Pilihlah
jawaban yang paling tepat!
1.
Yang bukan merupakan pengertian Al-Qu’an
adalah....
b.
Firman Allah yang diturunkan kepada Rasulullah SAW secara mutawatir sebagai
pedoman hidup umat manusia
c.
Sebuah kitab suci yang wajib diimani oleh seluruh umat Islam dan membacanya
merupakan suatu ibadah
d.
Kalam Allah yang disampaikan kepada seluruh Nabi dan RasulNya secara
berangsur-angsur
e.
Wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara
malaikat Jibril
2.
Dari segi bahasa, Hadist memiliki banyak arti, diantaranya....
a.
Nabi, sumber dan hukum
b.
Baru, ucapan dan muda
c.
Jejak, langkah dan peninggalan
d.
Pedoman, kitab suci dan petunjuk
3.
Arti Al-Qur’an menurut bahasa adalah....
a.
hukum Islam c. pedoman
b.
kitab suci d. bacaan
4.
Al-Qur’an memiliki banyak nama lain yang sekaligus merupakan fungsinya bagi
kehidupan umat manusia. Diantara nama lain Al-Qur’an adalah Al-Dzikra,
menunjukkan bahwa Al-Qur’an memiliki fungsi sebagai....
a.
obat agar hati kita menjadi tenang
b.
pengingat disaat kita lengah atau lupa
c.
pembeda antara yang haq dan yang bathil
d.
petunjuk jalan kita menuju kebahagiaan hakiki
5.
Sebagaimana Al-Qur’an, Hadistpun memiliki beberapa nama lain yang juga
merupakan fungsinya bagi kehidupan umat manusia. Diantara nama lain tersebut adalah
sunnah, yang berarti bahwa hadist merupakan....
a.
pelengkap kisah yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
b.
tuntunan hidup yang dicontohkan dan bersumber dari Rasulullah SAW
c.
hukum yang harus kita ikuti agar mendapat pahala, jika tidak tidak apa-apa
d.
aturan dan sumber hukum terpenting dalam kehidupan kita setelah wafatnya
Rasulullah SAW
6.
Al-Qur’an juga memiliki nama lain ”Al-Busyro” yang berarti kabar
gembira. Hal tersebut ditunjukkan dengan....
a.
Kabar gembira bagi umat Islam bahwa telah hadir kitab suci yang tak lekang
oleh zaman
b.
ayat-ayat rahmat yang terdapat dalam Al-Qur’an yang menjanjikan surga bagi
umat Islam yang bertaqwa.
c.
Turunnya Nabi terakhir yang membawa kitab suci Al-Qur’an yang sudah lama
disebut dalam kitab suci injil
d.
Adanya orang yang berbuat baik,
selain mereka yang banyak berbuat kemungkaran sehingga Islam tetap terjaga
7.
Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwasannya sholat diwajibkan pada waktu-waktu
yang telah ditentukan, adapun waktu-waktu sholat lebih terperinci diterangkan
dalam hadist, hal tersebut menunjukkan bahwa hadist memiliki fungsi penting
terhadap Al-Qur’an yaitu....
a.
Membatasi keumuman Al-Qur’an
b.
Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an yang bersifat global
c.
Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
d.
Sebagai pengukuh hukum yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an
8.
Liburan sekolah
merupakan hal yang membosankan bagi Neyla, karena ia tidak dapat bertemu dengan
teman-temannya. Di rumah ia hanya
berteman dengan pembantunya, sedangkan ayah dan ibunya sibuk dengan
pekerjaannya yang menyita seluruh waktunya. Sebagai anak yang dapat
memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan pribadinya, Neyla
seharusnya….
a.
Mengajak
pembantunya untuk membaca Al-Qur’an setiap saat
b.
Mengingatkan
ayah dan ibunya untuk tidak terlalu sibuk dalam urusan duniawi
c.
Memanfaatkan
waktu luang dan fasilitas yang dimiliki untuk menambah kemampuan diri yang
positif
d.
Menikmati waktu
luang dan segala fasilitasnya dengan santai dan mengundang teman-temannya untuk
pesta
9.
Perhatikan
hal-hal berikut!
1.
Menjaga nama
baik negara kita
2.
Memiliki bendera
negara kita dan memasangnya setiap hari
3.
Senantiasa
berbuat baik hanya kepada seluruh warga Negara RI
4.
Menyuruh segenap
warga Negara RI untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur’an
5.
Ikut
berpartisipasi semaksimal mungkin dalam membangun kemajuan bangsa
6.
