ads
ads

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Moral Kepemimpinan Pendidikan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Moral Kepemimpinan Pendidikan


Manusia sebagai makhluk social tidak akan terlepas dari pengaruh-pengaruh manusia lainnya, bahkan dari lingkungan alamnya. Namun demikian, moral kepemimpinan pendidikan tetap perlu dilaksanakan dengan mengacu kepada moralitas yang baik.
Secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi moral kepemimpinan pendidikan diklasifikasi pada dua, yaitu factor intern dan factor ekstern.Faktor internal adalah semua factor yang dating dari dalam diri individu, sedangkan faktor eksternal adalah semua faktor yang datang dari luar diri individu.
Pengaruh faktor individu terhadap moral kepemimpinan telah diteliti oleh beberapa ahli, antara lain hasil penelitian Keith Davis (dalam M. Toha, 2003: 32) menyimpulkan ada beberapa faktor internal yang berpengaruh terhadap keberhasilan kepemimpinan organisasi, yaitu; Kecerdasan, kedewasaan, keleluasaan hubungan sosial, emosi yang stabil, serta perhatian yang luas terhadap aktivitas-akltivitas sosial. Mempunyai keinginan menghargai dan dihargai, motivasi intrinsik untuk berprestasi, sikap-sikap hubungan kemanusiaan. Semua faktor internal yang disebutkan tadi bersumber dari hati, sebagaimana sabda Rosulullah saw. ”sesungguhnya dalam diri manusia itu terdapat segumpal darah (mudghah), apabila baik, maka akan baik seluruhnya, dan apabila jelek maka akan jelek seluruhnya, ketahuilah bahwa sesungguhnya itu adalah hati (qalb)”.
Adapun faktor eskternal yang dapat mempengaruhi moral kepemimpinan pendidikan dikelompokan pada dua aspek, yaitu manusia dan alam sekitar. Sebagai makhluk sosial, manusia saling mempengaruhi dalam sikap dan perbuatan. Sebagai contoh, moralitas anak-anak akan banyak ditentukan oleh orang-orang yang ada di lingkungan keluarganya, terutama oleh orang tuanya. Dalam hal ini sejalan dengan sabda Rosulullah saw., kullu mauludin yuuladu ’ala al-fitrah, faabawahu huhawwidanihi, au yumajjisanihi au yunashiranihi”. Artinya, setiap yang dilahirkan ada dalam keadaan fitrah, orang tuanyalah yang menjadikannya yahudi, majusi atau nasrani.
Alam sekitar termasuk di dalamnya arstistik bangunan turut mempengaruhi perilaku manusia. Penelitian Delgaldo (dalam Jalaludin Rakhmat, 1988: 50) menunjukan bahwa perilaku manusia dipengaruhi oleh keadaan alam di sekitarnya. Pernyataan ini sejalan dengan pendapat M.Nasir (1982: 152) yang menyatakan bahwa ada daya tarik menarik antara manusia dengan alam di sekitarnya. Berdasarkan pernyataan tersebut dipahami bahwa moral kepemimpinan pendidikan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal pemimpin tetapi juga oleh faktor eksternal dari pemimpin tersebut.
0 Komentar untuk "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Moral Kepemimpinan Pendidikan"

Back To Top