ads
ads

Keutamaan mengucap aamiin dalam shalat


Keutamaan mengucap aamiin dalam shalat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قَالَ الْقَارِئُ )غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ (فَقَالَ مَنْ خَلْفَهُ آمِيْنَ فَوَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ أَهْلِ السَّمَاءِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda : Apabila pembaca mengucapkan, 'Ghairil Maghdhubi Alaihim waladh-Dhaallin {bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.}' lalu orang yang di belakangnya mengucapkan, 'Aamiin' lalu perkataannya bersesuaian dengan perkataan penduduk langit, niscaya dosanya yang telah lalu diampuni. (HR. Imam Muslim no. 947)

Sodara-saudara ku yang Budiman!
Diantara amalan dalam shalat yang perlu diperhatikan  sering dianggap remeh oleh sebagian kaum Muslimin yaitu mengucapkan kata “amien” dalam shalat . Terkadang ada yang males mengucapkannya, padahal urgensitas ucapan “amîn” ini, Mnurut Ibnul Qayyim rahimahullah, “Mengucapkan “amien” (ta’mîn) adalah perhiasan shalat seperti mengangkat kedua tangan yang merupakan perhiasan shalat. Juga termasuk mengikuti sunnah dan mengagungkan perintah Allâh Swt.”
Dinukil dari kitab Ash-Shalat wa hukmu târikiha, hlm 206.
Oleh karenanya, spatutnya kita harus trus tingkatkan kekhusuan shalat kita. 

0 Komentar untuk "Keutamaan mengucap aamiin dalam shalat"

Back To Top