ads
ads

PROPOSAL PTK “PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PROSA FIKSI (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)”.





BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah

Bahasa memiliki unsur penting dalam perkembangan intelektual, sosial dan emosional serta merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua mata pelajaran. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu kita mengenal diri dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat dan menggunakan kemampuan analisis serta imajinatif yang ada dalam dirinya.
Agar siswa memiliki keterampilan berbahasa yang baik, maka pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memuat empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu : (1) keterampilan mendengarkan, (2) keterampilan berbicara, (3) keterampilan membaca, (4) keterampilan menulis. (Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP), 2007 : 6).
Diantara keempat aspek keterampilan yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satu aspek keterampilan yang harus dimiliki siswa yaitu aspek mendengarkan dengan seksama sehingga dipahami betul apa yang didengar atau disebut juga menyimak, terutama menyimak hasil karya sastra Indonesia. Berdasarkan pendapat dari Rene Wellek (dalam Puji Santiso, 2007), bahwa “Sastra adalah hasil karya seni imajinatif dengan unsur estetisnya dominan yang bermediumkan bahasa”. Menurut Panuti Sujiman dalam Eko Sugiarto (2003), “Bentuk karya sastra dibedakan atas tiga bagian pokok. yaitu : prosa, puisi dan drama”.
Dalam penelitian ini peneliti mengadakan observasi terhadap siswa dalam menyimak prosa fiksi. Untuk lebih lanjut penelitian menjelaskan tentang “Prosa fiksi adalah karangan bebas yang tidak pada irama dan persajakan yang bersifat khayalan” (S. Tanjung, 1988 : 92).
Dari hasil observasi di lapangan untuk siswa kelas V pada pembelajaran menyimak prosa fiksi ada beberapa permasalahan yang dihadapi siswa, karena guru kurang optimal dalam membuat perencanaan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Selain itu, guru kurang terampil dalam memilih metode mengajar. Di mana dalam pembelajaran guru memakai metode yang monoton. Pada saat pembelajaran berlangsung guru kurang memberikan motivasi dan stimulus kepada siswa, sehingga berpengaruh kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran menyimak prosa fiksi dan siswa mengalami rasa bosan dan jenuh dalam menyimak. Faktor lain yang ditemukan dalam permasalahan menyimak prosa fiksi yaitu keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran relatif rendah, karena siswa kurang kondusif saat pembelajaran berlangsung. Kenyataan ini didapat siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami isi dari cerita prosa fiksi yang disimaknya.
Kenyataan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, ditemukan data bahwa menyimak prosa fiksi siswa kelas V masih rendah. Hal ini didasarkan pada hasil tes tentang menyimak prosa fiksi hanya 50%, sedangkan batas ketuntasan yang harus dicapai 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak prosa fiksi siswa masih rendah.
Dengan ditemukannya permasalahan-permasalahan di atas, maka guru sebagai fasilitator harus bisa mencari solusi dengan cara memilih metode mengajar, merancang pembelajaran serta menggunakan metode mengajar yang tepat. Dalam keseluruhan pembelajaran, guru memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai pendidik yang bertanggungjawab atas berhasil tidaknya proses pembelajaran. “Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa, diantaranya adalah faktor yang berhubungan dengan kemampuan (kompetensi) guru, suasana belajar dan kepribadian guru” (E.T. Russeffendi, 1991 : 8).
Melihat permasalahan tersebut di atas, perlu suatu upaya yang dilakukan guru dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang memberikan stimulasi terhadap aktivitas peserta didik. Dengan demikian, diperlukan suatu pendekatan dan metode yang sesuai. Sehingga, dapat melahirkan situasi dan kondisi belajar aktif. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu dengan penerapan metode tanya jawab.
Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak prosa fiksi di kelas V dengan judul “PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PROSA FIKSI (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)”.

B.   Identifikasi Masalah dan Batasan Masalah

1.  Identifikasi Masalah
Kemampuan siswa kelas V dalam menyimak prosa fiksi di Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis masih kurang, hal ini ditandai dengan nilai rata-rata tes retatif rendah. Kurangnya kemampuan siswa tersebut disebabkan beberapa faktor, antara lain :
a.  Guru kurang optimal dalam membuat perencanaan pembelajaran.
b.  Guru kurang terampil dalam memilih metode mengajar. 
c.  Guru kurang memberikan motivasi dan stimulus kepada siswa.
d.  Kurangnya minat belajar siswa.
e.  Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran relatif rendah.
f.  Siswa kurang kondusif saat pembelajaran.
2.  Batasan Masalah
Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis adalah kesulitan dalam menyimak prosa puisi. Hal ini terjadi karena beberapa permasalahan diantaranya :
a.  Proses pembuatan perencanaan pembelajaran dalam Mata Pelajaran bahasa Indonesia kurang optimal.
b.  Keterampilan guru memilih metode dalam proses pembelajaran kurang tepat dan sesuai.
c.  Kurangnya minat belajar siswa.
d.  Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran relatif rendah.

C.   Rumusan Masalah

Berdasarkan hasil identifikasi masalah seperti disebutkan di atas, maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.  Bagaimanakah perencanaan pembelajaran dalam menyimak prosa fiksi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis ?
2.  Bagaimanakah keterampilan guru dalam pemilihan metode mengajar pada pembelajaran menyimak prosa fiksi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis ?
3.  Bagaimanakah minat belajar siswa dalam pembelajaran menyimak prosa fiksi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis ?
4.  Bagaimanakah keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pada menyimak prosa fiksi di Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis ?

 

D.   Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.  Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, penelitian ini bertujuan :
a.  Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dalam menyimak prosa fiksi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis.
b.  Untuk mengetahui keterampilan guru dalam pemilihan metode pembelajaran pada menyimak prosa fiksi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis.
c.  Untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran menyimak prosa fiksi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis 
d.  Untuk mengetahui keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pada menyimak prosa fiksi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis.
2.  Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.  Memberikan kontribusi  inspiratif dan faktual bagi upaya peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.
b.  Memberikan solusi untuk mengatasi kesulitan dalam kemampuan menyimak prosa fiksi.
c.  Memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam menyimak prosa fiksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
d.  Memberikan pengalaman kepada guru cara untuk mengatasi permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penelitian tindakan kelas.
0 Komentar untuk "PROPOSAL PTK “PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PROSA FIKSI (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)”. "

Back To Top