CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
METODE PENELITIAN
SOAL
- Susunlah sebuah proposal penelitian dengan permasalahan dan judul sebagaimana telah ditetapkan di kelas bagi masing-masing anggota kelas.
- Format proposal adalah sebagai berikut:
- Cover terdiri dari: Judul Penelitian dengan huruf capital; tujuan (memenuhi salah satu syarat kelulusan pada kuliah Metode Penelitian); identitas penulis (nama, nomor registrasi, kelas, smt), fakultas/program studi, logo IAILM dan tahun
- Isi
- Daptar Pustaka
- Isi dan sistimatika proposal adalah sebagai berikut:
a.
Pengantar
b.
Latar
belakang Masalah Penelitian
c.
Rumusan
Masalah dan Pertanyaan Penelitian
d.
Kerangka
Berpikir
e.
Langkah-langkah
Penelitian
f.
Rancangan
sistimatikan Laporan Penelitian
- Lampiran : instrumen penelitian yang digunakan
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
FIQH
PERTANYAAN:
- Soal untuk seluruh kelompok:
- Hukum Islam disyari’atkan dengan membawa tujuan pokok “jalb al-mashalih wa daf’ al-mafasid”. Jelaskanlah penjabaran dari tujuan pokok tadi berkaitan dengan asepk kehidupan manusia. Perkuatlah penjelasan saudara dengan contoh masing-masing aspek.
- Keseluruhan sunnah yang ditampilkan oleh Rasulullah SAW mengarah kepada tujuan pengembangan sumberdaya insani. Tulis dan jelaskan 9 karakteristik sumberdaya insani dimaksud, lengkapi dengan contoh untuk setiap karakteristik. Contoh diambil dari pengalaman hidup sehari-hari.
Ibadah
dan Mu’amalah adalah dua bagian dari keseluruhan ajaran Islam. Uraikan kaidah
pokok fikih bidang ibadah dan kaidah pokok fikih bidang mu’amalah.
- Thoharoh (bersuci) memiliki peran sangat penting bukan hanya dalam pelaksanaan ibadah saja, melainkan juga dalam pelaksanaan keseluruhan aspek kehidupan manusia secara umum. Uraikanlah makna dan hikmah thoharoh dalam kehidupan manusia pada umumnya dan dalam kehidupan umat Islam secara khusus.
- Pergaulan manusia di berbagai lingkungan social (keluarga, masyarakat, sekolah) merupakan bagian dari pembelajaran fikih. Uraikanlah pendapat saudara mengenai:
a.
Metode apa
yang saudara gunakan di dalam memberikan pembelajaran tentang etika bergaul
kepada peserta didik (khususnya pergaulan antara siswa laki-laki dan
perempuan), yang akan dijadikan acuan bagi mereka menapaki tahapan
kehidupannya.
b.
Tuliskan
hasil yang akan saudara capai dengan menggunakan metode pembelajaran itu.
- Soal untuk kelompok:
1.
Berdasarkan
jawaban saudara pada soal bagian A di atas, jawablah soal berikut sesuai dengan
pemahaman saudara atas jawaban pada bagian A tersebut:
a.
Shalat
b.
Puasa
c.
Zakat
d.
Ibadah haji
e.
Jual beli
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA
KULIAH : FIQH JINAYAH
SOAL
- Penyimpangan perilaku seksual di kalangan remaja saat ini dipandang sudah berada pada tingkat menghawatirkan. Tulislah penjelasan saudara mengenai:
- hukum melakukan penyimpangan seksual menurut ajaran Islam. Tulis dengan dalil dari al-Qur’an dan al-Sunnah.
- Hukuman bagi para pelaku penyimpangan seksual menurut al-Qur’an dan al-sunnah
- Langkah dan cara apa saja yang dapat dan mungkin dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda dari perbuatan sex bebas itu.
- Peristiwa pidana korupsi sedang menjadi program pemerintah untuk memberantasnya. Tulislah penjelasan saudara tentang:
a.
