ads
ads

Definisi Biografi dan Autobiografi dalam pembahasan Sejarah Manusia

Biografi dan Autobiografi 

Secara bahasa, biografi berasal dari kata bios, dan graphien. Bios dalam bahasa yunani, berarti hidup, dan graphien berarti tulis. Jadi biografi adalah tulisan mengenai perjalanan atau kisah riwayat hidup, dari seseorang. Secara lebih lengkap, biografi adalah sebuah catatan yang dibuat oleh seseorang, mengenai perjalanan hidup orang lain. Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. 
Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati, dan data-data pekerjaan seseorang. Biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dituliskan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) online, biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Sedangkan autobiografi yakni riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri. 
Dalam laman wikipedia, biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. 
Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Sedangkan autobiografi disebut juga otobiografi yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki pengertian yakni biografi yang ditulis oleh subjeknya (atau, dalam penggunaan modern, dikarang bersama-sama dengan penulis lain. Lebih lanjut dalam Wikipedia tersebut bahwa pengarang biografi biasanya mengandalkan berbagai sudut pandang dan bemacam ragam dokumen, sedangkan otobiografi bisa saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Otobiografi juga terkait dengan memoar, dan kadang-kadang agak sukar membedakan keduanya. Dari pengertian yang diambil dari KBBI dan Wikipedia diatas, maka dapat kita simpulkan perbedaannya sebagai berikut: 
  1. Informasi yang terkandung dalam sebuah biografi ditulis oleh orang lain dengan mengandalkan studi literatur, dokumen penting, atau bahkan dengan memanfaatkan narasumber sebagai saksinya dalam mengungkap persitiwa dengan fakta-fakta yang ada. Informasi biografi seseorang biasanya akan mengandung hikmah, motivasi dan sejarah penting yang dapat dijadikan suri teladan bagi yang membacanya. Subjek dalam penulisan biografi mengarah kepada orang-orang besar atau tokoh terkenal yang mempunyai banyak jasa, karya ataupun pemikirannya yang banyak bermanfaat untuk kehidupan manusia. 
  2. Sedangkan autobiografi atau otobiografi ditulis oleh sendiri atau dengan pengarang lain berdasarkan pengalamannya selama ia menjalani kehidupannya. Biasanya akan berisi informasi mengenai masa kehidupannya dari yang sulit hingga mencapai keberhasilan. Seringkali isi dalam autobiografi hanya menampilkan informasi yang bersifat positif. Sebagai contoh dalam ranah politik seringkali penulisan buku autobiografi dari seorang pejabat bertujuan untuk pencitraan. Walaupun tidak semuanya dengan tujuan tersebut akan tetapi inti dari autobiografi ini adalah agar masyarakat mengenal dan mengetahui dengan apa yang dilakukannya selama ia hidup sehingga bisa diambil hikmah atau pelajaran berharga bagi pembacanya.
0 Komentar untuk "Definisi Biografi dan Autobiografi dalam pembahasan Sejarah Manusia"

Back To Top