ads
ads

Perkembangan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran


Perkembangan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran


Teknologi mulai diterapkan dalam pendidikan karena adanya pandangan, bahwa science  diyakini dapat meningkatkan kualitas hidup
manusia. Berbagai macam produk teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran menunjukkan bahwa kehadiran produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan suatu keniscayaan dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran di masa sekarang dan masa yang akan datang.
Meningkatnya kecenderungan banyak orang terhadap TIK terkait langsung dengan meningkatnya tahap literasi computer, literasi informasi, dan juga meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Faktor-faktor tersebut satu sama lainnya saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan. Masyarakat yang tinggal di Negara maju menunjukkan kecenderungan minat literasi masyarakat yang lebih tinggi dibanding masayarakat di Negara membangun dan miskin.
Penggunaan TIK dalam pendidikan berkembang melalui tiga tahap, yaitu:
1.    Penggunaan Audio Visual Aid (AVA)
Penggunaan Audio Visual Aid yaitu alat bantu berbentuk audio (memanfaatkan pendengaran) dan Visual (memanfaatkan penglihatan) di kelas untuk menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu juga agar siswa mengembangkan kemampuan berpikirnya.

2.    Penggunaan Materi-materi Berprogram
Materi pembelajaran merupakan materi pembelajran yang diambil dari subject matter. Materi pembelajaran ini dipecah ke dalam unit kecil, selanjutnya deprogram sesuai dengan perangkat yang digunakan.

3.    Penggunaan Komputer dalam Pendidikan
Peningkatan produktivitas dapat dicapai melalui penggunaan teknologi. Perkembangan teknologi telah mengubah masyarakat dari indusri menjadi informasi, ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya masyarakat berpendidikan yang berbasis teknologi informasi atau computer baik dari segi software (perangkat lunak) maupun hardware (perangkat keras).
Pengembangan TIK untuk pendidikan, selanjutnya diperlukan strategi komprehensif. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengolahan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya. Dengan demikian teknologi informasi dan komunikasi mengandung pengertian yang tidak dapat dipisahkan dan ruang lingkupnya luas meliputi segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer atau pemindahan informasi antar media.
Pada era TIK sekarang ini paradigma pembelajaran telah bergeser dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran berbasis perkembangan teknologi. Pembelajaran tidak hanya menggunakan papan tulis dan pengajar tidak hanya berceramah di depan kelas sambil menulis di papan tulis, sementara siswa duduk, mendengar dan mencatat. Berbagai media hasil teknologi termasuk di dalamnya televisi, VCD, DVD, dan computer menjadi suatu kebutuhan penting dalam pembelajaran karena kemampuannya. Pengunaan TIK merupakan kecapakan hidup yang harus dimiliki oleh siswa sama pentingnya dengan kemampuan membaca, menulis dan berhitung, merumuskan dan memecahkan masalah, menglola sumber daya, dan bekerja dalam kelompok. Siswa yang tidak memiliki kecakapan TIK diperkirakan akan mengalami kesulitan yang lebih besar untuk menghadapi kehidupannya pada masa kini dan masa yang akan datang.
Fokus perhatian pada perkembangan TIK yang biasanya hanya pada pembelian perangkat lunak/keras yang lebih canggih mengikuti trend dan menghabiskan dana mahal bergeser pada optimalisasi kemampuan sumber daya manusia (brainware) pengguna TIK, seperti penguasaan computer (computer literate) dan memahami informasinya (information literate). Siswa mampu menggunakan computer secara optimal dan memahami bagaimana dan di mana dapat diperoleh, bagaimana cara mengemas atau mengolah informasi dan bagaimana cara mengomunikasikannya.
0 Komentar untuk "Perkembangan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran"

Back To Top