ads
ads

Teknologi Literasi (Melek Teknologi)


Teknologi Literasi (Melek Teknologi)


Abad sekarang merupakan era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ini berdampak pada kehidupan m
asyarakat, karena pada dasarnya kehidupan dalam semua aspek tidak lepas dari pengetahuan dan teknologi. Masyarakat dituntut untuk melek teknologi (technology literacy) karena akan berperan dalam kehidupan masa kini dan masa yang akan datang. Masyarakat yang melek teknologi akan mampu memilih, merancang, membuat dan menggunakan hasil-hasil rekayasa teknologi tersebut. Bagian dari masyarakat tersebut adalah sekolah yang di dalamnya ada siswa. Melek teknologi (technology literacy) artinya siswa aktif terlibat dalam proses teknologi atau belajar memanfaatkan hasil teknologi tidak hanya mengetahui atau mengenal saja. Siswa belajar merancang dan membuat karya teknologi sendiri. Selain itu, mereka dilatih menemukan dan memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-harinya yang dapat dipecahkan dengan memanfaatkan jasa teknologi.
Mengahadapi perkembangan TIK yang semakin pesat dan dinamis namun terkadang sulit diprediksi tersebut, maka siswa perlu dipersiapkan agar memiliki keterampilan yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Siswa diberi kesempatan untuk belajar mengembangkan keterampilan teknologi informasi komunikasi yang bermanfaat dalam proses belajarnya dan dalam kehidupan sehari-harinya serta dapat digunakan pada masa kini dan masa yang akan datang. Oleh karena itu program pembelajaran di sekolah perlu menerapkan pembelajaran tentang teknologi, yaitu dengan menerapkan pendidikan berbasis luas (broad based).
Pendidikan berbasis luas (broad based) memberikan kesempatan yang lebih luas bagi siswa untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan dasarnya dalam bidang teknologi. Untuk memenuhi tujuan tersebut perlu diberikan pembelajaran teknologi informasi komunikasi. Teknologi memberikan kesempatan kepada siswa tentang proses dan pengetahuan yang berhubungan dengan teknologi yang diperlukan untuk memecahkan masalah dan mengembangkan kemampuan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran berbasis TIK akan berjalan efektif jika menerapkan pembelajaran berpusat pada kegiatan siswa (student/learned centered learning), yaitu dengan:
1.    Mengembangkan kemampuan siswa untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan nyata (kontekstual), sehingga pendidikan menjadi relevan dan responsive terhadap tuntutan kehidupan nyata sehari-haari. Implikasinya kurikulum menjadi lebih menarik dan dapat merangsang minat atau motivasi siswa, karena dapat langsung dengan mudah menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan nyata sehari-hari.
2.    Menumbuhkan pemikiran reflektif.
3.    Membantu perkembangan dan keterlibatan aktif dari siswa dalam proses belajar.

Tolak ukur literasi TIK dapat dikategorikan menjadi kemampuan mendefinisikan, akses, mengelola integrasi, evaluasi, berkreasi, dan berkomunikasi. Information and Communication Technology Literacy tidak sekedar pemahaman akan keterampilan teknis tetapi juga mencakup hal yang bersifat kognitif.
0 Komentar untuk "Teknologi Literasi (Melek Teknologi) "

Back To Top