ads
ads

Pencuri Terjahat


Pencuri Terjahat

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

أَسْوَأُ النَّاسِ سَرِقَةً الَّذِي يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ، قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ؟ قَالَ: لاَ يُتِمُّ رُكُوْعُهَا وَلاَ سُجُوْدُهَا.

“Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari shalatnya”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari shalat?”. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam berkata, “Dia tidak sempurnakan ruku dan sujudnya.” (HR. Imam Ahmad no 11532)


Hadits tersebut  mengkategorikan orang yang shalat tapi tidak menyempurnakannya, sebagai pencuri dalam shalat.
 Di antara tanda pencuri dalam shalat Rosululloh Saw.  menyatakan, bila ia rukuk dan sujud tidak sempurna; tidak sempurna dalam bacaan dan gerakannya.
Ibarat yang Rasululloh Saw. tegaskan sebagai bentuk “pencurian” yang paling buruk adalah, karena biasanya kita memahami pencuri adalah yang  mengambil sesuatu yang bukan haknya, atow milik orang lain, bukan mengambil milik sendiri. Sementara, orang yang mencuri dalam shalatnya, 
 sejatinya ia mencuri miliknya sendiri; mencuri ruh dan makna shalatnya.

 Demikian  juga karena ia mencuri yang sejatinya tidak boleh dicuri, yaitu ruh, nilai, makna, ajaran Rasul dalam shalat, yaitu khusyuk, thuma’ninah dengan menjaga kesempurnaan rukuk dan sujud. 

Semoga Alloh Swt.  Memberi kekuatan kepada kita sehingga dapat khusu' ketika beribadah, aamieenn
0 Komentar untuk "Pencuri Terjahat"

Back To Top