ads
ads

Contoh PROPSAL PTK Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Metode Visual “



BAB  I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Sumber  daya  manusia  merupakan  suatu  modal  kemajuan  suatu

bangsa,  modal intelektual,  sosial dan kepercayaan  merupakan  alat untuk
menunjang kesejahteraan, dengan  demikian tuntutan untuk terus menerus

memutahirkan  ilmu  pengetahuan  terutama  matematika  menjadi  suatu
keharusan.

Matematika berkenan dengan ide-ide abstrak berupa simbol-simbol

yang tersusun secara hierarkis dan penalarannya deduktif, sehingga belajar
matematika  merupakan  kegiatan  mental  yang  tinggi.Oleh  karena  itu

sebelum  memanupilasi  simbol-simbol  itu,  matematika  harus  dipahami
terlebih  dahulu.  Hal ini  sejajar dengan pendapat  Ruseffendi  (1992 ;  139)

bahwa setiap konsep abstrak dalam matematika yang baru dipahami siswa,

perlu  segera  diberikan  penguatan  supaya  mengendap,  melekat  dan  tahan
lama tertanam, sehingga menjadi miliknya dalam pola  pikir maupun pola

tindakannya.
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang kurang digemari

karena dianggap sukar. Matematika dianggap sukar, karena dalam proses

pembelajaran  matematika  tidak  bisa  dipahami  hanya  dengan  membaca
materi atau hanya mendengarkan penjelasan dari guru semata, tetapi harus



disertai  dengan  latihan  soal  yang  terus  menerus.  Hal  ini  menyebabkan
peserta  didik  malas  jika  harus  belajar  matematika,  padahal  matematika

memegang peranan penting dalam dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat  begitu  pentingnya  matematika  perlu  adanya  upaya
untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran

matematika, karena pembelajaran berhasil ditunjukan dengan dikuasainya
materi  pelajaran  oleh  peserta  didik.  Nana  Sujana  (1987  :  34-35)

mengemukakan untuk  mengetahui  hasil belajar  harus  ditentukan  terlebih
dahulu  kriterianya.  Kriteria  bisa  diambil  dari  proses  belajar  dan  hasil

belajar. Kriteria dari proses belajar adalah interaksi yang dinamis sehingga

peserta didik mampu  mengembangkan potensinya  melalui belajar  sendiri
dan tujuan yang telah ditetapkan tercapai secara efektif. Sedangkan kriteria

dari  hasil  belajar  adalah  tingkat penguasan tujuan  oleh  peserta didik dari
segi kualitas atau kuantitasnya.

Untuk  mengetahui  hasil  belajar,  menurut  Bloom  (1956)  perlu

adanya  evaluasi.Evaluasi  harus  dilakukan  secara  teliti  dan  objektif
terhadap  hasil  belajar  peserta  didik  sehingga  dapat  dijadikan  alat  untuk

mengecek kemampuan peserta didik dalam belajar.Berdasarkan data hasil
evaluasi pada tahun pelajaran 2009 – 2010 yang  dilaksanakan di kelas II

SDN  Payungagung Kecamatan  Panumbangan  pada  pembelajar an konsep

perkalian  menunjukan  rendahnya  tingkat  penguasaan  peserta  didik
terhadap  konsep  perkalian  tersebut.Nilai  Rata-rata  tes  formatif  peserta



didik  kurang  dari  60.Nilai  rata-rata  ini  menunjukan  bahwa  pemahaman
peserta didik pada konsep perkalian masih kurang.

Mengetahui  permasalahan  yang  dialami  seperti  tersebut  diatas,

diupayakan untuk  meningkatkan  hasil  belajar  peserta  didik,  khususnya
pada  konsep  perkalian.Untuk  itu dipikirkan dan dianalisis  berbagai

kemungkinan  sebagai  penyebab  rendahnya  kualitas  pembelajaran
matematikan selama ini.

