ads
ads

CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA KULIAH FIQH MUNAKAHAT, DAN FIQIH



CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH MUNAKAHAT


SOAL
1.       Nafkah adalah salah satu kewajiban suami dalam kehidupan rumahtangga. Uraikanlah landasan hukum yang mengatur tentang kewajiban ini. Dan bagaimana pengaturan yang saudara tetapkan bersama jika yang bekerja mencari nafkah itu adalah isteri atau gaji isteri lebih banyak dari suami?
2.       Dalam kehidupan rumah tangga, harta terdiri dari harta bawaan dan harta bersama. Bagaimana anda akan mengatur kedua macam harta itu baik dalam masa pernikahan maupun jika terjadi perpisahan?
3.       Permasalahan dalam kehidupan rumah tangga cukup banyak. Ajaran agama memilah permasalahan itu ke dalam istilah khulu dan syiqaq. Uraikanlah dengan baik kedua istilah itu. Bagaimana anda akan menghadapi, mengelola dan menyelesaikan permasalahan dalam rumah tangga?
4.       Uraikanlah berdasarkan pemahamanan anda dari literature tentang munakahat atau lainnya, beberapa istilah berikut: talak, fasakh, khulu, li’an. Penjelasan meliputi: arti istilah, sebab dan akibat hukum dari masing-masing istilah itu.
5.       Poligami adalah pernikahan yang masih diperbincangkan manfaat dan madaratnya oleh masyarakat. Tulislah suatu penjelasan didasarkan kepada hasil bacaan anda dari literature munakahat tentang:
a.       Hukum poligami
b.      Syarat poligami
c.       Prosedur
d.      Adab (hak dan kewajiban)
e.      Pendapat anda sendiri mengenai poligami dari berbagai aspek yang menurut anda penting




CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH

SOAL 1
  1. Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.


  1. Sunnah Rasul merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani. Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan akhlak dan kepribadian manusia. Tulis  dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan tujuan dasar pendidikan SD/MI.


  1. Shalat adalah tiang agama, tetapi seringkali shalat dilalaikan pelaksanaannya. Kemukakan pendapat saudara mengenai metode (langkah-langkah/cara)  pembelajaran shalat yang efektif (dapat menumbuhkan kesadaran mengerjakan salat sampai siswa menempuh pendidikan selanjutnya) untuk usia SD/MI. jelaskan pula kelebihan-kelebihan metode itu.



  1. Pajak dan Zakat adalah  bagian harta yang wajib diserahkan kepada Negara dan mustahiq. Tulis dan jelaskan perbedaan antara pajak dan zakat, ketentuan tentang penghitungan zakat dalam kaitan dengan wajib pajak. Andaikan anda adalah tokoh masyarakat dan amilin, langkah-langkah dan cara bagaimanakah yang akan anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran para agnia, pengusaha, pejabat Negara, pegawai profesi (dokter, bidan, arsitek dsb)  untuk  membayar zakat (khususnya penghasilan).


CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH


SOAL 2

1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Kaidah yang berlaku pada  bidang ibadah berbeda dari bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang mendukung penjelasan saudara.


3.       Salah satu rukun jual beli adalah objek akad (mahal al-‘aqad). Kemukakan oleh saudara persyaratan yang harus ada pada objek akad itu. Dan bagaimana pendapat saudara tentang jual beli anak dan perempuan yang saat ini cukup menggejala di Indonesia, berdasarkan kaidah-kaidah jual beli.

4.       Pajak dan Zakat adalah  bagian harta yang wajib diserahkan kepada Negara dan mustahiq. Tulis dan jelaskan perbedaan antara pajak dan zakat, penghitungan zakat dalam kaitan dengan wajib pajak. Kemudian hitunglah pengurangan kewajiban pajak oleh pembayaran zakat pada kasus berikut: Pak Iman adalah seorang pedagang kerajinan di Rajapolah, dengan omset perdagangan Rp. 80.000.000,-; biaya operasional Rp. 20.000.000,- memiliki seorang isteri dan 3 orang anak. Berapakah  zakat yang harus ia bayarkan, dan berapa pajak yang harus ia bayarkan.




CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH

SOAL 3

1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Sunnah Rasul merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani. Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan akhlak dan kepribadian manusia. Tulis  dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan tujuan dasar pendidikan SD/MI.

3.       Selain sujud sebagai bagian dari gerakan shalat dikenal pula istilah  sujud sahwi dan sujud tilawah dan sujud syukur. Uraikanlah istilah sujud sahwi, tilawah  dan sujud syukur  meliputi: sebab, ketentuan (tata cara) dan do’a (bacaan) dalam sujud –sujud tersebut.

4.       Banyak penyimpangan akhlak dan perilaku berasal dari pergaulan social dan sebagai guru/calon guru, saudara memiliki kesempatan  untuk menetapkan dan menerapkan langkah-langkah bersifat curative dan konstruktif serta antisipatif terhadap terjadinya penyimpangan ini. Konsep pergaulan islami meliputi ta’aruf, tafahum dan ta’awun. Tulislah penjelasan tentang langkah-langkah penerapan ketiga konsep tadi di lingkungan sekolah sebagai bentuk partisipasi dan dedikasi anda terhadap pembinaan generasi penerus bangsa, dalam hal ini siswa SD/MI.



CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH

SOAL 4

1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Kaidah yang berlaku pada  bidang ibadah berbeda dari bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang mendukung penjelasan saudara.

3.       Thoharoh memiliki kedudukan yang sangat penting dalam bidang ibadah dan mu’amalah. Kemukakan oleh saudara makna dan hikmah thoharoh dari berbagai aspeknya pada kedua bidang tersebut. Tulis pula langkah-langkah yang menurut saudara efektif di dalam memberikan pembelajaran thoharoh di lingkungan sekolah SD/MI.


4.       Ibadah haji diwajibkan kepada orang yang memiliki kemampuan. Ungkapkan pendapat saudara tentang hukum ibadah haji yang dilakukan berulangkali oleh satu orang dan ibadah haji yang dilakukan dengan cara meminjam uang, berdasarkan landasan al-Qur’an dan al-sunnah..





CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 5

1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Sunnah Rasul merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani. Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan akhlak dan kepribadian manusia. Tulis  dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan tujuan dasar pendidikan SD/MI.

3.       Puasa dapat dipandang ibadah mahdloh yang cukup berat dan termasuk baik dalam pembinaan mental spiritual. Tulislah bagaimana saudara memberikan pembelajaran tentang puasa sehingga dapat cepat diserap dan kuat diingat oleh peserta didik. Jawaban meliputi tujuan pembelajaran (aspek yang diutamakan dari materi puasa), metode (langkah-langkah/cara).

4.       Zakat, infak dan sodakoh adalah 3 bentuk kegiatan ibadah ghair mahdhoh yang pelaksanaannya mengandung hikmah antara lain, meningkatkan derajat kesalehan dan meningkatkan ikatan persaudaraan di antara sesame muslim. Kemukakanlah perbedaan makna dan tata cara pada ketiga bentuk ibadah tersebut. Penjelasan meliputi: pengertian, landasan hukum, ketentuan dan tata cara penunaian.





CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH

SOAL 6
1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Kaidah yang berlaku pada  bidang ibadah berbeda dari bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang mendukung penjelasan saudara.

3.       Shalat khusus meliputi antara lain: shalat ‘ied, shalat jenazah, shalat gerhana, shalat istisqa.  Jelaskanlah tata cara dan do’a yang dibaca dalam shalat ‘ied, kemudian tulis pula  langkah-langkah saudara untuk memberikan pembelajaran tentang shalat tersebut kepada siswa SD/MI

4.       Puasa dapat dipandang ibadah mahdloh yang cukup berat tetapi sangat  baik sebagai latihan dan pembinaan mental spiritual. Tulislah bagaimana saudara memberikan pembelajaran tentang puasa sehingga dapat cepat diserap dan kuat diingat oleh peserta didik. Jawaban meliputi tujuan pembelajaran (aspek yang diutamakan dari materi puasa), metode (langkah-langkah/cara).




CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH

SOAL 6

  1. Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

  1. Kaidah yang berlaku pada  bidang ibadah berbeda dari bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang mendukung penjelasan saudara.

  1. shalat kahusus meliputi antara lain: shalat ‘ied, shalat jenazah, shalat gerhana dan shalat istiqa’. Jelaskanlah tata cara shalat istisqa’, kemudian tulis langkah-langkah yang saudara tetapkan untuk mengajarkan shalat tersebut kepada siswa SD/MI.


  1. Sujud terdiri dari: sujud sebagai bagian dari gerakan shalat; sujud sahwi dan sujud tilawah. Uraikanlah istilah sujud sahwi dan sujud tilawah meliputi: sebab, ketentuan dan do’a (bacaan) dalam sujud.





CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH

SOAL 7

  1. Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

  1. Sunnah Rasul merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani. Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan akhlak dan kepribadian manusia. Tulis  dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan tujuan dasar pendidikan SD/MI.


  1. Shalat khusus meliputi antara lain: shalat ‘ied, shalat jenazah, shalat gerhana dan shalat istisqa’. Jelaskanlah tata cara dan doa shalat jenazah, kemudian tulis langkah-langkah yang saudara pilih untuk mengajarkannya kepada siswa SD/MI


  1. Puasa dapat dipandang ibadah mahdloh yang cukup berat. Tulislah bagaimana saudara memberikan pembelajaran tentang puasa sehingga dapat cepat diserap dan kuat diingat oleh peserta didik. Jawaban meliputi tujuan, metode dan alasannya.



CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 8
1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Sunnah Rasul merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani. Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan akhlak dan kepribadian manusia. Tulis  dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan tujuan dasar pendidikan SD/MI.

3.       Banyak penyimpangan akhlak dan perilaku berasal dari pergaulan social dan sebagai guru/calon guru, saudara memiliki kesempatan  untuk menetapkan dan menterapkan langkah-langkah bersifat curative dan konstruktif serta antisipatif tentang penyimpangan ini. Konsep pergaulan islami meliputi ta’aruf, tafahum dan ta’awun. Tulislah penjelasan dan contoh bagi ketiga istilah tadi, dan tulis pula langkah-langkah yang menurut saudara dapat mengurangi dan mengantisipasi buruknya pergaulan remaja saat ini.

4.       Shodaqoh tathowu’ adalah kegiatan ibadah social yang memberikan peluang kepada umat Islam yang tidak dapat menunaikan zakat mal (karena tidak mencapai nishab) dan memberi peluang menambah pahala dan kemakmuran dunia - akhirat kepada kelompok aghniya. Jelaskanlah shodaqoh tathowu’ ini dari aspek: landasan hukum dari al-Qur’an dan hadits; tata cara dan keistimewaannya serta hikmah baik bagi yang mengeluarkan shodaqoh maupun yang menerimanya.



CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 9

1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Kaidah yang berlaku pada  bidang ibadah berbeda dari bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang mendukung penjelasan saudara.


3.       Shalat khusus meliputi antara lain: shalat ‘ied, shalat jenazah, shalat gerhana dan shalat istisqa’. Jelaskanlah tata cara dan doa shalat jenazah, kemudian tulis langkah-langkah yang saudara pilih untuk mengajarkannya kepada siswa SD/MI


4.       Zakat termasuk ibadah ghair mahdlah yang memerlukan kesadaran cukup tinggi untuk melaksanakannya. Tulislah langkah-langkah yang dapat saudara tetapkan di dalam memberikan pembelajaran tentang zakat, sehingga peserta didik dapat mengerti tentang kewajiban zakat, macam dan  hikmah yang diperoleh dengan pelaksanaan zakat.




CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH

SOAL 10


1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Kaidah yang berlaku pada  bidang ibadah berbeda dari bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang mendukung penjelasan saudara.

