ads
ads

Bulan Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang disebut dalam Al-Quran


RAMADHAN, artinya sangat panas. Bulan Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang disebut dalam Al-Quran, yang memiliki keutamaan, kesucian, dan aneka keistimewaan. Hal itu dikarenakan peristiwa-peristiwa peting seperti : Allah menurunkan ayat-ayat Al-Quran pertama kali, ada malam Lailatul Qadar, yakni malam yang sangat tinggi nilainya, karena para malaikat turun untuk memberkati orang-orang beriman yang sedang beribadah, bulan ini ditetapkan sebagai waktu ibadah puasa wajib, pada bulan ini kaum muslimin dapat rnenaklukan kaum musyrik dalarn perang Badar Kubra dan pada bulan ini juga Nabi Muhammad saw berhasil mengambil alih kota Mekah dan mengakhiri penyembahan berhala yang dilakukan oleh kaum musyrik.Amalan penting di bulan Ramadhan adalah yang pertama kewajiban melaksanakan puasa sebulan penuh sebagaimana Alloh SWT berfirman “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS.Al-Baqarah :183)

Bulan Ramadhan merupakan bulan berkat, bulan rahmat, bulan ampunan serta punya banyak kelebihan. Tujuannya menyuburkan rasa tanggungjawab dan rasa ingin menambahkan ibadah untuk mencari keridhaan Allah sepanjang Ramadhan ini, Rasulullah SAW bersabda “Apabila telah tiba Ramadhan, dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup semua pintu neraka dan diikat semua syaitan. “ (HR Imam Bukhari,Muslim, Nasa'i,Ahmad-Baihaqi )
Keutamaan Bulan Ramadhan
Ada 5 Amal Ibadah Mulia di Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, rahmat , ampunan, pada bulan ini tiap amal ibadah umat muslim balasannya akan dilipatgandakan. Betapa beruntungnya bila kita sebagai umat Islam dapat memanfaatkan momen ini sebagai ladang pahala, dengan melaksanakan yang wajib dan mengisi kegiatan sehari-hari dengan amal ibadah yang sunat, InsyaAllah kita termasuk golongan orang-orang beruntung. Di antaranya yang pertama, membaca Al-Qur’an, diriwayatkan, membaca Al-Quran pada bulan Ramadhan memiliki keutamaan bahwa tiap huruf yang kita baca akan mendapat pahala sebanyak 27 kali. Yang ke dua Sedekah, penyempurna ibadah puasa Ramadhan lainnya ialah bersedekah. Diriwayatkan dalam hadist shahih Rasulullah ditanya: “sedekah manakah yang paling utama? beliau menjawab: Sedekah di Bulan Ramadhan.” (H.R. Turmudzi). Yang ke Tiga Shalat Tarawih, Shalat tarawih ini dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad saw: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan puasa Ramadhan dan aku telah mensunatkan qiyamnya (shalat di malam harinya). karena itu, barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat dimalam harinya karena iman dan mengharap pahala serta ridha Allah, maka keluarlah dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya” (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi). Yang ke empat Shalat Witir, sholat witir hukumnya sunnah muakad dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw untuk dilakukan tiap malam.Yang ke lima ‘Itikaf, yaitu berdiam sejenak di masjid dengan niat itikaf. ibadah ini disunahkan dilakukan pada setiap waktu, terutama pada sepuluh hari terakhir karena pada 10 terakhir Ramadhan dan malam-malam ganjil terdapat malam “lailatul Qadr.”
0 Komentar untuk "Bulan Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang disebut dalam Al-Quran"

Back To Top