Dari  hasil  analisis  referensi diketahui,  penyebab  rendahnya
penguasaan  peserta  didik  terhadap  materi  pelajaran  adalah  kurangnya

penggunaan  metode  visual  dalam  pembelajaran  matematika,  sehingga

pembelajaran  kurang  bermakna  dan  sulit  dipahami  peserta
didik.Pembelajaran  menjadi  pasif,  proses  pembelajaran  menjadi  kurang

menarik  dan  terlalu  cepat  dalam  memberikan  penjelasan  materi
pembelajaran,  sehingga  konsep  yang  diajarkan  tidak  dapat  diingat  lama

oleh peserta didik.

Latar  belakang  diatas  mendorong  untuk diadakan  perbaikan
pembelajaran  melalui  penelitian  tindakan  kelas  dengan  judul 

Meningkatkan  Pemahaman  Peserta  Didik  Tentang  Konsep Perkalian
Dengan Menggunakan Metode  Visual “



B. Identifikasi dan Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang  masalah diatas maka dapat  di identifikasi

sebagai berikut :
a. Peserta didik kurang memahami konsep perkalian

b. Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran
c. Kurangnya  penggunaan  metode  yang  tepat  dalam  pembelajaran

khususnya mata pelajaran matematika.
d. Kurangnya  komunikasi  antara  guru  dengan  peserta  didik  dalam

pembelajaran.

2. Rumusan Masalah
Sesuai dengan uraian diatas, maka permasalahan secara tertulis

dapatdirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana  perencanaan  pembelajaran  dengan  menggunakan

metide visual pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN 1

Payungagung ?
2. Bagaimana  proses  pelaksanaan  pembelajaran  dengan

menggunakan  metode  visual  pada mata pelajaran  matematika di
kelas II SDN 1 Payungagung?

3. Bagaimana  tingkat  pemahaman  peserta  didik  tentang  konsep

perkalian  dengan  menggunakan  metode  visual  pada  mata
pelajaran matematika di kelas II SDN 1 Payungagung  ?



C. Cara Pemecahkan Masalah
Metode pemecahan masalah yang akan digunakan dalam penelitian

tindakan  kelas  ini,  yaitu  metode  pembelajaran  dengan  menggunakan

metode visual. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan hasil evaluasi
peserta  didik  dalam  pembelajaran  matematika  tentang  konsep  perkalian

mendapatkan hasil yang memuaskan.


D. Hipotesis Tindakan
Berdasarkan kajian  teori  yang relevan  dan  sejumlah  asumsi dasar

sebagaimana dikemukakan, maka hipotesis tindakan penelitian ini adalah :

 Semakin  tinggi  penggunaan  Metode  Visual  maka  semakin  tinggi
pula  pemahaman  peserta  didik  tenang  konsep  perkalian  di  Kelas  II

SDN 1 Payungagung Kecamatan Panumbangan.”

E. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
a. Untuk  mengetahui  perencanaan  pembelajaran  dengan

menggunakan  metode  visual  pada  mata  pelajaran  matematika  di
kelas II SDN 1 Payungagung.

b. Untuk  mengetahui  proses  pelaksanaan  pembelajaran  dengan

menggunakan  metode  visual  pada  mata  pelajaran  matematika  di
kelas II SDN 1 Payungagung.



c. Untuk  mengetahui  tingkat  pemahaman  peserta  didik  tentang
konsep  perkalian  dengan  menggunakan  metode  visual  pada mata

pelajaran matematika di kelas II SDN 1 Payungagung.

2. Manfaat Penelitian
Dilaksanakan  kegiatan  penelitian  tindakan  kelas  ini

diharapkan  dapat  memberikan  manfaat  atau  konstribusi  sebagai
berikut :

1. Bagi Guru
Sebagai  bahan  masukan  guru  dalam  meningkatkan  mutu

pendidikan dikelasnya.

2. Bagi Peserta Didik
Sebagai bahan  masukan  bagi peserta  didik  untuk  memanfaatkan

metode  visual  sebagai  upaya  meningkatkan  prestasi  belajar  dan
pemahaman peserta didik.

3. Bagi Sekolah

Dengan  hasil  penelitian  ini  diharapkan  siswa kelas  II  SDN  1
Payungagung  dapat  lebih  menigkatkan  pemahaman  tentang

metode visual sebagai suatu metode untuk meningkatkan prestasi
belajar peserta didik menjadi lebih baik.
0 Komentar untuk "Contoh PROPSAL PTK Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Metode Visual “"

Back To Top