CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
MUNAKAHAT
SOAL
1. Nafkah
adalah salah satu kewajiban suami dalam kehidupan rumahtangga. Uraikanlah
landasan hukum yang mengatur tentang kewajiban ini. Dan bagaimana pengaturan
yang saudara tetapkan bersama jika yang bekerja mencari nafkah itu adalah
isteri atau gaji isteri lebih banyak dari suami?
2. Dalam
kehidupan rumah tangga, harta terdiri dari harta bawaan dan harta bersama.
Bagaimana anda akan mengatur kedua macam harta itu baik dalam masa pernikahan
maupun jika terjadi perpisahan?
3. Permasalahan
dalam kehidupan rumah tangga cukup banyak. Ajaran agama memilah permasalahan
itu ke dalam istilah khulu dan syiqaq. Uraikanlah dengan baik kedua istilah
itu. Bagaimana anda akan menghadapi, mengelola dan menyelesaikan permasalahan
dalam rumah tangga?
4. Uraikanlah
berdasarkan pemahamanan anda dari literature tentang munakahat atau lainnya,
beberapa istilah berikut: talak, fasakh, khulu, li’an. Penjelasan meliputi:
arti istilah, sebab dan akibat hukum dari masing-masing istilah itu.
5. Poligami
adalah pernikahan yang masih diperbincangkan manfaat dan madaratnya oleh
masyarakat. Tulislah suatu penjelasan didasarkan kepada hasil bacaan anda dari
literature munakahat tentang:
a. Hukum
poligami
b. Syarat
poligami
c. Prosedur
d. Adab (hak
dan kewajiban)
e. Pendapat
anda sendiri mengenai poligami dari berbagai aspek yang menurut anda penting
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 1
- Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.
- Sunnah Rasul merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani. Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan akhlak dan kepribadian manusia. Tulis dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan tujuan dasar pendidikan SD/MI.
- Shalat adalah tiang agama, tetapi seringkali shalat dilalaikan pelaksanaannya. Kemukakan pendapat saudara mengenai metode (langkah-langkah/cara) pembelajaran shalat yang efektif (dapat menumbuhkan kesadaran mengerjakan salat sampai siswa menempuh pendidikan selanjutnya) untuk usia SD/MI. jelaskan pula kelebihan-kelebihan metode itu.
- Pajak dan Zakat adalah bagian harta yang wajib diserahkan kepada Negara dan mustahiq. Tulis dan jelaskan perbedaan antara pajak dan zakat, ketentuan tentang penghitungan zakat dalam kaitan dengan wajib pajak. Andaikan anda adalah tokoh masyarakat dan amilin, langkah-langkah dan cara bagaimanakah yang akan anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran para agnia, pengusaha, pejabat Negara, pegawai profesi (dokter, bidan, arsitek dsb) untuk membayar zakat (khususnya penghasilan).
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 2
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Kaidah yang
berlaku pada bidang ibadah berbeda dari bidang
mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk
dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar
yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah.
Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula
contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang
mendukung penjelasan saudara.
3.
Salah satu
rukun jual beli adalah objek akad (mahal al-‘aqad). Kemukakan oleh saudara
persyaratan yang harus ada pada objek akad itu. Dan bagaimana pendapat saudara
tentang jual beli anak dan perempuan yang saat ini cukup menggejala di Indonesia,
berdasarkan kaidah-kaidah jual beli.
4.
Pajak dan
Zakat adalah bagian harta yang wajib
diserahkan kepada Negara dan mustahiq. Tulis dan jelaskan perbedaan antara
pajak dan zakat, penghitungan zakat dalam kaitan dengan wajib pajak. Kemudian
hitunglah pengurangan kewajiban pajak oleh pembayaran zakat pada kasus berikut:
Pak Iman adalah seorang pedagang kerajinan di Rajapolah, dengan omset
perdagangan Rp. 80.000.000,-; biaya operasional Rp. 20.000.000,- memiliki
seorang isteri dan 3 orang anak. Berapakah
zakat yang harus ia bayarkan, dan berapa pajak yang harus ia bayarkan.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 3
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Sunnah Rasul
merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan
pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani.
Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan
akhlak dan kepribadian manusia. Tulis
dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan
tujuan dasar pendidikan SD/MI.
3.
Selain sujud
sebagai bagian dari gerakan shalat dikenal pula istilah sujud sahwi dan sujud tilawah dan sujud syukur.
Uraikanlah istilah sujud sahwi, tilawah
dan sujud syukur meliputi: sebab,
ketentuan (tata cara) dan do’a (bacaan) dalam sujud –sujud tersebut.
4.
Banyak
penyimpangan akhlak dan perilaku berasal dari pergaulan social dan sebagai
guru/calon guru, saudara memiliki kesempatan
untuk menetapkan dan menerapkan langkah-langkah bersifat curative dan
konstruktif serta antisipatif terhadap terjadinya penyimpangan ini. Konsep
pergaulan islami meliputi ta’aruf, tafahum dan ta’awun. Tulislah penjelasan tentang
langkah-langkah penerapan ketiga konsep tadi di lingkungan sekolah sebagai bentuk
partisipasi dan dedikasi anda terhadap pembinaan generasi penerus bangsa, dalam
hal ini siswa SD/MI.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL
4
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Kaidah yang
berlaku pada bidang ibadah berbeda dari
bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan
bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara
kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di
bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis
pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut)
yang mendukung penjelasan saudara.