Menjadi warga
Negara yang baik dengan tetap berpegang teguh kepada ajaran Islam
Pada
pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan perilaku memfungsikan Al-Qur’an
dan Hadist dalam kehidupan bernegara, ditunjukkan pada nomor….
a.
1, 5 dan 6
b.
1, 2 dan 3
c.
2, 3 dan 4
d.
4, 5 dan 6
10.
Banyak sekali cara kita untuk dapat mencintai Al-Qur’an,
diantaranya dengan cara….
a.
Menghafalkan sebagian ayat-ayatnya dengan senang
b.
Menyimpannya ditempat yang aman dan terkunci
c.
Membawanya ke tempat tidur kita setiap malam
d.
Menciuminya setiap saat
11.
Selain Al-Qur’an, kita juga seharusnya mencintai Al-Hadist sebagai pedoman
hidup kedua. Bukti kecintaan tersebut bisa ditunjukkan dengan cara….
a.
Mempelajari maknanya
b.
Mengabaikan isi kandungannya
c.
Menjadikannya sumber hukum utama
d.
Membacanya dengan tartil sebagaimana Al-Qur’an
12.
Maraknya hiburan dari dalam dan manca negara, menjadikan para pemuda kita
jauh dari kitab suci yang seharusnya sering dibacanya. Salah satu cara
menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap Al-Qur’an yaitu dengan cara….
a.
Tidak mempelajari pelajaran lain selain Al-Qur’an
b.
Selalu membawanya ke tempat hiburan
yang kita sukai
c.
Mempelajari Al-Qur’an dan mengaitkannya dengan sains
d.
Tidak menyaksikan tayangan televisi
selain acara Al-Qur’an
13.
Perhatikan ungkapan beberapa anak berikut!
Ardi = “Yes..! sudah bel masuk
kelas, berarti ngaji kita berakhir. Lega..”
Firman = “Aduh, ngaji lagi..ngaji lagi. Kalo gini terus kan jadi ngantuk.”
Dwi = “Ndak papa lah, meskipun
sebentar, tapi kita punya kesempatan baca Al-Qur’an.”
Ais = “tau kalo nganggur gini, mending
tadi bawa Juz Amma, kan bisa nambah hafalan kita”
Ilham = “lihat tuh, si Aly kayak orang
alim aja, bawa Al-Qur’an kemana-mana”
Bukti kecintaan kepada Al-Quran, salah satunya
ditunjukkan dengan ungkapan….
a.
Ardi dan Ilham c.
Firman dan Ais
b.
Dwi dan Ais d. Ardi dan Firman
14.
Perhatikan beberapa cerita berikut!
1.
Arman mempunyai kebiasaan makan sambil jalan, menurutnya hal itu sangat
menyenangkan dilakukan saat pulang sekolah bersama teman-temannya untuk menjaga
kebersamaan
2.
Di sekolah Fatma diajar ilmu Hadist,
namun ia tidak menyukai pelajaran tersebut karena ia merasa tidak
membutuhkannya saat itu.
3.
Adnan berniat menghafal hadist yang berkaitan dengan kesehariannya agar ia
dapat mengamalkan isinya sesuai tuntunan Rasulullah SAW
4.
Karena hadist jumlahnya ribuan dan tidak mungkin menghafalkan semua maka Tasya merasa keberatan untuk
mempelajarinya di kelas
Dari beberapa kasus
di atas, perilaku seeorang yang menjaga hadist ditunjukkan dengan kisah nomor…
a.
1 b. 2 c. 3 d. 4
15.
Jika seorang pelajar dapat menggunakan Al-Qur’an dan hadist dalam
kesehariannya, pastilah ia mempunyai akhlak yang terpuji baik terhadap guru
maupun teman-temannya. di bawah ini
perilaku tersebut ditunjukkan oleh….
a.
Sasa yang tidak pernah terlambat mengumpulkan tugas dari gurunya
b.
Dodo yang tidak pernah menunjukkan sikap santun kepada bapak dan ibu
gurunya
c.
Ardian yang hampir setiap minggu melupakan kewajibannya untuk piket
kebersihan kelas
d.
Firman yang seringkali membantu teman-temannya untuk mengerjakan soal saat
ujian berlangsung
16.
Perhatikan percakapan berikut!
Azka :”Hai, semua….gimana nih acara weekend
kita? Jadi kan ke rumahku, tak usah khawatir… mamaku udah ngizinin kok.”
