ads
ads

Pentingnya Moral Kepemimpinan Pendidikan

Pentingnya Moral Kepemimpinan Pendidikan



Moral kepemimpinan pendidikan penting untuk menciptakan suatu tatanan kepemimpinan pendidikan yang beradab. Jika moralitas pemimpinnya rendah yang akan terjadi adalah kehancuran moral dan kekacauan. Pentingnya moral kepemimpinan didasarkan pada tuntunan ajaran Islam yang diidentifikasi dari hadits Rosulullah saw, “inna maa bu’istu liutammima makaarimal akhlaq”.(H.R. Bukhari). Artinya, sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq.
Alasan lain yang menunjukan pentingnya moral kepemimpinan adalah bahwa pemimpin sebagai salah satu public pigure setiap tutur kata dan perbuatannya menjadi standar bagi perbuatan yang lain (uswah). Dengan demikian, bila moral kepemimpinannya tidak baik, ketidakbaikkannya dijadikan rujukan bagi yang dipimpinnya, atau sekurang-kurangnya akan menurunkan kesetiaan, ketaatan dan kepercayaan atas kepemimpinannya. Hal demikian akan merugikan dirinya sendiri dan juga merugikan orang lain, di dunia dan akhirat. Sabda Rosulullah: Artinya, barangsiapan yang membiasakan perilaku yang baik maka pahalanya dari amalnya dan dari orang-orang yang mengerjakan sesudahnya. Dan barangsiapan yang membiasakan perilaku tidak baik, maka ia menanggung dosanya dan dosa orang orang yang mengerjakan setelahnya. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa apabila moral kepemimpinan pendidikan baik, kemudian banyak orang yang meniru melakukan perbuatan baik yang dicontohkan oleh pemimpin, maka pemimpin yang member contoh itu akan mendapatkan pahala dari perbuatannya dan pahala dari orang-orang yang mengikuti perbuatannya.
Dalam konsep seperti ini bukan transper pahala atau dosa, melainkan balasan dari kebaikan melakukan moral kepemimpinan pendidikan yang baik berakibat pada dirinya sendiri dan pada orang lain yang ada dalam cakupan kepemimpinannya, bahkan kepada orang lain yang ada di sekitarnya.
Menurut Duignan & Macpherson efektivitas sekolah menekankan pentingnya apa yang terjadi di dalam kelas dan kepemimpinan pendidikan yang menyediakan suatu kultur di dalam proses belajar mengajar, oleh karenanya, pemimpin pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menciptakan kultur organisasi yang mempertinggi pengembangan dan pertumbuhan organisasi yang bermoral.
Pemimpin pendidikan harus menyadari nilai-nilai pribadi yang mereka bawa ke dalam keputusan dan nilai-nilai bersaing dari orang di sekitar merekaPemimpin pendidikan yang merupakan pemimpin moral harus memperhitungkan norma-norma relasional operasional dalam lingkungan mereka.
0 Komentar untuk "Pentingnya Moral Kepemimpinan Pendidikan"

Back To Top