3.
Thoharoh
memiliki kedudukan yang sangat penting dalam bidang ibadah dan mu’amalah.
Kemukakan oleh saudara makna dan hikmah thoharoh dari berbagai aspeknya pada
kedua bidang tersebut. Tulis pula langkah-langkah yang menurut saudara efektif
di dalam memberikan pembelajaran thoharoh di lingkungan sekolah SD/MI.
4.
Ibadah haji
diwajibkan kepada orang yang memiliki kemampuan. Ungkapkan pendapat saudara
tentang hukum ibadah haji yang dilakukan berulangkali oleh satu orang dan
ibadah haji yang dilakukan dengan cara meminjam uang, berdasarkan landasan
al-Qur’an dan al-sunnah..
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 5
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Sunnah Rasul
merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan
pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani.
Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan
akhlak dan kepribadian manusia. Tulis
dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan
tujuan dasar pendidikan SD/MI.
3.
Puasa dapat
dipandang ibadah mahdloh yang cukup berat dan termasuk baik dalam pembinaan
mental spiritual. Tulislah bagaimana saudara memberikan pembelajaran tentang
puasa sehingga dapat cepat diserap dan kuat diingat oleh peserta didik. Jawaban
meliputi tujuan pembelajaran (aspek yang diutamakan dari materi puasa), metode
(langkah-langkah/cara).
4.
Zakat, infak
dan sodakoh adalah 3 bentuk kegiatan ibadah ghair mahdhoh yang pelaksanaannya
mengandung hikmah antara lain, meningkatkan derajat kesalehan dan meningkatkan
ikatan persaudaraan di antara sesame muslim. Kemukakanlah perbedaan makna dan
tata cara pada ketiga bentuk ibadah tersebut. Penjelasan meliputi: pengertian,
landasan hukum, ketentuan dan tata cara penunaian.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 6
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Kaidah yang
berlaku pada bidang ibadah berbeda dari
bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan
bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara
kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di
bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis
pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut)
yang mendukung penjelasan saudara.
3.
Shalat khusus
meliputi antara lain: shalat ‘ied, shalat jenazah, shalat gerhana, shalat
istisqa. Jelaskanlah tata cara dan do’a
yang dibaca dalam shalat ‘ied, kemudian tulis pula langkah-langkah saudara untuk memberikan
pembelajaran tentang shalat tersebut kepada siswa SD/MI
4.
Puasa dapat
dipandang ibadah mahdloh yang cukup berat tetapi sangat baik sebagai latihan dan pembinaan mental
spiritual. Tulislah bagaimana saudara memberikan pembelajaran tentang puasa
sehingga dapat cepat diserap dan kuat diingat oleh peserta didik. Jawaban
meliputi tujuan pembelajaran (aspek yang diutamakan dari materi puasa), metode
(langkah-langkah/cara).
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 6
- Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.
- Kaidah yang berlaku pada bidang ibadah berbeda dari bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang mendukung penjelasan saudara.
- shalat kahusus meliputi antara lain: shalat ‘ied, shalat jenazah, shalat gerhana dan shalat istiqa’. Jelaskanlah tata cara shalat istisqa’, kemudian tulis langkah-langkah yang saudara tetapkan untuk mengajarkan shalat tersebut kepada siswa SD/MI.
- Sujud terdiri dari: sujud sebagai bagian dari gerakan shalat; sujud sahwi dan sujud tilawah. Uraikanlah istilah sujud sahwi dan sujud tilawah meliputi: sebab, ketentuan dan do’a (bacaan) dalam sujud.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 7
- Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.
- Sunnah Rasul merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani. Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan akhlak dan kepribadian manusia. Tulis dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan tujuan dasar pendidikan SD/MI.
- Shalat khusus meliputi antara lain: shalat ‘ied, shalat jenazah, shalat gerhana dan shalat istisqa’. Jelaskanlah tata cara dan doa shalat jenazah, kemudian tulis langkah-langkah yang saudara pilih untuk mengajarkannya kepada siswa SD/MI
- Puasa dapat dipandang ibadah mahdloh yang cukup berat. Tulislah bagaimana saudara memberikan pembelajaran tentang puasa sehingga dapat cepat diserap dan kuat diingat oleh peserta didik. Jawaban meliputi tujuan, metode dan alasannya.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 8
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Sunnah Rasul
merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan
pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani.
Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan
akhlak dan kepribadian manusia. Tulis
dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan
tujuan dasar pendidikan SD/MI.
3.
