ads
ads

Pengertian Saum Secara Etimologi/Lughawi

Pengertian Saum Secara Etimologi/Lughawi

1. Ta’rif (Definisi) Ash-Shaum
Secara Etimologi / Lughawi

Secara lughowi (bahasa) Ash-Shaum bermakna menahan. Berkata Al-Imam Abu ‘Ubaid dalam kitab Gharibul Hadits :
“Semua orang yang menahan diri dari berbicara atau makan, atau berjalan maka dia dinamakan Sha`im (orang yang sedang bershaum).”
Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Ta’ala :
إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنسِيًّا
“Sesungguhnya aku telah bernadzar shaum untuk Ar-Rahman, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini” (Q.S. Maryam : 26)
Secara Terminologi / Ishthilah
‘Ibarah (ungkapan) para ‘ulama berbeda dalam mendefinisikan ash-shaum secara tinjauan syar’i, yang masing-masing definisi tersebut saling melengkapi. Sehingga kami pun sampai pada kesimpulan bahwa definisi ash-shaum secara syar`i adalah :
"Menahan diri dari berbagai pembatal ash-shaum disertai dengan niat beribadah kepada Allah, dimulai sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari".
Penjelasan definisi
1.    Pernyataan “al-mukallaf” menunjukkan bahwa ash-shaum secara syar’i adalah yang dilakukan oleh para mukallaf yaitu orang-orang yang telah terkenai kewajiban ibadah, dari setiap muslim yang sudah baligh dan sehat akalnya.
2.    Shaum harus disertai dengan niat shaum.
3.    Pernyataan “dimulai sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari”
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ
Dan makan minumlah kalian hingga jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu (cahaya) fajar. Kemudian sempurnakanlah shaum itu sampai (datangnya) malam. (Q.S. Al-Baqarah : 187)
0 Komentar untuk "Pengertian Saum Secara Etimologi/Lughawi"

Back To Top