ads
ads

HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN TINGKAH LAKU MANUSIA dalam bersosialisasi

MOTIVASI TINGKAH LAKU MANUSIA 

Motif identik degn Drives & Needs menurut Filmore. Motif adalah Suatu kondisi (kekuatan/dorongan) yang mengerakkan organisme (Individu) untuk mencapai suatu tujuan atau beberapa tujuan dari tingkat tertentu. Motif yang menyebabkan timbulnya semacam kekuatan agar individu itu berbuat, bertindak & bertingkah laku. Drives adalah Konotasi (Arti) sebagai dorongan yang berhubungan dengan kebutuhan dasar yang bersifat Biologis seperti : 
1.Makan 
2.Minum 
3.Bernafas dll. 

Needs adalah Dorongan yang berhubungan dengan kebutuhan biologis apabila individu merasa adanya kekurangan, seperti :Kalori atau Vitamin. Sigmund Freud adalah Seorang sarjana Psikhoanalisa mengartikan : Motivasi berdasarkan insting. 
Menurut Freud seseorang bertingkah laku menurut 2 macam dorongan (Motif). 
1.Dorongan insting untuk hidup dan 
2.Dorongan insting untuk mati. 

Dorongan insting untuk hidup adalah Mendorongnya untuk mencintai dan mencipta. Dorongan insting untuk mati adalah Mendorong manusia untuk membenci & Menghancurkan. Dengan demikian Motivasi diartikan sbg dorongan Naluriah, baik bersifat negatif maupun Konstruktif & Destruktif. Moh. Surya & Nana Saodih Mengatakan : Motif/ Drives merupakan “Satu kesatuan Tenaga” (Compleks State) dalam diri individu yang mendarong individu u. melakukan kegiatan mencapai suatu tujuan (Goal/Incentive). Goal & Incentive adalah Mengandung pengertian yang sama, yaitu ; “Sesuatu yang dituju oleh perbuatan yang bermotif”. Goal lebih luas dari pada Incentive. Incentive adalah Lebih terbatas kepada tujuan yang merupakan objek yang bersifat kebendaan. Goal adalah Bukan hanya objek yang bersifat kebendaan termasuk juga Norma-norma sosial, Spritual, Hukum & Agama dsb. Moslow Mengemukakan masalah motif dengan teorinya yang disebut : “Teori Kebutuhan” bahwa motifasi manusia senantiasa menggerakkan kepada pemenuhan akan kebutuhan-kebutuhan yang bersifat sebagai berikut : 
1.Pemenuhan kebutuhan Fisiologis (Jasmaniah) 
2.Pemenuhan kebutuhan security/perlindungan. 
3.Pemenuhan hidup kemasyarakatan (Sosial). 
4.Pemenuhan kebutuhan akan pengakuan; 
5.Pemanuhan kebutuhan akan kepuasan. 
Apabila motif & kebutuhan-kebutuhan  tersebut tidak mendapatkan penyaluran & pemuasan dengan baik, individu akan mengalami Frustasi (Ketegangan Psikhologis). Oleh karena itu dlm proses mengajar & belajar perlu memperhatikan motif-motif pokok individu. David C.Mc. Clelland. mengemukakan Teori “Virus mental” Dimana setiap individu/kelompok, terdapat suatu daya kekuatan mental yang mampu mendorong ke arah suatu aktifitas kehidupan yang luar biasa hebatnya sehingga dengan daya tersebut manusia dapat mencapai kemajuan & hasil yang gemilang. Virusmental disebut juga N. Ach yaitu “ Need For Achievement” Artinya kebutuhan u. memperoleh prestasi & hasil yang gemilang.

 JENIS-JENIS MOTIF 
1.Motif Dasar (Basic Motif)/Dorongan
2 Biologis (Biological motif). 
3.Motif Sosial (Social motif). 
4.Motif objektif. 

PERBEDAAN MOTIF DASAR PADA HEWAN & MANUSIA. 

Dlm perkembangan selanjutnya terdapat perbedaan antara motif dasar (strinktif) pada Hewan & Manusia. HEWAN adalah Motif & kegiatannya menetap pd tingkat motif dasar ( Statis). Contoh : Pembuatan sarang dr dulu smp skr tetap. MANUSIA adalah Motif Dsar & kegaiatan Instrinktif Man. dapat berkemb.Berdasarkan pengalaman & faktor lindungan yang mewmpengaruhinya menjadi motif-motif sosial & motif yang dipelajari. 

BEBERAPA MOTIF DASAR (Biological Drives yang dimiliki Manusia & Hewan). a.l : 
1.Motif Dasar U. Makan, Minum, Bernafas. (Hunger, Thirst and Breath). 
2.Motif Dasar u. perlindungan diri/rasa aman (Security Drives). 
3.Motif Dasar u. beristirahat & bergerak (Rest and Activity Drives) 
4.Motif Dasar u. memperkembangkan keturunan (Sex Drives).
0 Komentar untuk "HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN TINGKAH LAKU MANUSIA dalam bersosialisasi"

Back To Top