KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BAHASA ARAB GENAP KELAS 7 2018
هَذَا
عَمِّي، هُوَ فَلاَّحٌ، عُنْوَانُهُ فِي قَرْيَة سُوكَامَاجُو
|
|
siswa dapat menentukan arti kosa kata
yang bergaris bawah dengan tepat
|
|
Disajikan kalimat rumpang tentang nomor
alamat rumah, siswa dapat menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut.
|
|
Disajikan kalimat tidak lengkap tentang
urutan nomor HP sesuai pada gambar HP, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
|
|
Disajikan kalimat bahasa Arab:
|
|
مَدْرَسَتِيْ فِى شَارِعِ أَحْمَدْ يَانِي
رَقْمُ سَبْعَة وَعِشْرِيْنَ
|
|
siswa dapat menentukan terjemahan yang
tepat dalam bahasa Indonesia
|
|
Disajikan kalimat bahasa Arab:
|
|
هَذَا
أَخِي، هُوَ مُوَظَّف، بَيْتُهُ فِي شَارِعِ
سُوْدِرْمَان رَقْمُ خَمْسَة
وَعِشْرِيْنَ
|
|
siswa dapat menterjemahkannya ke dalam
bahasa Indonesia
|
|
Disajikan wacana singkat bahasa Arab
dengan tema العنوان ,
siswa dapat menentukan tema dari wacana tersebut dengan tepat.
|
|
Dari wacana no. 5 siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
dari pertanyaan tentang kandungan
wacana tersebut.
|
|
Disajikan gambar "kartu nama"
(bithaqah syakhshiyyah) yang berisi identitas siswa, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat tentang alamat siswa sesuai gambar.
|
|
Disediakan dialog rumpang, siswa dapat
menentukan ungkapan kalimat yang benar untuk melengkapi dialog tersebut .
|
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengandung
struktur dlomir muttashil majrur (kata ganti milik), siswa dapat menentukan
kalimat yang benar dari segi struktur kalimat .
|
|
Disajikan dialog rumpang, siswa dapat
menentukan ungkapan yang benar berupa kalimat tanya tentang nomor untuk melengkapi
dialog tersebut.
|
|
Disediakan kata-kata acak,
|
|
شَارِعِ – سُودِرمَان – بَيْتُه - أَحْمَد –
فِى- طَالبٌ
|
|
siswa dapat menentukan susunan kalimat
yang benar.
|
|
Disajikan kalimat bahasa Arab:
|
|
فِي الحَمَّامِ مَاء وَمِغْرَفَةٌ وَصَابُون
|
|
siswa dapat menentukan arti kosa kata
yang bergaris bawah dengan tepat
|
|
Disajikan gambar meja makan di ruang
makan, siswa dapat menentukan jawaban
yang benar tentang isi kamar tidur sesuai gambar.
|
|
Disajikan kalimat tidak lengkap:
|
|
...... فِى
غُرْفَةِ النَّومِ
|
|
siswa dapat menentukan 3 kosa kata yang
benar untuk melengkapi kalimat tersebut
|
|
Disajikan gambar meja tamu, kursi dan
pas bunga di ruang tamu, siswa dapat menentukan 3 kosa kata yang benar tentang isi ruang
tamu sesuai gambar
|
|
Disajikan kalimat bahasa Arab:
|
|
أُمِّي
تَطْبَخُ الرُّزَّ فِي المَطْبَخ
|
|
siswa dapat menentukan terjemahan yang
tepat
|
|
Disajikan wacana singkat bahasa Arab
dengan tema البيت ,
siswa dapat menentukan tema dari wacana tersebut dengan tepat.
|
|
Dari wacana nomor 17, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan
tentang kandungan wacana tersebut.
|
|
Disajikan kalimat rumpang:
|
|
أَمَامَ البَيْتِ .... جَمِيْلَةٌ. فِيْهَا .... صَغِيْرَة وَشَجَرَةٌ
جَمِيْلَةٌ
|
|
siswa dapat menentukan kosa kata yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
|
|
Disajikan 9 kosa kata tentang alat-alat
di rumah dan tabel yang berisi kolom الحمام، غرفة الأكل، غرفة
الجلوس siswa dapat mengelompokkan kosa kata
tersebut ke dalam kolom yang sesuai
|
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengandung struktur khobar
muqoddam-mubtada muakhor, siswa dapat menentukan kalimat yang benar dari segi
makna.
