Proposal
Studi Filsafat Kontekstual
JUDUL
"Refleksi filsafat Madraisme (ADS) dalam realitas keagamaan dan
Kehidupan sosial budaya masyarakat pendukungnya"
A. Dasar Pemikiran
Perkembangan dan pengembangan ilmu
pengetahuan mensyaratkan dan memutlakan adanya kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian merupakan
upaya untuk merumuskan permasalahan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut,
dengan jalan menemukan fakta-fakta dan memberikan penafsiran yang benar. Yang
lebih dinamis lagi, penelitian bertujuan inventif,
yakni terus menerus memperbaharui lagi kesimpulan dan teori yang telah diterima
berdasarkan fakta-fakta dan kesimpulan yang telah diketemukan. Dengan demikian tanpa usaha penelitian itu
maka semua kajian keilmuan akan mandeg, bahkan akan surut ke belakang.
Berdasarkan tugas perguruan Tinggi yang
dikenal dengan Tri Dharma Peguruan Tinggi, maka kehidupan akademis di Perguruan
Tinggi seharusnya berkisar pada pendidikan menuju pada kemampuan untuk
melaksanakan penelitian dan menuju tekad untuk mengembangkan ilmu pengetahuan,
termasuk didalamnya pentingnya penelitian filsafat sebagai salahsatu kajian
keilmuan yang merupakan mother science (induknya berbagai ilmu
pengetahuan).
Ada beberapa gaya metodologis dalam
pengkajian filsafat dalam melakukan dan mengatur pengetahuan ilmiahnya, seperti
yang di kutif oleh Anton Bekker dan Achmad Charris Zubair dalam bukunya yang berjudul
“Metodoogi Penelitian Filsafat”, meliputi :
1. Gaya edukatif, memberikan penjelasan secara
teratur dan sistematis tentang seluruh bidang kajian filsafat sejauh yang sudah
dihasilkan (sudah jadi), baik berupa topik-topiknya, pendapat-pendapat maupun
aliran-aliran yang berhubungan dengan topik tersebut. Metode yang digunakan
biasanya dalam bentuk ceramah monolog (teaching
centris) atau dalam bentuk buku (book
reaserch)
Kelemahan
metode pengkajian tersebut, cenderung objektivisitis dan statis, peserta didik
seperti “bank”yang menyimpan dengan setia semua yang dimasukkan.
2. Gaya inventif, yang berusaha mencari
pemahaman baru terhadap pemikiran yang ada, melalui koreksi dan evaluasi
terhadap pengetahuan yang disajikan sebagai data dengan tujuan untuk
menghindari kecenderungan subjektivistis. Peserta didik diupayakan untuk mencari,
menemukan dan melakukan komparasi pemikiran, menganalisis pemikiran, melakukan
interpretasi sekaligus menciptakan pemikiran baru sebagai sebuah sintesa dari
berbagai kekayaan pemikiran.
Sebagai salahsatu kajian keilmuan yang bersifat universal, radikal, spekulatif,
reflektif, sekaligus berkaitan dengan nilai, maka sinergitas antara kedua gaya
metodologi penelitian tersebut di atas merupakan suatu keharusan bagi
pengembangan kajian filsafat.
Impikasinya, perlu kiranya dilakukan
suatu studi pembelajaran filsafat yang tidak hanya bersifat tekstual (pembelajaran
di kelas) melainkan juga kontekstual berbasis student centris learning interaktif (pembelajaran/penelitian di lapangan),
yaitu suatu bentuk penelitian yang
lebih menekankan pada realitas kongkrit untuk bisa difahami dengan mudah dalam
menghasilkan sebuah konsep pemikiran yang bersifat abstrak.
Berdasarkan hal tersebut di atas maka
kami selaku tim dosen filsafat memandang perlu untuk melakukan penelitian
berupa studi filsafat kontekstual dengan mengambil komunitas Agama Djawa Sunda (ADS)
sebagai objek penelitian. Alasannya, dalam komunitas penganut Agama Djawa Sunda
memiliki pandangan hidup keagamaan yang cenderung bersebrangan (kontroversi) dengan
prinsip-prinsip kebenaran menurut perspektif Agama Islam, namun disisi lain
komunitas penganut ADS memiliki nilai-nilai sosial budaya yang mencerminkan
kearifan lokal. Fenomena tersebut
menarik untuk dijadikan objek penelitian filsafat.
Bentuk penelitian yang akan kami lakukan
berupa penelitian pandangan filosofis
(pandangan hidup) keagamaan dan sosial budaya komunitas penganut Agama Djawa
Sunda di Kelurahan Cigugur Kec. Cigugur Kab.
Kuningan. Penelitian tersebut mencoba meneliti bagaimana pandangan hidup
komunitas tersebut tentang keyakinan dan kaidah (nilai-nilai) yang
menyangkut hakekat manusia, alam dan
Tuhan, sehingga merefleksi dalam prilaku sosial budayanya.
B. NAMA KEGIATAN
STUDI FILSAFAT KONTEKSTUAL KE KOMUNITAS PENGANUT AGAMA
DJAWA SUNDA (ADS) DI KELURAHAN CIGUGUR, KEC. CIGUGUR KAB. KUNINGAN
C. JUDUL KEGIATAN
Refleksi filsafat Madraisme (ADS) dalam
realitas keagamaan dan kehidupan sosial budaya masyarakat pendukungnya
D.
Manfaat Kegiatan
a.
Manfaat teoritis ,
Menambah dan memperluas pengetahuan dan wawasan berfikir bagi mahasiswa
PGSD/MI dalam memberikan makna terhadap realitas kehidupan.
b.
