PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Satuan Pendidikan : MTs PUTERAN
Kelas / Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
1.
Menunjukkan
perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik,
dan profesi
|
||
2.
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan
sederhana
|
||
3.
Berkomunikasi
secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri,
keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang
terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah,
sekolah, dan masyarakat
|
||
4.
Menyususn teks
lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks secara
urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan lancar
|
||
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
||
3.1 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman,
menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan meminta perhatian,
mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan
pendapat, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
12 JP
|
|
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan,
melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan can, will).
4.2 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan suatu
tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
8 JP
|
|
3.3
Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya
(Perhatikan unsur kebahasaan must, should).
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
12 JP
|
|
3.4
Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan
menyuruh, mengajak, meminta ijin, serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.4 Menyusun teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
menyuruh, mengajak, meminta ijin, dan menanggapinya dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
8 JP
|
|
3.5
Membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
greeting card, dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan hari-hari
spesial, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5 Menyusun teks khusus dalam bentuk
greeting card, sangat pendek dan sederhana, terkait hari-hari spesial dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
12 JP
|
|
3.6
Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keberadaan orang, benda, binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan there is/are)
4.6
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda,
binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
12 JP
|
Kepala
Madrasah,
Ucu
Suhada, M.Pd
NIP. 19695101990031005
|
Puteran,
27 Juli 2017
Guru
Bidang Studi,
Diyan Depera, S.Pd
NUPTK.7747761663300042
|
PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan : MTs PUTERAN
Kelas / Semester : VIII/Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
||
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
||
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
||
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranahkonkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
||
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
2
|
||
3.7 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/
kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple
present tense).
4.7 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/ ndakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi
secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
8 JP
|
|
3.8
Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat
diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
present continuous tense).
4.8
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat
diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
|
8 JP
|
|
3.9 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat
orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur
kebahasaan degree of comparison).
4.9 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
12 JP
|
|
3.10 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/
kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi
kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan simple past tense).
4.10 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun
tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
12 JP
|
|
3.11
Membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.11
Teks recount
4.11.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat
pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)
4.11.2 Menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
8 JP
|
|
3.12
Membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan
singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan
konteks penggunaannya
4.12
Teks pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice)
4.12.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pesan singkat dan pengumuman/
pemberitahuan (notice) lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait
kegiatan sekolah
4.12.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, terkait
kegiatan sekolah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
8 JP
|
|
3.13
Menafsirkan fungsi sosial dan
unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.13
Menangkap makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
4 JP
|
Kepala
Madrasah,
Ucu
Suhada, M.Pd
NIP. 19695101990031005
|
Puteran,
20 Januari 2018
Guru
Bidang Studi,
Diyan Depera, S.Pd
NUPTK.7747761663300042
|
0 Komentar untuk "PELAJARAN BAHASA INGGRIS (PROGRAM TAHUNAN BAHASA INGGRIS KELAS 8) 2018"