ads
ads

ISLAM MELARANG KASAR TERHADAP WANITA.

ISLAM MELARANG KASAR TERHADAP WANITA.

Bersabda Rosululloh Saw.:

إِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلْعٍ، وَِإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلْعِ أَعْلاَهُ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهُ كَسَرْتَهَا، وَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اسْتَمْتَعْتَ وَفِيْهَا عِوَجٌ

“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.”(HR. Imam Bukhari no. 3331 dan Imam Muslim no. 3632).


Sebagian orang mungkin menganggap wanita sebagai racun dunia. Namun dalam Islam, wanita diibaratkan layaknya perhiasaan dunia. Wanita itu adalah sosok yang istimewa. Mereka begitu tegar dan kuat dan indah. Namun di sisi lain, mereka bisa berubah menjadi sangat rentan serta rapuh. Hal ini karena wanita cenderung menggunakan perasaan dibandingkan logika. Lantas, bagaimana sebaiknya sikap laki-laki dalam menghadapi sikap wanita yang demikian?

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘alayhi Wasallam bersabda:“Berbuat baiklah kepada Wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Maka sikapilah para Wanita dengan baik.”
(HR.  Umam Bukhari).

Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk berbuat kasar kepada wanita. Seorang wanita memiliki perasaan yang lembut dan sangat mudah tersentuh. Sedikit saja mereka disakiti maka mereka akan sakit hati. Maka itu, wanita harus diperlakukan secara baik. Apabila wanita melakukan kesalahan, jangan dihadapi dengan kemarahan yang keras. Percuma, perilaku itu tidak akan membuatnya patuh justru wanita akan semakin memberontak dan sedih.

0 Komentar untuk "ISLAM MELARANG KASAR TERHADAP WANITA."

Back To Top