ads
ads

Proses Pengolahan / Pemerasan Madu Asli

Allah SWT., sudah menyediakan buat hambanya apapun yang ada di muka bumi ini termasuk penyediaan madu asli yang diambil dari madunya Lebah. Khasiat dari madu tidak sekedar untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Namun lebih dari itu, jika kita mengambil hikmah dari surat An-Nahl ayat 69, kita akan mengetahui bahwa produk dari lebah yang dapat dijadikan obat itu tidak terbatas hanya pada madunya saja.
Namun, banyak hasil olahan lebah yang tidak kalah bermanfaat, diantaranya dapat berupa royal jelly, tepung sari (bee pollen) dan propolis lebah.
ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسۡلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلٗاۚ يَخۡرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٞ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٞ لِّلنَّاسِۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ ٦٩ 
“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.( Q.S. Al-Nahl : 69)

Pengolahan Madu Asli memang tidaklah gampang, kalu dilihat dan diceritakan dari mulai pencarian madu itu sendiri. Namun dalam hal ini saya informasikan cara pemerasan madu asli yang baru diambil dari hutan oleh sang pencari madu. Sebetulnya sangat sederhana lihat saja proses pemerasan madu di bawah ini :

Selanjutnya Cara Pemerasannya
0 Komentar untuk "Proses Pengolahan / Pemerasan Madu Asli"

Back To Top