Aldian : “aduh,
gimana ya…aku sih sebenarnya kepingin, tapi ibuku ada banyak kerjaan saat itu,
gimana aku izinnya?.”
Azka :”alaah..gampang, kamu kan bisa bilang ke
ibumu bahwa kita akan mengerjakan tugas sekolah, beres kan?”
Remo :”Wah, jangan Di… mendingan kamu ndak usah
ikut untuk yang kali ini, kasian ibu kamu, lagian cuman nge game gini
aja”
Azka :” eeh jangan meremehkan ya?! Dijamin kalian
bakal rugi ndak mainin game baruku ini…made in Hongkong man….”
Remo :”yaaa…tergantung Aldi lah, mau ikut atau
tidak, yang penting….aku kasih saran agar tidak usah ikutan main, mending di
rumah aja siapa tahu ibunya butuh bantuannya.”
Dalam percakapan tersebut perilaku yang sesuai dengan
ajaran Hadist adalah perilaku….
a.
Azka, karena ia ingin menyenangkan hati temannya walau dengan cara apapun
b.
Semuanya, karena sudah merencanakan acara sedemikian rupa
c.
Remo, karena mengingatkan temannya agar tidak salah melangkah
d.
Aldi, karena selalu bingung dengan apa yang mesti dilakukannya
17.
Kinan sangat kesal karena adiknya,Vira, sering mengambil tasnya tanpa izin. Kinan
mencoba bersabar tapi adiknya tidak juga sadar atas kelakuannya. Hal yang mesti
dilakukan Kinan untuk bisa menggunakan Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan keluarga adalah....
a.
Memarahinya dan memberinya pelajaran
b.
Melaporkan hal tersebut kepada orang tuanya agar dimarahi
c.
Mengajaknya bicara baik-baik dan mengingatkan kesalahannya
d.
Menasehatinya agar membeli tas sendiri dan jangan pernah meminjam lagi
18. “yaitu
jalan orang yang Engkau beri nikmat atas mereka” merupakan terjemahan dari
ayat....
a. اهدنا الصراط المستقيم
b.
غير
المغضوب عليهم
c. صراط الذين
أنعمت عليهم
d. غير المغضوب عليهم و لا الضالين
19. إياك نعبد و إياك نستعين
Arti kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut di atas adalah....
a.
Kami menyembah
b.
Kami menyembahMu
c.
Kami mohon pertolongan
d.
Hanya kepadaMu kami mohon
pertolongan
20.
“dari kejahatan bisikan setan yang
bersembunyi” merupakan terjemahn dari ayat….
a. من شر غاسق إذا وقب
b. من شر الوسواس الخناس
c. الذي يوسوس في صدور الناس
d. من شر النفاثات في العقد
21. اله
النـــــــــــــــــاس
Makna ayat di atas adalah....
a.
Allah lah satu-satunya yang wajib
dimintai pertolongan
b.
Hanya Allahlah yang wajib disembah
dan tempat mengabdi
c.
Kepada Allahlah Jin dan
manusia minta pertolongan dan perlindungan
d.
Manusia tidak akan bisa berbuat
apa-apa tanpa Allah yang mengatur urusannya
22.
“dan dari kejahatan kegelapan malam apabila
ia telah gelap” adalah terjemahan dari
a. من شر ما خلق
b. و من
شر غاسق إذا وقب
c. من شر الوسواس الخناس
d. و من شر النفاثات في العقد
23.
“Allah tempat bergantung segala sesuatu” merupakan terjemahan
dari....
a.
QS. Al-Naas 3
b.
QS. Al-Fatihah 4
c.
QS. Al-Ikhlas 2
d.
QS. Al-Falaq 4
24.
Manakah diantara pasangan ayat dan
penjelasannya berikut yang sesuai?
A
|
B
|
C
|
D
|
من
شر النفثت في العقد
|
من
شر حاسد إذا حسد
|
من
شر غاسق إذا وقب
|
من
شر ما خلق
|
Malam sangat berbahaya, maka
hendaknya kita selalu meminta perlindungan dari Allah
|
Janganlah menjadi pendengki,
karena Allah sangat membencinya
|
Banyak penyihir yang kuat
mengganggu kita dengan berbagai cara,
hanya Allah yang sanggup memberi perlindungan
|
Hendaknya kita selalu meminta
perlindungan kepada Allah dari segala keburukan makhluk yang diciptakanNya
|
25. Berikut
ini ayat yang menunjukkan keesaan Allah adalah….
a.
و من شر
النفاثات في العقد
b.
صراط الذين أنعمت عليهم
c.
