ads
ads

EVALUASI DALAM PENDIDIKAN

EVALUASI DALAM PENDIDIKAN 

 A. Pendahuluan

Memang tidak semua orang mnyadaari bahwa setiap saat kita dapat melakukan pekerjaan evaluasi. Dalam beberapa kegiatan sehari-hari, kita jelas0jelas mengadakan pengukuran sdan penilaian. Dari dua kalimat di atas, kita sudah menemui tiga buah istilah, yaitu evaluasi, pengukuran, dan enilaian. Sementara orang memang lebih cenderung mengartikan ketiga kata atersebut sebagai suatu pengertian yang sama sehingga dalam memakainyua hanya tergantung darikata mana yang sedang siap untuk diucapkannya. Akan tetapi sementara orang yang lain, membedakan kaetig istilah tersebut. Dan untuk memehami apa apersamaan dan perbedaan ataupun hubungan anatara ketiganya, dapat diikuti uraian berikut.

B. Pengertian Evaluasi
Bila seorang disuruh memilih dua buah pensil yang satu panjang dan yang satu pendek, maka orang tersebut akan memilih dua pensil tersebut dengan cara membandingkan  kedunya, yakni mengukur pensil tersebut. Dilain pihak seorang bila ingin membeli jeruk, maka orang itu akan memilih dengan mempertimbangkan jeruk maka yang dirasa manis dan tidak manis, denganc ara melihat beberapa kemungkinan dari  jeruk yang diperkirakan manis bila dimakan, misalnya jeruk yang kuning, berkulit tipis, empuk dan seterusnya.
Dengan demikian kita mengenal dua macam ukuran, yakni ukuran yang terstandar dan  ukuran tidak terstandar (meter, kilogam, takaran, depa, jengkal, langkah, dsb.) dan ukuran perkiaan (manis, pedas, besar, halus dsb.). Kegiatan orang menentukan pensil yang akan dipilih, dinamakan kegiatan mengukur atau pengukuran, sedangkan kegiatan orang memilih jeruk yang manis adalah kegiatan menilai mana jerukyang manis atau kegiatan penilaian.
Dua langakh kegiatan yang dilalui sebelum mengambil barang untuk kita, itulah dyang disebut mengedakan evaluasi, yakni mengukur dan menilai. Kita dapat melakukan penilaian sebelum kita mengadakan pengukuran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : Mengukur  dalah membandingkan sesuatudengan satu ukuran. Ukuran bersifat kuantitatif. Menilaia  adalahmengambiul suatukeputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersift kualitatif. Mengadakan evaluasi  meliputi kedua langkah kegiatan di atas, yakni mengukurdan menilai.
Dalam bahasa asingnya, pengukuran disebur measurement, sedang penilaian dinamakan evaluation. Dari kata evaluation ini  diperoleh kata evaluasi yang digunakan dalam bahasa Indonesia yang berarti menilai yang  dilakukan tidak dengan mengukur terlebih dahulu. Jadi dalama Bahasa Indonesia Evaluasi sama dengan menilai (atau penilaian). Selanjutnya evaluasi dalam makalah ini adalah evaluasi yang dilakukan dalam dunia pendidikan, yakni penilaian terhadap kegiatan pendididikan di sekolah,  dan lebih sempit lagi evaluasi yang dilakukan oleh guru setelah melakukan pembelejaran di kelas.
0 Komentar untuk "EVALUASI DALAM PENDIDIKAN "

Back To Top