Banyak
penyimpangan akhlak dan perilaku berasal dari pergaulan social dan sebagai
guru/calon guru, saudara memiliki kesempatan
untuk menetapkan dan menterapkan langkah-langkah bersifat curative dan
konstruktif serta antisipatif tentang penyimpangan ini. Konsep pergaulan islami
meliputi ta’aruf, tafahum dan ta’awun. Tulislah penjelasan dan contoh bagi
ketiga istilah tadi, dan tulis pula langkah-langkah yang menurut saudara dapat
mengurangi dan mengantisipasi buruknya pergaulan remaja saat ini.
4.
Shodaqoh
tathowu’ adalah kegiatan ibadah social yang memberikan peluang kepada umat
Islam yang tidak dapat menunaikan zakat mal (karena tidak mencapai nishab) dan
memberi peluang menambah pahala dan kemakmuran dunia - akhirat kepada kelompok
aghniya. Jelaskanlah shodaqoh tathowu’ ini dari aspek: landasan hukum dari
al-Qur’an dan hadits; tata cara dan keistimewaannya serta hikmah baik bagi yang
mengeluarkan shodaqoh maupun yang menerimanya.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 9
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Kaidah yang
berlaku pada bidang ibadah berbeda dari
bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan
bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara
kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di
bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis
pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut)
yang mendukung penjelasan saudara.
3.
Shalat khusus
meliputi antara lain: shalat ‘ied, shalat jenazah, shalat gerhana dan shalat
istisqa’. Jelaskanlah tata cara dan doa shalat jenazah, kemudian tulis
langkah-langkah yang saudara pilih untuk mengajarkannya kepada siswa SD/MI
4.
Zakat
termasuk ibadah ghair mahdlah yang memerlukan kesadaran cukup tinggi untuk
melaksanakannya. Tulislah langkah-langkah yang dapat saudara tetapkan di dalam
memberikan pembelajaran tentang zakat, sehingga peserta didik dapat mengerti
tentang kewajiban zakat, macam dan
hikmah yang diperoleh dengan pelaksanaan zakat.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 10
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Kaidah yang
berlaku pada bidang ibadah berbeda dari
bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan
bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara
kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di
bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis
pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut)
yang mendukung penjelasan saudara.
3.
Ibadah haji diwajibkan kepada orang yang
memiliki kemampuan. Tulislah penjelasan tentang istilah-istilah berikut: haji,
umroh, ihram, miqat, thawaf, sa’I,
tamattu’, ifrad, dam, tahallul.
4.
Pajak dan
Zakat adalah bagian harta yang wajib
diserahkan kepada Negara dan mustahiq. Tulis dan jelaskan perbedaan antara
pajak dan zakat, ketentuan penghitungan
zakat dalam kaitan dengan wajib pajak. Kemudian hitunglah kewajiban pengeluaran
pajak dan zakat dalam kasus berikut: Pak Amir memiliki perusahaan CV. Cahaya
Qalbu dengan omset Rp. 150.000.000,- biaya operasional Rp. 75. 000.000,-
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 11
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Sunnah Rasul
merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan
pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani.
Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan
akhlak dan kepribadian manusia. Tulis
dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan
tujuan dasar pendidikan SD/MI.
3.
Salah satu
rukun jual beli adalah objek akad (mahal al-‘aqad). Kemukakan oleh saudara
persyaratan yang harus ada pada objek akad itu. Tulis pula langkah dan metode
yang anda tetapkan di dalam memberikan pembelajaran tentang jual beli kepada
siswa SD/MI.
4.
Shalat
Jum’at memiliki keistimewaan baik dari
segi ibadah meupun social. Tulislah penjelasan tentang shalat jum’at, meliputi
hal-hal sebagai berikut: tata cara, keistimewaan, perbuatan sunnah pada hari
jum’at. Kemudian buatlah sebuah poster yang menganjurkan peserta didik untuk
memiliki kesadaran tentang pentingnya shalat jum’at bagi diri dan keluarganya.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 12
1.
Substansi fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah
ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah
oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai
tentang 5 (lima)
aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan
pembelajaran fikih.
2.
Kaidah yang
berlaku pada bidang ibadah berbeda dari
bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan
bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara
kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di
bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis
pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut)
yang mendukung penjelasan saudara.
3.
Terdapat
beberapa perbedaan antara Shalat Jum’at dan shalat fardlu harian baik dari segi tata cara maupun keistimewaan. Tulislah
penjelasan tentang perbedaan-perbedaan itu. Kemudian tulislah sebuah naskah
pendek khutbah jum’at.
4.
Shadaqoh
adalah kegiatan ibadah yang sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan bersama.
Tulislah langkah-langkah atau cara saudara di dalam memberikan pembelajaran
tentang How to Live Together di kelas yang saudara asuh melalui kegiatan
shodaqoh.
5.
Berdasarkan
kaidah yang berlaku di bidang mu’amalah, kegiatan jual beli menunjukkan perkembangan
sangat pesat dari segi bentuk dan cara. Tulislah penjelasan tentang hukum jual
beli secara on line berdasarkan kaidah-kaidah mu’amalah.
0 Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA KULIAH FIQH MUNAKAHAT, DAN FIQIH"