ولم يكن له
كفوا أحد
d.
من شر الوسواس
الخناس
26.
Perilaku penyimpangan tauhid dapat dilihat dari
contoh kasus....
a.
Arman selalu berdoa di makam leluhurnya menjelang Ujian Akhir Semester
untuk meminta agar dimudahkan dalam mengerjakan soal
b.
Karin meminta maaf kepada seluruh bapak dan ibu gurunya setiap akhir
semester dan memohon agar beliau mendoakan untuk kesuksesannya
c.
Niluh senang mengunjungi panti asuhan untuk berbagi kebahagiaan bersama
anak-anak yatim dengan memberikan sebagian harta yang dimilikinya
d.
Raka tidak ingin mempercayai
ramalan apapun, karena ia tahu bahwa hal tersebut merupakan perbuatan syirik
27. Hasidah kesal dan
galau melihat Adina, teman sekelasnya tersebut mendapat
perhatian para guru karena hasil ulangannya yang selalu mendapat nilai
tertinggi, akhirnya ia berusaha menghembuskan info tak sedap dikalangan
teman-teman lainnya mengenai Adina. Adina tidak mempedulikannya karena baginya
cukup Allah yang bisa melindunginya dari isu tersebut. perilaku Adina sesuai
dengan penerapan….
a.
QS. Al-Fatihah
ayat 1
b.
QS. An-Naas
ayat 4
c.
QS. Al-Falaq
ayat 5
d.
QS. Al-Ikhlas
ayat 3
28.
”Tiada
suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas
yang selalu hadir ”firman Allah dalam QS.Qaaf ayat 18
tersebut sesuai dengan potongan hadist....
a. حَتَّى يَكُوْنُ هَوَاهُ
تَبَعًا c. أَنْ تُؤْمِنَ
بِاللهِ وَمَلآئِكَتِه
b. ليس عليه أمرنا فهو
ردّ d. من عمل عملا
29.
لا يؤمن أحدكم ....
Kata untuk melengkapi hadist tersebut adalah....
a.حتى يكون هواه تبعا لما جئت به
b. بالله وملائكته وكتبه ورسله
c. وقول باللسان
d. فهو رد
30.
أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلآئِكَتِهِ ... وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
a. وَالْيَوْمِ
الآخِرِ وَ كُتُبِهِ وَرُسُلِهِ
b. وَرُسُلِهِ
وَ كُتُبِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر
c. وَ كُتُبِهِ
وَالْيَوْمِ الآخِر وَرُسُلِهِ
d. وَ كُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر
31.
وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
Arti potongan hadist tersebut di atas adalah....
a.
Beriman kepada qadha dan qadar
b.
Beriman kepada taqdir baik bukan
taqdir yang buruk
c.
Dan hendaknya kamu percaya kepada
taqdir baik dan buruk
d.
Percayalah kamu kepada taqdir baik
dan buruk dari Allah SWT
32.
حتى يكون هواه تبعا لما
جئت به
Kata yang bergaris bawah pada potongan hadist
tersebut bermakna....
- mengikuti
- hawa nafsunya
- ajaran yang aku bawa
- mengikuti ajaran
33.
فإن الله
لا يقبل من الأعمال إلا ما خلص له
Yang merupakan makna potongan hadist di atas adalah....
- Jangan lupa untuk ikhlas dalam beramal setiap saat
- Allah menyukai orang yang beramal dengan ikhlas
- Allah tidak menerima perbuatan seseorang tanpa disertai keikhlasan
- Allah tidak mewajibkan seseorang untuk beramal tanpa keikhlasan
34. Syarifa seorang pelajar yang sedang menghadapi masalah kepercayaan diri, ia
merasa dirinya tidak disukai teman-temannya, padahal ia sudah berusaha berbuat
dan berperilaku baik dengan siapapun. Akhirnya ia merasa Allah tidak adil
padanya. Hal tersebut merupakan tindakan yang....
a. Dapat melemahkan iman
b. Tidak mempercayai Allah
c. Dapat meningkatkan ketaqwaan
d. sesuai dengan ciri orang yang beriman
35. Perhatikan hal-hal berikut!
- Melaksanakan sholat karena Allah semata
- Membaca Al-Qur’an dengan merenungkan maknanya
- Bersedekah dengan tanpa pamrih
- Melaksanakan sholat dhuha karena peraturan sekolah
- Berpuasa ramadhan 30 hari penuh
Dari pernyataan di atas yang merupakan indikator ibadah yang diterima Allah
adalah pernyataan nomor....
