ads
ads

CONTOH ABSTRAK “PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TENTANG LUAS BANGUN RUANG” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri I Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis).



ABSTRAK
Agus Ajid :“PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TENTANG LUAS BANGUN RUANG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri I Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis).

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis pada pembelajaran luas permukaan kubus. Rendahnya kemampuan peserta didik karena peserta didik kurang memahami konsep yaitu dalam penguasaan materi luas permukaan kubus. Faktor pengajar dan faktor sarana mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar matematika, yaitu penggunaan alat peraga yang membantu dalam menjelaskan pemahaman luas permukaan kubus. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan hasil belajar peserta didik, dan keefektifitasan media bangun ruang.
Dari permasalahan tersebut diatas adalah bagaimanakah pengunaan media bangun ruang untuk menigkatkan hasil belajar siswa tentang luas permukaan kubus pada pembelajaran matematika di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Kalapasawit? Hal ini menyangkut : (a) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang luas bangun ruang melalui media bangun ruang? (b)            Bagaimanakah proses pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang luas bangun ruang melalui media bangun ruang? (c)      Bagaimanakah hasil belajar peserta didik tentang luas bangun ruang terhadap mata pelajaran matematika melalui media bangun ruang? (d) Bagaimanakah efektivitas penggunaan media bangun ruang dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang luas bangun ruang?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media bangun ruang dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep luas permukaan kubus pada mata pelajaran matematika. Pelaksanaan penelitian menggunakan model PTK dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Kalapasawit sebanyak 20 orang.
Tehnik penelitian menggunakan tehnik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa media bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang luas permukaan kubus. Hal ini terbukti pada siklus I persentase hasil belajar siswa adalah 62,5% dan pada siklus II telah memenuhi target (75%) menjadi 80,75%, berarti telah terjadi kenaikan sebesar 18,25%. Sehingga media bangun ruang dapat dijadikan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang luas permukaan kubus.
0 Komentar untuk "CONTOH ABSTRAK “PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TENTANG LUAS BANGUN RUANG” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri I Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)."

Back To Top