Panduan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2022
Pada saat ini kegiatan riset di Indonesia merupakan bagian
dari pembangunan sumber daya manusia (SDM). Salah satu kewajiban dosen sebagai
pengemban tridarma perguruan tinggi ialah penelitian. Publikasi ilmiah
merupakan luaran penelitian atau pemikiran yang ditulis dan disebarluaskan
dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan. Selain karya yang dihasilkan
harus bermutu, wahana publikasi juga harus dipilih sesuai dengan kriteria yang
menjamin kelayakan suatu naskah, baik dari segi substansi maupun tampilan,
sesuai dengan standar dan kaidah yang telah ditentukan. Dari sisi wahana
publikasi, jumlah jurnal nasional bereputasi internasional dan terindex dalam
basis dataScopus meningkat dari 0 (tahun 2014) menjadi 109 (tahun 2021). Jurnal
nasional yang terindeks di Directory of Open Access Journal (DOAJ) meningkat
tajam dari 76 (tahun 2014) menjadi 1875 (tahun 2022), menduduki peringkat kedua
di dunia. Jurnal nasional terakreditasi seluruh peringkat meningkat dari 333
menjadi 6942 dalam kurun tujuh tahun tersebut. Pada tingkat nasional,
pertumbuhan jurnal nasional yang masuk dalam pembinaan meningkat dari tahun
2014 ke tahun 2021 yakni dari 333 menjadi 6942 jurnal, untuk semua kategori.
Peringkat 3 sampai 6 masuk ke peringkat 2 selama lima tahun terakhir
menunjukkan kenaikan yang menggembirakan. Akan tetapi, tidak sedikit jurnal
pada peringkat 3 sampai 6 yang masih perlu ditingkatkan kualitasnya.
Permasalahan yang dihadapi oleh jurnal pada peringkat 3 hingga 6 selain karena
segi pengelolaan yang kurang, adalah juga dampak dari kualitas naskah yang
belum layak diterbitkan.
Untuk lebih lengkapnya Silahkan klik di sisni
https://drive.google.com/file/d/1zKcefivFQ0gfF1XwSdo96r71x0fp34QX/view?usp=sharing
0 Komentar untuk "Panduan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2022"