- 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 3 dan 5 d. 4 dan 5
36.
Seseorang yang
benar-benar beriman akan dapat mengaplikasikan keimanannya dalam perbuatannya,
hal tersebut dapat dicontohkan dalam perilaku seseorang yang….
- malu dalam hal kebaikan
- mengingat Allah saat dalam sholat saja
- senantiasa malu untuk berbuat dosa dan maksiat
- melaksanakan
kewajibannya jika tidak mengganggu urusan pribadinya
37.
Riska selalu
melaksanakan sholat shubuh dua kali
setiap pagi, karena ia menginginkan pahala yang lebih. Hal tersebut merupakan….
- Perbuatan yang sia-sia menghabiskan tenaga
- Keputusan tepat untuk menambah tabungan akhirat kita
- Amal yang tidak ada tuntunannya dan tidak diterima Allah
- Amal yang disukai Allah karena menambah kualitas ibadah kepadaNya
38.
Perhatikan kisah
berikut!
1.
Fahry mengaku beriman kepada Allah
dan para Rasul Nya, ia pun mengaku sangat mencintai keduanya. Namun perilakunya
jauh dari perilaku yang dicontohkan Nabi dan ia seperti tidak merasa bahwa
Allah selalu mengamati perilakunya.
2.
Indra pelajar MTs yang sangat
aktif, selain organisasi ia juga tergolong siswa yang memiliki prestasi
akademik yang gemilang. Namun, yang paling membanggakan orang tuanya adalah
bahwa ia sangat rajin melaksanakan kewajibannya kepada Allah SWT
3.
Imelda percaya dengan kemampuan
dirinya untuk meraih nilai tertinggi, maka ia tidak peduli dengan saran orang
tuanya untuk menjaga kesehatannya dan tidak lupa berdoa memohon pertolongan
Allah SWT agar semua sesuai dengan harapannya.
4.
Bagi Rama, music adalah jiwanya.
Sehingga ia tidak akan bisa belajar tanpa mendengarnya, tidak bisa merasakan
lezatnya makanan tanpa ada music di dekatnya, bahkan di saat sholatpun, seakan
ia mendengarkan alunan music dalam hatinya.
Perilaku
seseorang yang kurang memperhatikan kualitas keimanannya ditunjukkan pada kisah….
- Indra c. Rama dan Indra
- Fahry dan Imelda d. Fahry, Imelda dan Rama
39.
Ada ibadah mahdoh
ada juga ibadah ghoiru mahdoh. Keduanya merupakan sarana kita mendapatkan
poin pahala dan ridho Allah SWT. Contoh
dari ibadah ghoiru mahdhoh adalah….
a.
berkata sopan
dengan teman dan guru
b.
melaksanakan
sholat jamaah di sekolah
c.
melaksanakan
puasa senin dan kamis
d.
menunaikan
zakat fitrah
40. Banyak sekali
perbuatan sia-sia, hal tersebut dikarenakan….
- Tidak tepat waktu melaksanakannya
- Didasari dengan keimanan kepada Allah SWT
- Sering dilakukan dengan mengharap pahala dari Allah
- lupa meluruskan niat bahwa yang kita lakukan semata-mata karena Allah SWT
Jawablah
pertanyaan berikut!
1.
Diantara
fungsi Hadist terhadap Al-Qur’an adalah
mengukuhkan hukum yang sudah ada dalam Al-qur’an. Jelaskan maksudnya dan
lengkapi dengan contoh!
2.
Sosial
Network menjadi tren di era digital ini baik dikalangan elit, menengah atas
bahkan dikalangan bawah, tak terkecuali pula para pelajar. Namun sangat
disayangkan jika para pelajar itu terutama pelajar muslim yang akhirnya
meninggalkan nilai-nilai religinya demi kesenangan di dunia maya tersebut.
Sebutkan 3 contoh perilaku pelajar yang tidak menggunakan Al-Qur’an dan Hadits dalam
berteknologi!
3.
Berilah
3 contoh kasus penyimpangan tauhid yang terjadi di lingkunganmu!
4.
Susunlah
potongan hadist berikut dengan benar dan terjemahkan!
أعمالكم – فإن الله – الأعمال – اخلصوا- ما – خلص له – لله – لا يقبل
– من
5.
Sebutkan 3 hal yang harus kita lakukan setelah
memahami isi kandungan QS. Al-Ikhlas!
0 Komentar untuk "LATIHAN UAS SEMESTER GANJIL QURAN HADITS KELAS 7 2018 "