SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
A. JUDUL PENELITIAN
Judul hendaknya singkat dan spesifik
tetapi cukup jelas menggambarkan masalah yang akan diteliti dan tindakan untuk
mengatasi masalahnya.
B. BIDANG KAJIAN
Tuliskan bidang kajian penelitian
C. PENDAHULUAN
Penelitian dilakukan untuk memecahkan
permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Kemukakan secara jelas bahwa masalah
yang diteliti merupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di sekolah, dan
diagnosis dilakukan oleh guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah.
Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah masalah penting dan mendesak untuk
dipecahkan, serta dapat dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu,
biaya dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut.
Setelah diidentifikasi masalah penelitiannya, maka selanjutnya perlu dianalisis
dan dideskripsikan secara cermat akar penyebab dari masalah tersebut. Penting
juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti dalam mencari
masalah dan akar penyebab munculnya
masalah tersebut. Prosedur yang digunakan dalam identifikasi masalah perlu
dikemukakan secara jelas dan sistematis.
D. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
- Perumusan Masalah
Rumuskan
masalah penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam
perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi
batasan penelitian. Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan
mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan dan hasil positif yang diantisipasi dengan
mengajukan indikator keberhasilan
tindakan, dan cara pengukuran
serta cara mengevaluasinya.
- Pemecahan Masalah
Uraikan alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk
memecahkan masalah. Pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah
yang diteliti, hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara
pemecahan masalah ditentukan berdasarkan
pada akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan (action) yang jelas dan terarah.
- Tujuan Penelitian
Kemukakan
secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan mendasarkan
pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan
jelas, sehingga diukur tingkat pencapaian keberhasilannya.
- Kontribusi Hasil Penelitian
Uraikan
kontribusi hasil penelitian terhadap kualitas pendidikan dan/atau pembelajaran,
sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru, maupun komponen pendidikan di
sekolah lainnya. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.
E. KAJIAN PUSTAKA
Uraikan dengan jelas kajian
teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari usulan rancangan
penelitian tindakan. Kemukakan juga
teori, temuan dan bahan penelitian lain yang mendukung pilihan tindakan untuk
mengatasi permasalahan penelitian tersebut. Uraian ini digunakan untuk menyusun
kerangka berpikir atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian. Pada bagian
akhir dapat dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan indikator
keberhasilan tindakan yang diharapkan/diantisipasi.
F. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
Uraikan secara jelas prosedur
penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan objek, waktu dan lamanya tindakan,
serta lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus.
Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan indikator
keberhasilan yang dicapai dalam setiap siklus sebelum pindah ke siklus lain.
Jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus, meskipun harus diingat juga
jadwal kegiatan belajar di sekolah. Dalam rencana pelaksanaan tindakan pada
setiap tahapan hendaknya digambarkan peranan dan intensitas kegiatan
masing-masing anggota peneliti, sehingga tampak jelas tingkat dan kualitas
kolaborasi dalam penelitian tersebut.
G. JADWAL PENELITIAN
Buatlah jadwal kegiatan penelitian
yang meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil
penelitian dalam bentuk Gantt chart.
Jadwal kegiatan penelitian disusun selama 10 bulan.
H. BIAYA PENELITIAN
Kemukakan besarnya biaya penelitian
secara rinci dengan mengacu kepada kegiatan penelitian.
Rekapitulasi biaya penelitian:
- Honorarium ketua, anggota maksimal 30%
- Biaya operasional minimal 30 %
- Biaya pembelian ATK maksimal 30%
- Lain-lain pengeluaran 10%
I. PERSONALIA PENELITIAN
Jumlah personalia penelitian maksimal
5 orang, yang terdiri dari : 1
orang Ketua Peneliti (dosen LPTK), 4 orang anggota peneliti yang dapat terdiri
dari 1 orang dosen LPTK dan 3 orang guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya
di sekolah, atau 4 orang guru/tenaga kependidikan di sekolah. Jumlah guru minimal 2 orang dan harus lebih banyak dari jumlah dosen. Uraikan peran guru, jumlah
waktu yang digunakan dalam setiap bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan.
Penelitian ini sekurang-kurangnya dilakukan oleh 3 orang peneliti, yang 1 orang sebagai
Ketua Peneliti (dosen LPTK) dan 2 orang guru dan/atau tenaga kependidikan
lainnya di sekolah. Rincilah nama personalia tim peneliti, golongan, pangkat,
jabatan, dan lembaga tempat tugas, sama dengan yang tercantum dalam Lembar Pengesahan no.2.
Lampiran-lampiran
1. Daftar Pustaka, yang
dituliskan secara konsisten menurut model APA, MLA atau Turabian.
2. Riwayat Hidup Ketua
Peneliti dan Anggota Peneliti (Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan
sampai saat ini).
0 Komentar untuk "SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH) TAHUN 2018"