ads
ads

Mendoakan Mayat Setelah Dikubur.



Mendoakan Mayat Setelah Dikubur itu dianjurkan, karena mayat yang ada di alam kubur itu sangat membutuhkan doa. Dia akan ditanya oleh dua malaikat (Munkar dan Nakir) tentang Siapa Tuhannya, Kiblatnya, tentang Imamnya (Pemimpin hidup/pedoman hidup), dan tentang saudaranya (Muslim dan Muslimat).


عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ كَانَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا فَرَغَ مِنْ دَفْنِ الْمَيِّتِ وَقَفَ عَلَيْهِ فَقَالَ اسْتَغْفِرُوْا لِأَخِيْكُمْ وَسَلُوْا لَهُ التَّثْبِيْتَ فَإِنَّهُ اْلآنَ يُسْأَلُ

Dari Utsman ra, ia berkata : Rasulullah saw apabila telah selesai mengubur mayat, beliau berdiri di atas kubur dan bersabda : Mohonkanlah ampunan untuk saudaramu dan mintakan ketetapan iman, karena ia sekarang sedang ditanya.  (HR. Imam Abu Daud no. 3223, dan Imam Baihaqi no. 7315)

Bila kita menghantar yang meninggal, seusai dikuburkan, maka jangan buru-buru balik kanan, tapi Kita do'akan terlebih dahulu, seperti halnya yang dicontohkan oleh Rosul, talqien mayyit terlebih dahulu terus baca Surat Yaasin dan seterusnya.
0 Komentar untuk "Mendoakan Mayat Setelah Dikubur."

Back To Top