PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Satuan Pendidikan : MTs PUTERAN
Kelas / Semester : VIII
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan Menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
A. Teks
Berita
|
|
3.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks berita
(membanggakan
dan memotivasi)
yang didengar dan dibaca.
3.2 Menelaah
struktur dan
kebahasaan teks berita
(membanggakan
dan memotivasi) yang
didengar dan
dibaca berita
4.1
Menyimpulkan isi dari berita(membanggakan
dan memotivasi)
yang dibaca dan didengar
4.2
Menyajikan
data, informasi
dalam bentuk berita secara
lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur,
kebahasaan, atau aspek
lisan
(lafal,
intonasi, mimik, kinesik)..
|
18 JP
|
|
B. Teks
Iklan, Slogan, Foster
|
||
3.3
Mengidentifikasi informasi teks iklan,
slogan,
atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari
berbagai sumber
yang dibaca dan
didengar.
3.4
Menelaah pola penyajian dan
kebahasaan teks
iklan, slogan, atau
poster (yang
membuat
bangga an memotivasi) dari
berbagai
sumber yang
dibaca dan didengar
4.3 Menyimpulkan isi
iklan, slogan, atau poster
(membanggakan
dan memotivasi)
dari
berbagai
sumber
4.4 Menyajikan gagasan,
pesan, ajakan dalam bentuk
iklan, slogan, atau
poster secara lisan dan tulis.
|
18 JP
|
|
C. Teks Eksposisi
|
||
3.5
Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah
populer dari
koran/ majalah)
yang didengar dan dibaca yang
didengar
dan dibaca
3.6
Menelaah isi dan
struktur teks
eksposisi (berupa
artikel ilmiah
populer dari
koran/ majalah)
yang diperdengarkan atau dibaca
4.5 Menyimpulkan isi
teks eksposisi
(artikel
ilmiah
populer dari koran dan
majalah) yang
diperdengarkan
dan dibaca.
4.6
Menyajikan
gagasan, pendapat
ke
dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel
ilmiah
populer (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau
keragaman
budaya, dll) secara lisan dan
tertulis
dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, aspek
lisan
|
18 JP
|
|
2
|
D. Teks Puisi
|
|
3.7
Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks
puisi yang
diperdengarkan
atau dibaca.
3.8
Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi
(perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang
diperdengarkan
atau dibaca.
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun
dan makna teks
puisi yang
diperdengarkan atau dibaca
4.8 Menyajikan gagasan,
perasaan, pendapat dalam bentuk
teks
puisi secara tulis/
lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur
pembangun puisi
|
24 JP
|
|
E. Teks Ekplanasi
|
||
3.9 Mengidentifikasi informasi
dari teks ekplanasi
berupa
paparan kejadian suatu
fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, dan
isi secara tertulis.
3.10Menelaah
teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu
fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca.
4.9
Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses
terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang
didengar dan dibaca .
4.10Menyajikan
informasi, data dalam bentuk
teks eksplanasi
proses terjadinya suatu fenomena secara
lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek
lisan
|
Kepala
Madrasah,
Ucu
Suhada, M.Pd
NIP. 19695101990031005
|
Puteran,
27 Juli 2017
Guru
Bidang Studi,
Lilis Maryati, S.Pd
NUPTK. 8053748650300033
|
0 Komentar untuk "PELAJARAN BAHASA INDONESIA (PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII) 2018 "