ads
ads

PELAJARAN BAHASA INDONESIA (PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS VII) 2018


PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                  
Mata Pelajaran       :   Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan   :   MTs PUTERAN
Kelas / Semester      :   VII/Ganjil
Tahun Pelajaran      :   2017/2018

Kompetensi Inti:
KI 1:   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsive dan proaktif, sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:   Memahami, menerapkan,  menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan pera daban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

NO
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1
A.    Tes Deskripsi
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.
3.2    Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.  
4.1    Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)  yang didengar dan dibaca.
4.2    Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
18 JP

B.     Cerita Fantasi
3.3    Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan  didengar
3.4    Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi)  yang dibaca dan didengar
4.3    Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca.
4.4    Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
18 JP
C.     Teks  Prosedur
3.5      Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
3.6   Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, caramembuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.5      Menyimpulkan  isi teks  prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata,  dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
4.6   Menyajikan  data rangkaian kegiatan  ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
18 JP
2
D.     Menyibak Ilmu dalam Teks Hasil Observasi

3.7   Mengidentifikasi informasi dari  teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
3.8   Menelaah  struktur, kebahasaan, dan isi  teks laporan hasil observasi yang berupa buku  pengetahuan  yang dibaca atau diperdengarkan
4.7      Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa  buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
4.8      Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
24 JP


           
Kepala Madrasah,



Ucu Suhada, M.Pd
NIP. 19695101990031005

Puteran, 27 Juli 2017
Guru Bidang Studi,



Lilis Maryati, S.Pd
NUPTK. 8053748650300033











0 Komentar untuk "PELAJARAN BAHASA INDONESIA (PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS VII) 2018"

Back To Top