3.         Ibadah haji diwajibkan kepada orang yang memiliki kemampuan. Tulislah penjelasan tentang istilah-istilah berikut: haji, umroh, ihram, miqat, thawaf, sa’I,  tamattu’,  ifrad, dam, tahallul.

4.       Pajak dan Zakat adalah  bagian harta yang wajib diserahkan kepada Negara dan mustahiq. Tulis dan jelaskan perbedaan antara pajak dan zakat, ketentuan  penghitungan zakat dalam kaitan dengan wajib pajak. Kemudian hitunglah kewajiban pengeluaran pajak dan zakat dalam kasus berikut: Pak Amir memiliki perusahaan CV. Cahaya Qalbu dengan omset Rp. 150.000.000,- biaya operasional Rp. 75. 000.000,-


CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH
SOAL 11


1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Sunnah Rasul merupakan rujukan kedua bagi segala bentuk aktifitas umat Islam. Pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan, pembinaan dan pengembangan sumberdaya insani. Sebagaimana diketahui, keseluruhan sunnah Rasul bermuara pada pengembangan akhlak dan kepribadian manusia. Tulis  dan jelaskan 9 (sembilan) kriteria pribadi muslim dan hubungkan dengan tujuan dasar pendidikan SD/MI.

3.       Salah satu rukun jual beli adalah objek akad (mahal al-‘aqad). Kemukakan oleh saudara persyaratan yang harus ada pada objek akad itu. Tulis pula langkah dan metode yang anda tetapkan di dalam memberikan pembelajaran tentang jual beli kepada siswa SD/MI.

4.       Shalat Jum’at  memiliki keistimewaan baik dari segi ibadah meupun social. Tulislah penjelasan tentang shalat jum’at, meliputi hal-hal sebagai berikut: tata cara, keistimewaan, perbuatan sunnah pada hari jum’at. Kemudian buatlah sebuah poster yang menganjurkan peserta didik untuk memiliki kesadaran tentang pentingnya shalat jum’at bagi diri dan keluarganya. 




CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH FIQH

SOAL 12
1.       Substansi  fikih, diantaranya ibadah dan mu’amalah ditetapkan sesuai dengan tujuan disyari’atkannya ajaran Islam. Kemukakanlah oleh saudara tujuan disyariatkannya hukum Islam beserta penjelasan yang memadai tentang 5 (lima) aspek pokok kehidupan manusia (dharury), dan tulis pula kaitannya dengan pembelajaran fikih.

2.       Kaidah yang berlaku pada  bidang ibadah berbeda dari bidang mu’amalah –dalam hal ini jual beli- dengan implikasi pada perkambangan bentuk dan tata cara pelaksanaan kedua bidang ini. Kemukakan oleh saudara kaidah dasar yang berlaku di bidang ibadah dan kaidah dasar yang berlaku di bidang mu’amalah. Bagaimana implikasi kedua kaidah itu secara praktis. Tulis pula contoh-contohnya masing-masing 2 buah (dari kedua bidang fikih tersebut) yang mendukung penjelasan saudara.

3.       Terdapat beberapa perbedaan antara Shalat Jum’at dan shalat fardlu harian baik dari  segi tata cara maupun keistimewaan. Tulislah penjelasan tentang perbedaan-perbedaan itu. Kemudian tulislah sebuah naskah pendek khutbah jum’at.

4.       Shadaqoh adalah kegiatan ibadah yang sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan bersama. Tulislah langkah-langkah atau cara saudara di dalam memberikan pembelajaran tentang How to Live Together di kelas yang saudara asuh melalui kegiatan shodaqoh.

5.       Berdasarkan kaidah yang berlaku di bidang mu’amalah, kegiatan jual beli menunjukkan perkembangan sangat pesat dari segi bentuk dan cara. Tulislah penjelasan tentang hukum jual beli secara on line berdasarkan kaidah-kaidah mu’amalah.
0 Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA KULIAH FIQH MUNAKAHAT, DAN FIQIH"

Back To Top