Manfaat praktis,
Membantu mengembangkan rasa keingintahuan
yang mendalam dan ketrampilan berfikir kritis guna memecahkan permasalahan
dalam realitas kehidupan secara universal dan mendasar.
E. TUJUAN
a. Umum
·
Menjadikan
realitas kongkrit (komunitas penganut
Agama Djawa Sunda) sebagai objek
penelitian filsafat
b. Khusus
·
Melibatkan
peserta didik secara langsung dalam proses penelitian filsafat
·
Menciptakan
iklim pembelajaran filsafat yang berpusat pada peserta didik
F. Peserta kegiatan
Mahasiswa
PGSD/MI Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya-Tasikmalaya, Semester III TAHUN
AJARAN 2014/2015
G. Waktu dan tempat kegiatan
Kegiatan
ini akan dilaksanakan pada :
Hari/tanggal
Tempat
|
: Rabu, 7 Januari 2014
: Kelurahan Cigugur, Kec.
Cigugur Kab. Kuningan
|
H. Susunan
Panitia
( terlampir)
I. Estimasi Biaya
(terlampir)
J. Susunan Acara
(terlampir)
K. Penutup
Demikian proposal kegiatan ini kami buat
sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan kegiatan. Besar harapan kami proposal
kegiatan ini diterima dengan baik oleh semua kalangan. Semoga kegiatan yang
telah kami rencanakan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan
apapun. Amin.
Lampiran
1
SUSUNAN
PANITIA
Penasehat : Drs. H. Andri Ardiansyah, M.Ag.
Penanggungjawab :
Drs.H. Suhrowardi, M.Ag.
Ketua Pelaksana :
Imas Masitoh, SH.,MSI.
Wakil Ketua : Nana Suryana, MPd.
Sekretaris : Oo Hanafiah, S.Ag.
Bendahara : Ayi Abdurrohim, S.Ag
Pembimbing :
|
1.
|
Agus
Syamsul Basyar, M.MPd.
|
|
2.
|
Solihin ,
MPd.
|
|
3.
|
Dr. Wawan
Kusnawan
|
|
4.
|
Wawan
Latif, MSI.
|
|
5.
|
Saeful
Anwar, MAg.
|
|
6.
|
Nina Naraya, SPd.
|
|
7.
|
Nita Anjung Munggaran, M.Pd
|
|
8.
|
Iim Abdurrohim, MSI
|
|
9.
|
Syarif Hasani, MM.Pd
|
|
10.
|
Edwin Hadiyan, SE. MM.
|
Ketua
pelaksana,
Imas
Masitoh, SH.,MSI
|
|
Suryalaya,
30 November 2014
Sekretaris,
Oo
Hanafiah, S.Ag.
|
Mengetahui,
Dekan
Fakultas Tarbiyah
Drs.
Andri Ardiansyah, M.Ag.
Lampiran 2
Estimasi
Biaya
A.
Rencana Pemasukan
Peserta 120x 150.000,000 = 18.000.000,-
B.
Rencana pengeluaran
1.
ATK :
300.000,-
2.
Survey lokasi : 800.000,-
3.
Sewa bis besar : 2 x 4.200.000,-
4.
Sewa bis mini : 1 x 2.300.000,-
5.
Parkir bis : 3 x 3 lokasi x
25.000,-
6.
Tiket masuk lokasi
·
Bumi perkemahan
a.
Peserta :
15.000 x120 orang
b.
Pembimbing/panitia : 15.000 x 20 orang
·
Taman purbakala
a.
Peserta :
10.000 x 120 orang
b.
Pembimbing : 10.000 x 20 orang
7.
Konsumsi
a. Peserta
: 120 x 30.000,-
b. Pembimbing/staf : 20 x 30.000,-
8.
Honor pembimbing :
10 x 300.000,-
9.
Honor pemandu
: 400.000
10.
Honor narasumber
: 800.000
11.
P3K : 300.000,-
12.
DLL :
300.000,-
Jumlah : 24.525.000,-
Defisit anggaran
sebesar Rp.6.525.000,-. Kami berharap kekurangan anggaran ini dapat dibantu
oleh Fakultas Tarbiyah. Terimakasih
Ketua
pelaksana,
Imas
Masitoh, SH.,MSI
|
|
Suryalaya, 30 Nopember 2014
Sekretaris,
Oo
Hanafiah, S.Ag.
|
Mengetahui,
Dekan
Fakultas Tarbiyah
Drs.
Andri Ardiansyah, M.Ag.
Lampiran
3
Susunan
Acara
Hari/tanggal
|
Waktu
|
Acara
|
Rabu, 7 Januari 2015
|
06.00-07.00
07.00-09.30
09.30-11.30
11.30-12.00
12.00-14.00
14.00-15.30
15.30-17.00
|
Check in peserta, ziarah ke makan
abah sepuh dan abah anom, dibimbing oleh pemandu beserta dosen pembimbing
Pemberangkatan
Silaturrahmi/tanya jawab antara
mahasiswa dengan pemuka agama (ADS, ISLAM) didampingi oleh pemandu beserta
dosen pembimbing
Perjalanan menuju Bumi
perkemahan,
Ishoma, Refleksi dan evaluasi
penelitian dibimbing oleh Nara Sumber (Dr. Wawan, MSI)
Perjalanan menuju Waduk Darma
Dan Sholat Ashar di Mesjid Baetu
Rahman
Lokasi Waduk Darma
|
|
17.00
|
Take out
|
|
17.00- 19.30
|
Perjalanan pulang menuju kampus
IAILM
|
0 Komentar untuk "Proposal Studi Filsafat Kontekstual"