ABSTRAK
Agus Ajid :“PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TENTANG LUAS BANGUN RUANG” (Penelitian
Tindakan Kelas di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri I Kalapasawit Kecamatan Lakbok
Kabupaten Ciamis).
Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya
kemampuan peserta didik kelas VI Sekolah Dasar
Negeri 1 Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis pada pembelajaran luas permukaan kubus. Rendahnya kemampuan peserta
didik karena peserta didik kurang memahami konsep yaitu dalam penguasaan materi
luas permukaan kubus. Faktor pengajar dan faktor sarana mempengaruhi
keberhasilan proses belajar mengajar matematika, yaitu penggunaan alat peraga
yang membantu dalam menjelaskan pemahaman luas permukaan kubus. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan hasil belajar
peserta didik, dan
keefektifitasan media bangun ruang.
Dari permasalahan tersebut diatas adalah
bagaimanakah pengunaan media bangun ruang untuk menigkatkan hasil belajar siswa
tentang luas permukaan kubus pada pembelajaran matematika di kelas VI Sekolah
Dasar Negeri 1 Kalapasawit? Hal ini menyangkut : (a) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran matematika yang dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang luas bangun ruang melalui
media bangun ruang? (b) Bagaimanakah proses pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik tentang luas bangun ruang melalui media bangun
ruang? (c) Bagaimanakah hasil belajar
peserta didik tentang luas bangun ruang terhadap mata pelajaran matematika
melalui media bangun ruang? (d) Bagaimanakah efektivitas penggunaan media bangun ruang dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang luas bangun ruang?.
Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui efektifitas media bangun ruang dalam meningkatkan pemahaman
peserta didik terhadap konsep luas permukaan kubus pada mata pelajaran
matematika. Pelaksanaan penelitian menggunakan model PTK dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Kalapasawit sebanyak 20
orang.
Tehnik penelitian menggunakan tehnik observasi dan
tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa media bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang luas permukaan kubus. Hal ini terbukti pada siklus I persentase hasil
belajar siswa adalah 62,5% dan pada siklus II telah memenuhi target (75%)
menjadi 80,75%, berarti telah terjadi kenaikan sebesar 18,25%. Sehingga media
bangun ruang dapat dijadikan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang luas permukaan
kubus.
0 Komentar untuk "CONTOH ABSTRAK “PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TENTANG LUAS BANGUN RUANG” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri I Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)."