|
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengandung struktur khobar
muqoddam-mubtada muakhor+ naat mufrad, siswa dapat menentukan struktur
kalimat yang benar.
|
|
Disajikan gambar kamar mandi, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat dari kata
tanya
.... ما ذا sesuai
gambar
|
|
Disajikan kalimat tanya dengan kata
tanya لِمَن , siswa dapat menentukan struktur jawaban
yang benar sesuai kata tanya tersebut.
|
|
Disediakan kata-kata acak:
|
|
وَاسِعَةٌ - البَيْت – حَدِيْقَة -
وَجَمِيْلَةٌ - أمَامَ
|
|
siswa dapat menentukan susunan kalimat
yang benar.
|
|
Disajikan teks kalimat bahasa Indonesia:
" Di samping dapur ada kamar mandi yang bersih" , siswa dapat
menentukan terjemahan bahasa Arab yang
benar
|
|
Disediakan beberapa kalimat secara acak,
siswa dapat menentukan susunan kalimat
sehingga menjadi paragraf yang
benar.
|
|
Disediakan empat kalimat pernyataan
berbentuk jawaban, siswa dapat membuat kalimat dengan kata tanya لِمَن، مَن، ماذا، أين
|
|
Disajikan kalimat bahasa Arab:
|
|
أَبِي يقْرَأُ الجَرِيْدَة فِي غُرْفَةِ
الجُلُوس
|
|
siswa dapat menentukan arti kosa kata
yang bergaris bawah dengan tepat
|
|
Disajikan kalimat rumpang,
|
|
أَخِي ... القَهْوَة فِي غُرْفَةِ الأَكْلِ
|
|
siswa dapat menentukan kosa kata yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
|
|
Disajikan kalimat tidak lengkap,
|
|
تُصَلِّي عَائِشَة الصُّبْحَ فِى ...
|
|
siswa dapat menentukan kosa kata yang
benar untuk melengkapi kalimat tersebut
|
|
Disajikan kalimat bahasa Arab:
|
|
. نَحْنُ
نُذَاكِرُ الدُّرُوس فِى غُرْفَةِ الْمُذَاكَرَةِ
|
|
siswa dapat menentukan terjemahan yang
tepat
|
|
Disajikan wacana singkat bahasa Arab
dengan tema من يوميات الأسرة ,
siswa dapat menentukan tema dari wacana tersebut dengan tepat.
|
|
Dari wacana no. 31, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan
tentang kandungan wacana tersebut.
|
|
Disajikan kalimat tidak lengkap,
|
|
قَبْلَ الذِّهَابِ إِلَى المَدْرَسَة، نَحْنُ
... الفُطُورَ مَعَ أُسْرَتِنَا
|
|
siswa dapat menentukan kosa kata (fiil
mudore) yang tepat sesuai dlomir untuk melengkapi kalimat tersebut.
|
|
Disajikan gambar "orang yang sedang
menyapu", siswa dapat menentukan ungkapan yang benar tentang kegiatan
tersebut sesuai gambar.
|
|
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat
menentukan fiil mudore yang sesuai dengan dlomir untuk melengkapi kalimat
tersebut.
|
|
Disajikan paragraf rumpang tentang
kegiatan sehari-hari, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut
|
|
Disajikan kalimat : "Ibuku sedang
memasak nasi di dapur", siswa dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa
Arab dengan tepat.
|
|
Disajikan gambar "orang yang sedang
sarapan pagi", siswa dapat menentukan ungkapan yang tepat sesuai gambar.
|
|
Disajikan beberapa kalimat dengan
struktur (mubtada isim dlomir + khobar
fiil mudlore), siswa dapat menentukan
kalimat yang benar sesuai struktur.
|
|
Disediakan kalimat berbahasa Indonesia,
"Saya membantu ibuku di dapur", siswa dapat menentukan terjemahan
bahasa Arab yang benar
|
|
Disediakan kata-kata acak,
|
|
فِي- الوَاجِبَ – غُرْفَةِ – نَعْمَلُ –
المَنْزِلِي – الْمُذَاكَرَةِ
|
|
siswa dapat menentukan susunan kalimat
yang benar.
|
|
Disajikan contoh kalimat yang mengandung
struktur mubtada isim dlomir + fi'il
mudore ( هو يغسل الملابس في الحمام ), siswa dapat menyusun kembali kalimat
tersebut dengan menggunakan isim domir:
نحن ، أنا ، أَنْتَ ، هي
|
|
0 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BAHASA ARAB GENAP KELAS 7 2018"