ads
ads

Contoh Proposal Pembangunan Mesjid

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG 
Sesungguhnya segala puji hanyalah milik Allah SWT. Kita memohon pertolongan-Nya dan ampunan serta perlindungan-Nya dari segala keburukan dan kelemahan. Barangsiapa yang diberi hidayah-NYA, tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi, dan barangsiapa yang tidak mendapat hidayah, tidak ada sesuatu pula yang mampu menolongnya. Subhanallahi walhamdulillahi walaa ilaha illallah wallahu akbar.
Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menyampaikan risalah-Nya, memberi nasehat dan membawa umat menuju kesempurnaan hidup lahir batin, dunia akhirat. Kita berharap termasuk umatnya yang mendapat syafa'at Beliau, nanti di Yaumil Akhir. Amin
Berangkat dari kondisi Mesjid Al-Ikhlas saat ini yang memang sudah sangat membutuhkan banyak perbaikan dan tidak memadainya kondisi fisik bangunan untuk mendukung kegiatan ibadah dan pembinaan ke-Islaman Siswa. Untuk itu Kami Pengurus yayasan Amal Iklhas Mandiri selaku Yayasan yang menaungi sepakat untuk membuat bangunan yang lebih layak untuk beribadah .
Seperti kita pahami bahwa sejak zaman Rasulullah Muhamad SAW, masjid bukan hanya tempat ibadah tetapi merupakan pusat kegiatan berdimensi luas. Ketika Rasulullah Saw dan para sahabatnya Hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau singgah di suatu tempat yang dikenal dengan Quba. Disinilah Rasulullah membangun sebuah mesjid yang diberi nama Mesjid Quba. Begitu juga ketika sampai di Madinah Rasulullah membangun Mesjid Nabawi. Ini semua menunjukan bahwa mesjid memiki kedudukan yang sangat penting bagi kaum muslimin.
Di zaman Rasulullah Saw, mesjid menjadi sarana untuk memperkokoh iman dan pembinaan para sahabatnya. Disamping itu, mesjid juga digunakan sebagai sarana peribadatan dan tempat mengkaji ajaran Islam. Allah berfirman :

"Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah, yang beriman kepada Allah dan hari akhir serta mendirikan shalat, mengeluarkan zakat dan tidak takut melainkan kepada Allah. Lantaran itu mudah-mudahan mereka menjadi orang-orang yang mendapat petunjuk". (QS. At-Taubah:18)
Mesjid  Al - Ikhlas, terletak di Desa Puteran Kec. Pagerageung Kab. Tasikmalaya yang berdiri sejak tahun 1984  di atas tanah seluas 120 m2, termasuk tempat berwudhu’. Keadaan ini dirasa sangat tidak memadai dengan jumlah siswa, guru dan karyawan serta berkembangnya  program kegiatan keagamaan di sekolah yang dilaksanakan oleh siswa dibawah bimbingan guru. Dengan demikian, timbullah hasrat untuk mengembangkan Masjid Al-Ikhlas.
 Selengkapnya silahkan Klik Disini
0 Komentar untuk "Contoh Proposal Pembangunan Mesjid"

Back To Top