KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MATEMATIKA GENAP KELAS 8 2018
Diberikan beberapa
pernyataan, Peserta didik dapat memilih pernyataan yang benar tentang dalil
Pythagoras.
Peserta didik dapat
menentukan rumus Pythagoras yang benar dari gambar segitiga siku-siku yang
diberikan, dengan ukuran sisi dalam bentuk variable.
Peserta didik dapat menghitung panjang sisi yang belum
diketahui dari segitiga siku-siku, jika diberikan ukuran dua sisi yang
lainnya.
|
Diberikan beberapa pasangan bilangan,
Peserta didik dapat memilih yang merupakan pasangan bilangan tripel
Pythagoras.
Peserta didik dapat menerapkan
teorema pythagoras pada balok, untuk menghitung ukuran panjang diagonal
bidang.
Diberikan soal cerita tentang
sebuah tangga (kayu) yang bersandar pada sebuah dinding, Peserta didik dapat
menentukan salah satu ukuran yang belum diketahui, jika ukuran dua sisi
lainnya diketahui.
|
Diberikan gambar lingkaran dan
unsur unsurnya, Peserta didik dapat menentukan nama unsur lingkaran.
|
Peserta didik dapat menentukan besar sudut pusat jika ukuran
sudut keliling yang menghadap busur yang sama diketahui.
Diberikan ukuran beberapa sudut
pusat juring lingkaran, dan panjang busurnya, peserta didik dapat menentukan
panjang busur yang belum diketahui.
Peserta didik dapat menghitung
panjang busur, jika diketahui jari-jari lingkaran dan sudut pusat juringnya.
|
Peserta didik dapat menentukan luas
juring, jika diketahui sudut pusat juring dan panjang diameter lingkaran.
|
Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam
dua lingkaran, jika diketahui jarak kedua titik pusat dan jari-jari kedua
lingkaran
|
Peserta didik dapat menentukan menentukan jarak titik pusat kedua
lingkaran, jika diketahui jari-jari kedua lingkaran dan panjang garis
singgung persekutuan luarnya.
|
.Peserta didik dapat menentukan banyaknya putaran roda untuk menempuh
jarak tertentu jika diketahui ukuran diameter lingkaran.
|
Peserta didik dapat menentukan panjang
minimal kawat yang diperlukan untuk membuat kerangka balok jika diberikan
ukuran panjang rusuknya.
Diberikan gambar jaring-jaring kubus,
Peserta didik dapat menentukan bagian beberapa permukaan kubus.
|
Peserta didik dapat menetukan luas
permukaan balok, jika diberikan ukuran rusuknya.
Peserta didik dapat menetukan ukuran rusuk
kubus jika diketahui luas permukaan kubus.
Peserta didik dapat menentukan luas prisma
yang alasnya berbentuk segitiga siku-siku dan diberikan ukuran tingginya.
Diberikan soal cerita tentang pembuatan
lampion yang berbentuk kubus yang diketahui ukuran rusuknya, Peserta dapat
menghitung besarnya biaya pembuatan lampion jika diketahui biaya pembuatan
tiap satuan luasnya.
|
Peserta didik dapat menentukan volum
kubus, jika keliling alasnya diketahui.
Diberikan soal cerita tentang bak air
berbentuk balok, Peserta didik dapat menentukan volum air (dalam liter), jika diberikan ukuran
panjang rusuk balok tersebut.
Peserta didik dapat menentukan volum limas
yang alasnya berbetuk persegi jika diketahui ukuran alas dan tingginya.
|
Peserta didik dapat menentukan rata-rata dari data yang diberikan.
Peserta didik dapat menentukan median dari data yang banyaknya data
genap.
Diberikan data dalam tabel frekuensi, Peserta didik dapat menentukan
modus dari tabel tersebut.
Diberikan nilai rata-rata hasil penilaian mata pelajaran, jika nilai
beberapa orang tidak diikutkan, Peserta didik dapat menentukan nilai yang
tidak diikutkan, rata-rata barunya
diketahui.
Diberikan sekumpulan nilai data, Peserta didik dapat menentukan
banyaknya data yang di atas rata-rata.
|
Diberikan
beberapa pernyataan tentang titik sampel dan ruang sampel, Peserta didik dapat dapat menentukan pernyataan yang
termasuk titik sampel dan ruang sampel
Peserta didik dapat dapat menentukan ruang sampel dari suatu percobaan
pelemparan .
Peserta didik dapat menentukan banyaknya anggota ruang sampel dari
pengetosan beberapa benda secara bersamaan.
Peserta didik dapat menentukan kisaran nilai peluang suatu kejadian.
Peserta didik dapat menentukan peluang teoritik dari suatu percobaan.
Peserta didik dapat menentukan peluang empirik dari suatu kejadian
Diberikan soal cerita tentang nilai peluang percobaan dan banyaknya
peserta yang mengikuti percobaan , Peserta didik dapat menentukan banyaknya
peserta yang memenuhi syarat dari percobaan tersebut.
|
0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MATEMATIKA GENAP KELAS 8 2018"