SKI DI MTs KOMPETENSI DASAR (KD) SKI KELAS IX
KELAS IX SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Menghargai nilai-nilai
perjuangan Walisongo dalam mensyiarkan Islam.
1.2.
Menghargai usaha dakwah yang dilakukan Abdul Rauf Singkel, Muhammad
Arsyad al-Banjari, KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyári dalam beramar
ma’ruf nahi munkar.
1.3.
Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan
Islam sebagaimana yang dilakukan oleh para penyebar agama Islam di Indonesia.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1.
Menghargai sikap arif dan bijaksana sebagaimana sikap yang dimiliki
para penyebar agama Islam di Indonesia.
2.2.
Menghargai
keteladanan semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di
Indonesia .
2.3.
Menghargai keteladanan semangat perjuangan para penyebar agama Islam
yang ikhlas dan tidak kenal lelah serta penuh kesabaran.
2.4.
Menghargai terhadap peninggalan para penyebar agama Islam dengan tidak
menodai perjuangan mereka ke arah anarkhis (kekerasan).
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1.
Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
perdagangan, sosial, dan pengajaran.
3.2. Memahami
bukti masuknya Islam di nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3.3.
Memahami factor
penyebab mudahnya perkembangan Islam di Nusantara.
3.4.
Memahami
sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
3.5.
Memahami para tokoh dan perannya dalam perkembangan
Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari,
K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári)
3.6.
Memahami peran para tokoh dalam perkembangan Islam di
Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H.
Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári)
3.7.
Menerapkan semangat perjuangan walisongo dalam
menyebarkan agama Islam di Indonesia
3.8. Memahami
semangat perjuangan Abdurrauf
Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyáridalam
menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
4. Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1.
Menceritakan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.
4.2.
Menceritakan perjuangan walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
4.3.
Menceritakan kisah perjuangan walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
4.4.
Menceritakan biografi
Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H.
Hasyim Asyári dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
KELAS IX SEMESTER
GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Menghargai tradisi dan budaya Islam merupakan bagian dari hasil
kebudayaan umat Islam di Indonesia.
1.2.
Berkomitmen ikut melestarikan tradisi dan adat budaya yang Islami.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di
Nusantara.
2.2. Menghargai tradisi dan
upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang,
Madura).
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
3.2
Menerapkan seni
budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis,
Minang, Madura).
|
4. Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Menunjukkan
contoh bentuk tradisi, adat
dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura.
4.2
Mensimulasikan bentuk tradisi, adat
dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura.
|
0 Komentar untuk "SKI DI MTs KOMPETENSI DASAR (KD) SKI KELAS IX"