tebal dan gulungan benang rajutan dipangkuannya? Bagi sebagian orang, bayangan seperti ini masih kuat melekat di pikiran. Merajut sering diidentikan dengan kegiatan orang tua. Namun, untuk sebagian besar orang zaman sekarang, stereotype seperti itu sudah lama pudar. Sekarang, merajut menjadi tren tersendiri bagi kaum muda yang kebetulan mulai jatuh cinta dengan rajutan. Dengan ditandai tumbuh dan kembangnya komunitas merajut di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya , komunitas merajut di kota-kota Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.
Bagi kaum yang awam dengan rajutan, melhat proses merajut sepertinya rumit dan melelahkan. Namun, begitu ada dorongan kuat untuk mencoba dan merasakan prosesnya, tidak jarang menjadi ketagihan untuk terus merajut. Ada perasaan sedikit penasaran tentang rajutan sudah cukup bagi seseorang untuk ikut menyimak serba-serbi dunia rajutan.
Konon, kegiatan merajut ini pertama kali dilakukan oleh kaum pria di tanah Arab di Timur Tengah untuk membuat permadani yang diperdagangkan. Keterampilan merajut tersebut dari masa ke masa kemudian menyebar ke penjuru dunia. Keterampilanmerajut disebut juga denganistilah haken (merenda) dan breien (merajut).
Produk-prduk yang biasanya dibikin rajutan adalah topi, kaus kaki, sarung tangan, sepatu bayi, baju, syal,tas, dompet, bros, baju hangat, selimut dan lain-lain.
Manfaat dari keterampilan merajut adalah kita tanpa sadar kita melatih fokus, kesabaran dan ketekunan, sehingga menyehatkan pikiran dan membuat badan lebih terasa santai. Maka , sebaiknya saat merajut, gunakan waktu yang luang.
a.    Alat Produksi Rajutan
Alat produksi rajutan terdiri dari :


b.    Bahan Produksi Rajutan
Untuk membuat rajutan, bahan dasar yang digunakan adalah benang. Benang yang digunakan untuk merajut banyak jenisnya, dari yang berharga murah sampai yang mahal sesuai kualitas dan kebutuhannya. Ada benang bertekstur halus dan lembut, ada benang rayon, benang akrilik, benang mohair yang berbulu dan cocok untuk membuat syal.
c.    Proses Pembuatan Kerajinan Rajut
Membuat rajutan sangat mengasikan jika kamu membuat produk yang fungsinya sangat sangat dibutuhkan oleh kamu sendiri. Oleh sebab itu, pilihlah bentuk rajutan yang sederhana yang mampu kamu lakukan, misalnya sarung HP, tempat pensil, bandana, tas tangan, atau syal.
0 Komentar untuk "Merajut Tas Membantu Kesejahteraan Keluarga"

Back To Top