ads
ads

CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA 2018



CONTOH SOAL

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP

MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA



I.     Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini yang Anda anggap paling tepat !

1.    Pembuatan desain pembelajaran sains di sekolah dasar disarankan menggunakan pendekatan konstruktivis. Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan kaidah pembelajaran konstruktivis adalah ………  

A.    Mendukung proses  belajar siswa secara penuh untuk berinteraksi secara katif dalam mengembangkan dirinya.

B.    Merancang tugas dan lingkungan belajar dengan merefleksi kompleksitas lingkungan yang akan berguna pada akhir pembelajaran.

C.    Memberikan kebebasan kepada murid untuk mengembangkan solusi pemecahannya.

D.   Merancang lingkungan belajar untuk mendukung dan menantang pemikiran murid.



2.    Kegiatan atau pengalaman belajar siswa berikut yang sesuai dengan tahapan eksplorasi pada model kegiatan bermakna adalah …..

A.    Memberikan peluang bagi siswa untuk mencari, mengolah dan menemukan sendiri pengetahuannya.

B.    Menerapkan pola yang mencerminkan ciri khas mata pelajaran dalam pengembangan keterampilan dasar sains.

C.    Mengkombinasikan antara kegiatan murid secara individual dengan kelompok, atau secara klasikal.

D.   Memperhatikan layanan terhadap perbedaan murid secara individual, seperti bakat, kemampuan, minat, dan latar belakang keluarga.

3.    Komponen silabus yang menentukan keberhasilan pembelajaran di kelas adalah ……………..

A.    kompetensi dasar

B.    hasil belajar

C.    indikator

D.   materi pelajaran

4.    Kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa disebut ………….

A.    pengukuran

B.    ujian

C.    asesmen

D.   penilaian

5.    Perbedaan mendasar antara penilaian tes dan non tes adalah …………….

A.    Penilaian non tes lebih tepat digunakan untuk mengukur ranah psikomotor dan ranah afektif.

B.    Penilaian tes menggunakan seperangkat alat tulis

C.    Penilaian tes dapat mengukur semua aspek pembelajaran di kelas

D.   Penilaian non tes sering digunakan untuk mengukur kemampuan yang sulit diukur dengan penjlaian tes.

6.    Sains merupakan proses yang sistematis dan komprehensif. Pernyataan ini dikemukakan oleh …

A.    Carin dan Sunday

B.    Rutherford

C.    Andy Byrd

D.   Piaget

7.    Bumi beredar  mengelilingi matahari. Pernyataan ini merupakan ….

A.    Penjelasan teori

B.    Fakta sejarah

C.    Hukum alam

D.   Hasil penyelidikan

8.    Perbedaan pokok antara pendekatan dengan metode adalah ….

A.  Pendekatan lebih mengarah pada strategi pemaksimalan pencapaian hasil belajar  

     termasuk di   dalamnya efektifitas dan efisiensi

B.  Dalam pelaksanaan pembelajaran pendekatan hanya berlaku pada satu pokok bahasan atau satu konsep.

C.  Pendekatan mellibatkan guru dan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

D.  Pendekatan dilakukan pada topik-topik tertentu, paada topik yang berbeda dapat menggunakan pendekatan yang berbeda pula.

9.   Pernyataan yang tepat berkenaan dengan pendekatan inquiri ?

A. Merupakan pendekatan yang melandasi proses belajar aktif.

B.  Siswa dilatih berpikir sebelum menentukan pilihan.

C. Merupakan strategi belajar siswa untuk menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan

    bagaimana

D. Pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan teori perkembangan anak.

10. Mengajar tidak secara otomatis menyebabkan siswa belajar. Mengajar menurut pandangan konstruktivis adalah …

  A. memberikan pengetahuan dan keterampilan

  B. melatih siswa menyelesaikan soal-soal yang brmanfa’at

  C. membantu siswa meluruskan konsepsinya

  D. membantu siswa mendapatkan pengetahuan yang banyak.

11. Perbedaan Konsep dan Konsepsi adalah ….

A. konsep disepakati ilmuwan, konsepsi tidak disepakati

B. konsep bersifat objektif, konsepsi subjektif

C. konsepsi dipahami oleh banyak orang, konsep oleh perorangan

D. konsepsi merupakan awal dari pengembangan konsep.

12. Manakah yang bukan merupakan ciri pembelajaran berdasarkan konstruktivis ?

A. Guru menjelaskan konsep yang akan diajarkan

B. Siswa berkesempatan mengemukakan gagasannya.

C. Siswa dihadapkan pada situasi konflik.

D. Guru membantu siswa memeriksa konsepsinya.

13. Kondisi apakah yang sebaiknya diciptakan dalam pembelajaran oleh guru yang menganut pandangan konstruktivisme ?

A. Anak merasa tidak puas dennga gagasan yang dimilikinya.

B. Konsepsi yang baru harus menimbulkan konflik kognitif

C. Konsepsi baru harus bermanfa’at dan masuk akal.

D. Gagasan baru harus dapat dimengerti

14. Seorang guru yang sering menggunakan metode ceramah pada tingkat sekolah dasar sesungguhnya bertentangan dengan pandangan konstruktivis, karena …

