ads
ads

Pengertian Kepemimpinan Pendidikan

Pengertian Kepemimpinan Pendidikan



Kepemimpinan adalah perilaku seorang individu ketika ia mengarehkan aktifitas sebuah keleompok menuju suatu tujuan bersama (Hemphill & Coons,1957:7). Ada pula yang menyatakan bahwa“kepemimpinan adalah suatu jenis hubungan kekuasaan yang ditandai oleh persepsi anggota kelompok bahwa anggota kelompok yang lain mempunyai hak untuk merumuskan pola perilaku dari anggota yang pertama dalam hubungannya dengan kegiatannya sebagai anggota kelompok” (Janda,1960:358).
Kepemimpinan adalah pengaruh antarpribadi yang mengarah yang dilakasanakan melelui proses komunikasi,kearah pencapaian tujuan atau tujuan-tujuan tertentu Tanenbaum,Weschler&Massarik,1961:24). Kepemimpinan  adalah proses mempengaruhi aktifitas sebuah kelompok yang terorganisasi menuju pencapaian suatu tujuan(Roach & Behling 1984:46).
Sifat-sifat Pemimpin 1) Energi jasmaniah dan mental 2) Kesadaran akan tujuan dan arah 3) Antusiasme 4) Keramahan dan kecintaan 5) Integritas 6) Pengasaan teknis 7) Ketegasan dalam mengambil keputusan 8) Kecerdasan 9) Keterampilan mengajar 10) Kepercayaan.   
Asas-asaskepemimpinan1)   Kemanusiaan; 2)   Efisien; 3) Kesejahteraan dan kebahagiaan yang lebih merata menuju pada taraf hidup yang lebih tinggi.   Metode kepemimpinan ialah cara bekerja dan bertingkah laku pemimpin dalam membimbing para pengikutnya untuk berbuat sesuatu maka metode kepemimpinan ini diharapkan bisa membantu keberhasilan pemimpin dalam melakukan tugas-tugasnya sekaligus juga dapat memperbaiki tingkah laku serta kualitas kepemimpinan Ordway Tead (1991) dalam bukunya  “The Art of Administration”  mengemukakan  metode kepemimpinan dibawah ini 1)    Memberi perintah 2)    Memberikan celaan dan pujian 3)    Memupuk tingkah laku pribadi pemimpin yang benar  4)    Peka terhadap saran-saran 5)    Memperkuat rasa kesatuan kelompok 6)    Menciptakan disiplin diri dan disiplin kelompok 7)    Meredam kabar  angin dan isu-isu yang tidak benar.
Berdasarkan pernyataan tersebut dipahami bahwa kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan penataan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerjasama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Dalam menjalankan kepemimpinannya, seorang pemimpin memiliki gaya-gaya tersendiri. Gaya (style) adalah suatu cara berperilaku yang khas dari seorang pemimpin terhadap para anggota kelompoknya.
Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin (leader) tentang bagaimana menjalankan kepemimpinannya (to lead) sehingga bawahan dapat bergerak sesuai dengan yang diinginkan dalammencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.Bergeraknya orang-orang harus mengikuti jalur tujuan organisasi yang hendak dicapai dan bukan merupakan kamuplase (kepura-puraan/keinginan pemimpin) dari kepemimpinannya itu sendiri, karena bagaimanapun pemimpin itu adalah bagian dari anggota organisasi itu sendiri.Adapun pergerakan dalam pencapaian tujuan adalah legitimasi dari sebuah kekuasan yang dimiliki oleh pemimpin, karena bagaimanapun bukan hanya sebuah simbol atau kedudukan semata.
A Leader adalah seorang yang dipandang memiliki kelebihan dari yang lainnya untuk jangka panjang maupun jangka pendek dengan kewenangan dan kekuasan dalam situasi tertentu.Leading adalah kegiatan dimana individu-individu atau kelompok dipandang oleh satu atau lainnya untuk mengarahkan dalampencapaian tujuan, walaupun tujuan itu merupakan tujuan individu.Dalam konteks memimpin ini banyak diantaranya anggota dari luar organisasi menjadi orang yang mengarahkan kegiatan orang yang ada dalam organisasi (bias). Leadership adalah proses yang mengarahkan kemampuan dalam pencapaian tujuan dengan memanfaatkan orang-orang atau kelompok dalam kondisi tertentu.
Pemimpin pendidikan bekerja di masyarakat yang semakin beragam dengan sejumlah nilai-nilai.Kepemimpinan pendidikan adalah satu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinasikan, dan mengerakkan orang-orang yang ada hubungannya dengan pengembangan ilmu pendidikan, pelaksanaan pendidikan dan pengajaran agar kegiatan yang dijalankan lebih efektif dan efisien.
Pemberdayaan lembaga pendidikan merupakan upaya mendasar dalam peningkatan mutu pendidikan.Ada dua komponen kunci pemberdayaan lembaga pendidikan, pertama adalah kepala sekolah dan yang kedua adalah guru.Peningkatan kualitas kepemimpinan pendidikan seorang kepala sekolah dan guru merupakan modal dasar bagi upaya reorientasi pendidikan kearah mutu standar internasional. Perubahan paradigma pendidikan akan lebih mudah apabila kepala sekolah dan guru memiliki kepemimpinan pendidikan intrapreneur, khususnya dalam penyelenggaraan kurikulum di sekolah. Keberhasilan pendidikan dasar merupakan prasyarat bagi keberhasilan pendidikan menengah dan tinggi.Manajemen kurikulum pendidikan dasar  yang baik akan menjadi landasan keberhasilan pendidikan diatasnya, dan kepemimpinan pendidikan merupakan tumpuan keberhasilan manajemen
0 Komentar untuk "Pengertian Kepemimpinan Pendidikan"

Back To Top