ABSTRAK
DEDE SUDARNINGSIH Pembelajaran
Matematika di SD dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatan Prestasi Belajar Siswa
(Penelitian Tindakan Kelas di
Kelas II SDN 2 Karangpaningal Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis)
Keberhasilan suatu belajar merupakan
upaya yang dilakukan guru dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang
mampu memberikan stimulus terhadap aktifitas siswa. Dengan demikian diperlukan
suatu strategi yang sesuai, yang dapat melahirkan situasi dan kondisi belajar
aktif. Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan di
atas, salah satunya adalah Strategi Pemecahan Masalah.
Dari latar
belakang penelitian di atas, peneliti mempermasalahkan penggunaan strategi
pemecahan masalah pada pembelajaran matematika
Dengan adanya strategi pemecahan masalah diharapkan dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa.
Tujuan
penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan optimalisasi guru dalam
mempersiapkan perencanaan pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karangpaningal Kecamatan Purwadadi
Kabupaten Ciamis. Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas II
Sekolah Dasar Negeri 2 Karangpaningal
Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Mengetahui prestasi belajar siswa pada
pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karangpaningal
Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis.
Hipotesisnya adalah Pembelajaran
Matematika di SD dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatan Prestasi
Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Karangpaningal.
Dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang
berupaya untuk mengungkap keadaan atau kondisi yang terjadi saat sekarang
dengan mempertimbangkan masa lalu, dengan teknik observasi, wawancara, tes atau
penilaian dan analisis deskriptif.
Hasil
penelitian yang dilakukan peneliti selama 3 siklus dapat disimpulkan bahwa
hasil kemampuan siswa pada tahap awal rata-rata 50.53 dan hanya 4 siswa saja
yang dapat mencapai target 65. Pada pelaksanaan siklus I, mencapai rata-rata
55.79 dan hanya 4 siswa yang dapat mencapai target 65. Pada pelaksanaan siklus
II, mencapai rata-rata 65.26 dan hanya 7 siswa yang dapat mencapai target 65.
Pada pelaksanaan siklus III, mencapai rata-rata 80.00 dan 16 siswa ( 84.22)
sudah dapat mencapai target 65 dari 19 siswa. Sehingga strategi pemecahan
masalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa berhasil secara signifikan.
0 Komentar untuk "Contoh ABSTRAK PTK Pembelajaran Matematika di SD dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas II SDN 2 Karangpaningal Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis) "