A. mendorong siswa menghapal

B. menyebabkan siswa tidak berfikir

C. membebani siswa dengan pengetahuan

D. mengabaikan konsepsi siswanya

15. Seorang guru memberi tugas kepada muridnya. Tugas yang diberikan adalah menuliskan nama hewan peliharaan. Aspek keterampilan proses yang diterapkan oleh guru tersebut adalah …

          A. mengamati   B. melaporkan     C. mengelompokkan    D. menerapkan

16. Berkenaan dengan sikap ingin tahu, metode pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru adalah metode …..

          a. percobaan sederhana   b. melakukan diskusi   c. problem solving   d. demonstrasi

17. Kegiatan berikut  dapat dilakukan untuk mengembangkan sikap ilmiah murid sekolah dasar, kecuali ..

a. memelihara tanaman di taman sekolah

b. mendengarkan ceramah dari para ahli yang diundang sekolah (guru tamu)

c. membuat tulisan fiksi (mengarang) dengan tema bebas ( sesuai dengan imajinasi murid)

d. membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran

18. Domain konsep dalam pembelajaran STM mempokuskan pada muatan…..

a. fakta-fakta, informasi, hukum-hukum dan prinsip- prinsip yang digunakan oleh saintis

b. bagaimana saintis berfikir dan bekerja.

c. mengaplikasikan konsep- konsep dan keterampilan- keterampilan dalam memecahkan

    masalah  sehari-hari.

d. kemampuan dalam memecahkan masalah.

19. Pertanyaan di bawah ini adalah benar tentang tujuan dari pembelajaran STM, kecuali…..

a. membandingkan konstribusi sains dan teknologo pada pengetahuan dan pengaruhnya.

b. memberikan contoh pengaruh perubahan bidang sains dan teknologi terhadap  

    masyarakat dan pertumbuhan ekonomi

c. memeberikan pandangan dampak hubungan sains dan teknologi pada masyarakat

d. memberikan contoh pengaruh perubahan bidang sains, teknologi, terhadap masyarakat  dan lingkungan



20. Pernyataan di bawah ini yang benar tentang karakteristik pembelajaran STM, kecuali…....

     a. menggunakan sumber- sumber belajar bervariasi

     b. siswa bekerja sama dalam memecahkan masalah dan isu

     c. guru merencanakan pembelajaran berdasarkan masalah dan isu-isu yang sedang

           berkembang

     d. guru merencanakan pembelajaran berdasarkan konsep yang ada dalam buku teks.

21. Pembelajaran SETS didukung oleh teori belajar, kecuali …

a. behaviorisme          b. konstruktivisme        c. sosial kognitif           d. discovery

22. Jika di masyarakat banyak dibicarakan tentang perang, misal perang antara Irak dan Amerika Serikat maka, topik utama yang diangkat dalam pembelajaran SETS adalah ….

a. sains                     b. teknologi                   c. lingkungan             d. masyarakat

23. Karakteristik pembelajaran SETS adalah ….

a. menghubungkan dan mengkaitkan konsep yang dipelajari dengan unsur-unsur lainnya dalam  kegiatan pembelajaran.

b. menggabungkan beberapa pengertian dalam satu tema kegiatan.

c. konsep yang dipelajari tidak dihubungkan dan dikaitkan dengan unsur-unsur lainnya.

d. konsep yang dipelajari diberikan secara terpisah-pisah.

24.  Pernyataan yang tidak benar mengenai pembelajaran SETS adalah  …

a. memperhatikan isu yang berkembang di masyarakat dan lingkungan.

b. mengkaitan konsep yang dipelajari dengan unsur-unsur lain yang ada dalam

    pembelajaran yang terpadu.

c. menggunakan terminologi cognitive untuk menganalisis pengaruh sains dan teknologi

    bagi masyarakat.

d. menentukan tema dalam kegiatan pembelajaran.

25. Perbedaan Pendekatan STM dan SETS adalah ….

a. menggunakan teori belajar konstruktivisme

b. memperhatikan isu yang sedang berkembang di masyarakat dan lingkungan

c. mengkaitkan konsep yang dipelajari dengan unsur-unsur lain yang ada dalam

    pembelajaran secara terpadu.

d. jumlah aspek atau unsur-unsur yang dikaitkan dlam pembelajaran berbeda.

II.   Jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut ini dengan jelas dan benar !

 1.    Tujuan pendidikan sains di Sekolah Dasar adalah untuk membangun individu-individu yang “melek sains dan teknologi”.

Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut, serta keterkaitannya dengan jenis pendekatan SETS (Sains, Ekologi, Teknologi, and Social) dalam pembelajaran IPA di SD/MI !

2.    Seorang guru diharapkan bisa menjadi pembaharu kemajuan bangsa dan Negara, maka ia harus memiliki karakter sebagai berikut : Motivator, pendiagnosa, pembimbing, innovator, experimenter, dan researcher (peneliti).

Jelaskan dengan rinci, peran dari masing-masing karakter tersebut !

3.    Jelaskan tahap-tahap penggunaan metode kerja proyek dalam pembelajaran sains di SD/MI ?

4.    Tuliskan komponen-komponen yang harus ada dalam sebuah silabus !
0 Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA 2018"

Back To Top