Hukum
perbuatan korupsi menurut ajaran Islam. Kemukakan argumentasinya berdasarkan
al-Qur’an dan al-Sunnah
b.
Hukuman yang
layak untuk para koruptor berdasarkan ajaran Islam, berdasarkan argumentasi
yang saudara temukan dari al-Qur’an dan al-Sunnah
c.
Cara apakah
yang dapat dilakukan untuk mensosialisasikan haramnya korupsi kepada siswa SD,
SMP, SMA (sederajat) dan mahasiswa, di dalam rangka membina akhlak mereka.
- Tindak kekerasan di kalangan masyarakat merupakan fenomena yang terjadi hamper setiap hari di berbagai tempat di Indonesia. Tindak kekerasan dapat berbentuk kekerasan dalam rumah tangga, di sekolah, di kampong (tawuran antar kampong, terorisme), mulai dari pelukaan hingga pembunuhan atau bom bunuh diri. Susunlah suatu penjelasan mengenai hal ini, meliputi:
a.
Klasifikasi
tindak kekerasan menurut hukum Islam. Lengkapi penjelasan ini dengan dalil dari
al-Qur’an
b.
Hukum setiap
macam tindak kekerasan menurut hukum Islam dengan menuliskan pula dalil dari
al-Qur’an dan al-Sunnah
c.
Langkah-langkah
yang menurut saudara efektif untuk mensosialisasikan hukum tindak kekerasan
berdasarkan hukum Islam kepada masyarakat di berbagai lapisan (rumah tangga,
sekolah, warga masyarakat).
- Hukum Pidana Islam atau fiqh Jinayah diberlakukan antara lain di Saudi Arabia. Hingga saat ini sudah lebih dari satu orang TKW yang dipidana hukum pancung karena perbuatannya. Jelaskanlah oleh saudara beberapa hal sebagai berikut:
a.
Langkah apa
yang dapat dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada calon tkw agar mereka
terhindar dari perbuatan yang mengakibatkan hukum pancung.
b.
Langkah apa
yang sebaiknya dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam hal ini depnaker
dan pjtki untuk mengantisipasi terjadinya tindak kekerasan dan hukuman pancung.
- Minuman keras dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya) adalah dua istilah yang dinisbahkan kepada generasi muda saat ini. Keduanya termasuk ke dalam makanan dan minuman yang diharamkan karena memberikan dampak buruk kepada penyalahgunanya. Jelaskanlah oleh saudara persoalan-persoalan berikut ini:
- Jenis-jenis minuman keras dan NAPZA berdasarkan berbagai sumber informasi (literatur, koran, majalah, internet, teman dsb)
- Kedudukan hukum minuman keras dan NAPZA berdasarkan al-Qur’an dan sunnah, dengan menuliskan ayat-ayat dan hadits-hadits yang menunjukkan keharamannya.
- Pemahaman teman-teman saudara (minimal 5 orang)terhadap keharaman minuman keras dan NAPZA
- Langkah-langkah apa saja yang menurut saudara cukup efektif untuk mengurangi kasus penyalahgunaan NAPZA di kalangan mahasiswa atau lingkungan saudara sendiri.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH : FIQH
III (MU’AMALAH)
SOAL:
- Bagaimanakah kedudukan dan fungsi harta di dalam kehidupan seorang muslim berdasarkan al-Qur’an dan bagaimana anda mentasharrufkan (membelanjakan) harta berdasarkan pandangan itu?
- tulislah sebuah informasi ringkas tapi tegas yang isinya adalah kegiatan-kegiatan ekonomik yang disyari’atkan dan kegiatan ekonomik yang dilarang. Informasi ini ditujukan kepada siswa SD/MI.
- buatlah suatu daftar yang isinya adalah komoditas jual beli yang mubah dan komoditas yang haram. Daftar ini akan dibaca oleh siswa SD/MI.
- tulislah pandangan anda tentang praktek perbankan syari’ah dan asuransi (takaful) syari’ah.
