ads
ads

Pengertian Thaharah dan Hukum Taharah serta contohnya

Pengertian dan Hukum Taharah dan contohnya


Menurut etimologi (bahasa), taharah adalah bersih  atau suci. Menurut terminologi (istilah), Islam taharah artinya bersih dari kotoran, najis, dan hadas.
Taharah hukumnya wajib berdasarkan al-Quran dan Sunah Nabi Muhammad SAW.
Firman Allah QS. Al-Maidah Ayat : 6
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا قُمۡتُمۡ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغۡسِلُواْ وُجُوهَكُمۡ وَأَيۡدِيَكُمۡ إِلَى ٱلۡمَرَافِقِ وَٱمۡسَحُواْ بِرُءُوسِكُمۡ وَأَرۡجُلَكُمۡ إِلَى ٱلۡكَعۡبَيۡنِۚ وَإِن كُنتُمۡ جُنُبٗا فَٱطَّهَّرُواْۚ وَإِن كُنتُم مَّرۡضَىٰٓ أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوۡ جَآءَ أَحَدٞ مِّنكُم مِّنَ ٱلۡغَآئِطِ أَوۡ لَٰمَسۡتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُواْ مَآءٗ فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدٗا طَيِّبٗا فَٱمۡسَحُواْ بِوُجُوهِكُمۡ وَأَيۡدِيكُم مِّنۡهُۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجۡعَلَ عَلَيۡكُم مِّنۡ حَرَجٖ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمۡ وَلِيُتِمَّ نِعۡمَتَهُۥ عَلَيۡكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ ٦
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”
Rasulullah SAW bersabda :
ل
ا تقبل صلاة بغير طهور (رواه مسلم)
“ Salat (yang dilakukan) tanpa bersuci tidak diterima.”
Taharah berkaitan dengan sah atau tidaknya pelaksanaan ibadah yang wajib seperti salat atau ibadah lainnya. Hal itu menunjukkan betapa Islam sangat mementingkan kebersihan pribadi Umatnya.
Taharah ada dua macam :
1.    Taharah lahir, yaitu taharah dari kotoran, najis dan hadas
2.    Taharah batin, yaitu taharah membersihkan jiwa dari pengaruh dosa dan maksiat.
0 Komentar untuk "Pengertian Thaharah dan Hukum Taharah serta contohnya "

Back To Top