PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Satuan Pendidikan : MTs PUTERAN
Kelas / Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Kompetensi Inti:
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI
2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsive dan
proaktif, sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3: Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan pera
daban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
KI
4: Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
A.
Tes Deskripsi
|
|
3.1
Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
3.2
Menelaah struktur dan
unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
4.1
Menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
4.2
Menyajikan data,
gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat
wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis
dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara
lisan dan tulis.
|
18 JP
|
|
B.
Cerita Fantasi
|
||
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita
fantasi) yang dibaca dan didengar
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita
fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
fantasi) yang didengar dan dibaca.
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita
fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan
bahasa
|
18 JP
|
|
C.
Teks Prosedur
|
||
3.5
Mengidentifikasi teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/
tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah,
dll.) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar.
3.6
Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dan cara membuat
(cara memainkan alat musik/ tarian
daerah, caramembuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.5
Menyimpulkan isi teks
prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara
membuat cinderamata, dan/atau kuliner
khas daerah) yang dibaca dan didengar
4.6
Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara
memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll)
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
|
18 JP
|
|
2
|
D. Menyibak Ilmu dalam Teks
Hasil Observasi
|
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau
diperdengarkan
3.8 Menelaah
struktur, kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan
4.7
Menyimpulkan isi teks laporan
hasil observasi yang berupa buku
pengetahuan yang dibaca dan didengar
4.8
Menyajikan rangkuman teks
laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
|
24 JP
|
Kepala
Madrasah,
Ucu
Suhada, M.Pd
NIP. 19695101990031005
|
Puteran,
27 Juli 2017
Guru
Bidang Studi,
Lilis Maryati, S.Pd
NUPTK. 8053748650300033
|
||||
0 Komentar untuk "PELAJARAN BAHASA INDONESIA (PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS VII) 2018"