- susunlah langkah-langkah yang saudara tempuh untuk mensosialisasikan perbankan syari’ah dan takaful syari’ah kepada siswa SD/MI (termasuk di dalamnya penyajian informasi berupa poster atau propaganda dalam bentuk naskah dan atau teks ringkas tentang kebaikan dan karakteristik bank syari’ah dan takaful).
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA
KULIAH : FIQH SIYASAH MALIYAH
SOAL:
- Tulislah oleh saudara pengertian siyasah maliyah
- Tulislah dan jelaskan prinsip-prinsip yang digunakan di dalam siyasah maliyah
- Tulislah teori-teori pengaturan dan pengelolaan sumberdaya alam (maliyah) yang sudah saudara pelajari.
- Tulislah secara ringkas model pengaturan atau pengelolaan sumberdaya air dalam suatu negara
- Susunlah suatu model pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan teori-teori pengelolaan sumberdaya.
- Tulislah suatu penjelasan bagaimana mengelola dan mengatur distribusi dan konsumsi BBM agar menjadi mashlahat bagi warga Negara Indonesia (contoh pengelolaan berdasarkan teori maslahat)
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH :
BIMBINGAN TILAWAH
- Tulislah Qs. Al-takatsur secara lengkap (syakal dan terjemah). Kemudian susunlah suatu penjelasan tentang ayat-ayat tersebut dari aspek sebagai berikut:
a.
Tajwid
b.
Kandungan
ayat.
c.
Konteks
kandungan ayat dengan persoalan aktual saat ini.
- Tulislah secara lengkap (syakal dan terjemah) QS. Al-Humazah. Kemudian tulislah penjelasan tentang ayat-ayat itu dari aspek: kandungan ayat serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.
- Tulislah Qs. Al-lail. Kemudian susunlah suatu penjelasn tentang ayat-ayat itu dari aspek: kandungan ayat dan keterkaitan ayat-ayat itu dengan kehidupan sehari-hari.
- Tulislah QS. Al-tatfif. Kemudian jelaskan dari aspek, kandungan ayat, dan hukum yang dapat diambil dari ayat-ayat itu.
- Tulislah Qs al-zalzalah. Kemudian tulislah penjelasan tentang ayat itu dari aspek: kandungan ayat dan keterkaitan ayat-ayat itu dengan kehidupan sehari-hari.
CONTOH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA KULIAH :
PENGANTAR ILMU FIQH
SOAL
- Tulislah suatu penjelasan tentang istilah-istilah ini: fiqh, ushul fiqh dan kaidah fiqhiyah. Kemudian jelaskan pula kedudukan dan keterkaitan ketiga istilah itu satu sama lain di dalam bangunan ilmu hukum Islam.
- Fiqh dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsipnya. Tulislah prinsip-prinsip dimaksud dan jelaskan implementasinya dalam perbuatan seorang muslim.
- Ilmu fiqh dikembangkan berdasarkan pemahaman terhadap sumber-sumber utamanya yaitu al-Qur’an dan Al-Sunnah. Tulislah penjelasan ringkas tentang perkembangan ilmu fiqh sejak masa rasul hingga saat ini.
- Fiqh dikembangan dari sumbernya dengan menggunakan metode yaitu: ijtihad. Jelaskanlah macam-macam ijtihad dan contoh-contohnya.
- Kemukakan suatu penjelasan tentang tujuan pensyari’atan hukum Islam.
- Tulislah pandangan saudara mengenai kemungkinan pemberlakuan hukum Islam di Indonesia. Jawaban meliputi langkah-langkah yang ditempuh dalam upaya memberlakukan hukum Islam dan harapan-harapan yang akan menjadi hasil positip bagi masyarakat Indonesia dalam perihal dekadensi moral.
0 Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP METODE PENELITIAN, FIQIH, FIQIH JINAYAH, FIQIH III, MUAMALAH, SIYASAH, BIMBINGAN TILAWAH DAN PENGANTAR ILMU FIQIH"