ads
ads

SKI DI MTs KOMPETENSI DASAR (KD) SKI KELAS IX

SKI DI MTs KOMPETENSI DASAR (KD) SKI KELAS IX



KELAS IX SEMESTER GANJIL 

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Menghargai nilai-nilai perjuangan Walisongo dalam mensyiarkan Islam.
1.2.       Menghargai usaha dakwah yang dilakukan Abdul Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyári dalam beramar ma’ruf nahi munkar.
1.3.       Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan oleh para penyebar agama Islam di Indonesia.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.       Menghargai sikap arif dan bijaksana sebagaimana sikap yang dimiliki para penyebar agama Islam di Indonesia.
2.2.       Menghargai keteladanan semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia .
2.3.       Menghargai keteladanan semangat perjuangan para penyebar agama Islam yang ikhlas dan tidak kenal lelah serta penuh kesabaran.
2.4.       Menghargai terhadap peninggalan para penyebar agama Islam dengan tidak menodai perjuangan mereka ke arah anarkhis (kekerasan).
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1.       Memahami  sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
3.2.       Memahami bukti masuknya Islam di nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3.3.       Memahami factor penyebab mudahnya perkembangan Islam di Nusantara.
3.4.       Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
3.5.       Memahami para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári)
3.6.       Memahami peran para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári)
3.7.       Menerapkan  semangat perjuangan walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
3.8.       Memahami  semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyáridalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1.      Menceritakan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.
4.2.      Menceritakan perjuangan walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
4.3.      Menceritakan kisah perjuangan walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
4.4.      Menceritakan biografi Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.




KELAS IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Menghargai tradisi dan budaya Islam merupakan bagian dari hasil kebudayaan umat Islam di Indonesia.
1.2.       Berkomitmen ikut melestarikan tradisi dan adat budaya yang Islami.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.       Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara.
2.2.       Menghargai tradisi  dan  upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1         Memahami bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
3.2         Menerapkan  seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1         Menunjukkan contoh bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura.
4.2         Mensimulasikan bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura.

0 Komentar untuk "SKI DI MTs KOMPETENSI DASAR (KD) SKI KELAS IX"

Back To Top