ads
ads

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) AQIDAH AKHLAK GENAP KELAS 8 2018

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) AQIDAH AKHLAK KELAS 8 2018

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian beriman kepada rosul-rosul Allah
  2. Disajikan sebuah wacana yang berkenaan dengan seseorang yang diutus untuk mengajarkan ibadah dengan benar dan tepat sesuai dengan pelaksanaannya agar manusia tidak terdzalimi di akhirat nanti, peserta didik dapat menyebutkan seseorang yang menjadi utusan Allah.
  3. Peserta didik dapat menjelaskan arti pentingnya beriman  kepada Rosul-rosul Allah
  4. Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli yang menjelaskan bahwa  rosul itu  menyerukan kepada umatnya agar menyembah Allah dan menjauhi Thagut
  5. Disajikan QS. An-Nisa ayat 165, peserta didik dapat menjelaskan salah satu tugas Rosul Allah
  6. Di uraikan bahwa setiap rosul pasti jujur dalam ucapan dan perbuatan,Peserta didik dapat meyebutkan salah satu sifat wajib bagi rosul
  7. Peserta didik dapat menjelaskan  pengertian  sifat wajib bagi rosul tablig
  8. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi rosul
  9. Disajikan sifat-sifat mustahil bagi rosul dengan artinya, peserta didik dapat menunjukan pasangan sifat mustahil dengan benar
  10. Disajikan sebuah uraian yang menjelaskan bahwa seorang rosul tidak terlepas dari aktifitas sebagaimana yang dilakukan oleh manusia pada umumnya, peserta didik dapat menyebutkan salah satu sifat rosul Allah
  11. Peserta didik dapat menujukan dalil naqli tentang sifat fathonah
  12. Disajikan HR. Amad, peserta didik dapat menjelaskan jumlah Nabi dan Rosul yang disebutkan dalam hadits tersebut
  13. Disajikan pernyataan-pernyataan berbagai hikmah,peserta didik dapat mengelompokan pernyataan yang termasuk kepada hikmah beriman kepada rosul-rosul Allah
  14. Peserta didik dapat menyebutkan istilah luar biasa yang dianugerahkan Allah kepada para Nabi dan Rosul
  15. Disajikan QS.An-Nisa ayat 174,peserta didik dapat menjelaskan salah satu fungsi mukjizat
  16. Peserta didik dapat  menjelaskan pengertian mukjizat kauniyah
  17. Disajikan berbagai macam mukjizat para nabi dan rosul, peserta didik dapat menunjukan contoh mukjizat aqliyah yang diturunkan kepada Nabi Muhamad SAW.
  18. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian ma’unah menurut istilah
  19. Disajikan berbagai contoh kejadian luar biasa, peserta didik dapat menunjukan contoh irhas
  20. Di uraikan berbagai mukjizat para nabi dan rosul, Peserta didik dapat mengidentifikasi mukjizat yang di anugerahkan Allah kepada Musa As.
  21. Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli yang menerangkan tentang  karomah
  22. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu hikmah diturunkannya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya
  23. Peserta didik dapat menjelaska 4 persamaan antara mukjizat dengan karomah maunah dan irhash
  24. Disajikan QS.Ali-Imran ayat 49, peserta didik dapat menyebutkan mukjizat Nabi Isa As. 
  25. Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli tentang mukjizat Nabi Nuh As.
  26. Disajikan beberapa pernyataan tentang peristiwa luar biasa, peserta didik dapat menganalisa perbedaan antara mukjizat dengan karomah maunah dan irhash
  27. diuraikan sebuah cerita tentang seseorang yang mempunyai sifat selalu memandang orang lain dengan kacamata kebaikan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji
  28. Disajikan sebuah Hadits Rosul tentang husnuzhan, peserta didik dapat menunjukan makna yang terkandung didalamnya
  29. Peserta didik dapat menunjukan ciri-ciri orang yang memiliki akhlak terpuji tawadhu
  30. Disajikan QS.Al-Isra ayat 37 tentang tawadhu, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut
  31. Peserta didik dapat menuliskan kembali QS Hujurot,ayat1 2, tentang perintah berakhlak ghibah dan menterjemahkanya kedalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  32. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian tasamuh menurut istilah
  33. Disajikan sebuah cerita tentang orang yang memiliki perasaan yang tidak senang terhadap orang lain yang dianugerahi keberuntungan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela
  34. Peserta didik dapat menjelaskan cara-cara menghilangkan sifat hasad dalam hati seseorang
  35. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dendam menurut istilah
  36. Disajikan beberapa sebab timbulnya akhlak tercela, peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa sebab timbulnya akhlak tercela namimah
  37. Peserta didik dapat menjelaskan 3 sebab timbulnya ghibah
  38. Di sajikan QS.Al-Qalam ayat 10-11, Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela yang dilarang oleh Allah SWT.
  39. Disajikan sebuah hadits yang diriwayat oleh Abu Daud, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam hadits tersebut.
  40. Disajikan cerita perilaku seseorang yang suka menggunjing dan mengupat orang lain tentang sesuatu yang tidak disukainya, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela
  41. Peserta didik dapat menujukan dalil naqli yang menjelaskan bahwa kita harus memilih teman bergaul itu adalah teman yang bertaqwa
    1. 42. Peserta didik dapat menjelaskan perumpamaan teman yang shalih dengan teman yang buruk dalam sebuah hadits  rosulullah SAW
      43. Disajikan tentang  beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berhubungan  dengan sesama manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi etika/adab bergaul yang benar menurut ajaran islam
      44. Peserta didik dapat menjelaskan 4 pelajaran yang dapat diambil dari beberapa hadits Rosul tentang keteladanan Abu Bakar Ash-Shidiq
      45. Peserta didik dapat menjelaskan kepribadian yang dimiliki sahabat Abu Bakar Ash-shidiq  
     

0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) AQIDAH AKHLAK GENAP KELAS 8 2018"

Back To Top