PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan : MTs PUTERAN
Kelas / Semester : IX / Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
Komptensi Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
16 JP
|
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan
harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan
menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
1
|
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan,
persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that
(dis)agreement)
|
16 JP
|
4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
||
1
|
3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta
dan memberi informasi terkait obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
12 JP
|
4.3 Menangkap makna secara kontekstual terkait
dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam
bentuk label pendekdansederhana, terkait obat/makanan/ minuman
|
||
1
|
3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
12 JP
|
4.4 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual
|
||
1
|
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/
tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu
lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya
(perhatikan unsur kebahasaan present continuous, past continuous,
will+continuous)
|
16 JP
|
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/ tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat
ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsisosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
1
|
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/
tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/ telah dilakukan/terjadi di waktu lampau
dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara
spesifik, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present perfect tense)
|
12 JP
|
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
dengan keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/
terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa menyebutkan
waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
2
|
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait fairytales,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
16 JP
|
4.7 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait fairytales
|
||
2
|
3.8 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/
tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya sesuai dengan
konteks penggunaannya. (perhatikan unsur kebahasaan passive voice)
|
16 JP
|
4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks. (perhatikan unsur kebahasaan passive voice)
|
||
2
|
3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
16 JP
|
4.9. Teks Information Report
4.9.1 Menangkapmakna secara kontekstual terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait
topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX
4.9.2 Menyusun teks information report lisan dan tulis, sangat pendek
dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas
IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
||
2
|
3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
16 JP
|
4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek
dan sederhana, terkait produk dan jasa
|
||
2
|
3.11 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
12 JP
|
4.11 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
Kepala
Madrasah,
Ucu
Suhada, M.Pd
NIP. 19695101990031005
|
Puteran,
27 Juli 2017
Guru
Bidang Studi,
Diyan Depera, S.Pd
NUPTK.7747761663300042
|
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 Komentar untuk "PELAJARAN BAHSA INGGRIS (PROGRAM TAHUNAN BAHASA INGGRIS KELAS 9) 2018 "