PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : MTs PUTERAN
Kelas / Semester : IX / Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2017
/ 2018
Komptensi Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca
dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada
makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
|
36 JP
|
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
|
||
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan
yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
|
||
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data,
struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
||
1
|
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
|
24 JP
|
4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan/atau dibaca
|
||
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
|
||
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan
dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
||
1
|
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita
pendek yang dibaca atau didengar
|
24 JP
|
4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti
yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar
|
||
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca
atau didengar
|
||
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek
dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
|
||
1
|
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian
dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
|
42 JP
|
4.7 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau
pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
yang didengar dan dibaca
|
||
3.8 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik,
sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca
|
||
4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks
tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan
|
||
2
|
3.9 Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan
kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
|
42 JP
|
4 .9 Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan
yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang
didengar dan dibaca
|
||
3.10 Menelaah pendapat dan argumen yang mendukung dan yang kontra dalam
teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
|
||
4.10 Menyajikan gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang
kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan
memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi,
gesture, pelafalan)
|
||
2
|
3.11 Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau
perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
|
30 JP
|
4.11 Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau
perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
|
||
3.12 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif
|
||
4.12 Mengungkapkan rasa simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam
bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek
kebahasaan
|
||
2
|
3.13 Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
|
36 JP
|
4.13 Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
|
||
3.14 Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang
dibaca
|
||
4.14 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
||
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
||
4.15 Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/
buku fiksi yang dibaca
|
||
3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
|
||
4.16 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca
|
Kepala
Madrasah,
Ucu
Suhada, M.Pd
NIP. 19695101990031005
|
Puteran,
27 Juli 2017
Guru
Bidang Studi,
Lilis Maryati, S.Pd
NUPTK. 8053748650300033
|
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 Komentar untuk "PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS IX 2018"